JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 10 Jam 11 Menit 23 Detik

Deretan Ragam Manfaat Data Science Terupdate

Belajar Data Science di Rumah 21-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-rabu-05-2024-03-23-211110_x_Thumbnail800.jpg

Data Science adalah senjata yang bisa digunakan untuk menghadapi perkembangan teknologi yang begitu pesat, khususnya teknologi digital. Hampir semua perusahaan memanfaatkan data yang dihasilkan dari teknologi digital untuk membuat keputusan yang lebih baik. Adanya Data Science dapat menjadi kekuatan baru yang mendorong lahirnya berbagai inovasi, efisiensi, serta pemahaman yang mendalam tentang dunia di sekitar kita. 


Data Science bisa diterapkan dalam berbagai industri, sehingga tidak heran jika kebutuhan akan orang yang menguasai ilmu ini juga menjadi cukup banyak. Dengan kemampuannya dalam mengolah dan menganalisis data besar, data science telah membawa manfaat yang luar biasa di berbagai bidang kehidupan.


Dalam artikel ini akan dibahas beberapa manfaat yang membuat Data Science menjadi penting. Penasaran apa saja alasan tersebut? Yuk kita simak bersama!


1. Pengambilan Keputusan yang Didasarkan pada Bukti

Data Science

Manfaat dari penggunaan Data Science yang paling menguntungkan adalah kemampuan Data Science untuk membantu organisasi atau individu dalam membuat keputusan yang lebih tepat dan terinformasi dengan menganalisis bukti-bukti data yang ada. Pengambilan keputusan yang tepat bisa meminimalisir kerugian serta memaksimalkan keuntungan. Selain itu, analisis data dapat menyediakan insight yang mendalam mengenai tren, pola, dan hubungan yang ada di dalam data, sehingga membantu praktisi data dalam memahami fenomena yang kompleks.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Inovasi dan Pengembangan Produk

Data Science

Data Science memungkinkan perusahaan untuk mengembangkan produk dan layanan yang lebih baik melalui pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan preferensi konsumen. Dengan mengenal preferensi setiap konsumen, perusahaan bisa meningkatkan loyalitas pelanggan karena merasa diperhatikan.


Tidak hanya itu, analisis data juga bisa membantu dalam mengidentifikasi peluang-peluang baru sehingga bisa melahirkan inovasi baru, baik itu dalam pengembangan produk baru atau perbaikan produk yang ada.


3. Efisiensi Operasional dan Optimasi Proses

Data Science

Data Science juga bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan proses bisnis dengan mengidentifikasi area mana yang dapat meningkatkan efisiensi serta dapat mengurangi biaya operasional. Ilmu Data Science juga dapat digunakan untuk memprediksi permintaan produk atau layanan di masa depan, sehingga hal ini akan memungkinkan perencanaan produksi dan persediaan yang lebih efisien.


4. Inovasi dalam Pelayanan Kesehatan dan Penelitian Ilmiah

Data Science


Data Science menjadi ilmu yang bisa dimanfaatkan hampir di semua bidang, termasuk bidang kesehatan. Ilmu Data Science telah membawa inovasi besar dalam bidang kesehatan dengan memungkinkan analisis data genetik, prediksi penyakit, serta pengembangan terapi yang lebih efektif.


Selain itu, pemanfaatan Data Science di bidang kesehatan juga bisa digunakan dalam penelitian ilmiah dan pengembangan obat untuk mengidentifikasi target terapeutik baru (target penyembuhan pasien), memahami mekanisme penyakit, serta menguji keamanan dan efikasi obat.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Data Science bukan hanya tentang mengolah angka-angka dan statistik. Namun juga tentang mendapatkan insight yang bermakna dari data lalu menerapkan informasi tersebut untuk membuat keputusan yang lebih baik, mengembangkan produk yang lebih inovatif, serta  meningkatkan kualitas hidup. Kamu bisa memulai proses penggunaan algoritma Data Science dengan mempelajari Data Science bersama DQLab


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login