MIDYEAR PROMO! Segera Beli Paket Premium Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp. 99.000. DAFTAR

Pakai Kode: DQMIDYEAR. Berakhir 0 Days 8 Jam : 1 Menit : 41 Detik

Mengenal Metode Pengolahan Data Statistik yang Sering Digunakan

Belajar Data Science di Rumah 12-Oktober-2020
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/76356a213a16eef4fed29e2f91bb8168_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan segala sesuatu yang memuat informasi. Berdasarkan jenis-jenis data, data terbagi menjadi data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif ini merupakan data yang berbentuk angka atau sering disebut sebagai data statistik. Agar data statistik ini dapat menjadi sebuah informasi yang berharga, maka kita harus melakukan pengolahan data statistik dengan metode yang benar.

Metode analisis data yang ada sangat lah banyak jumlahnya. Akan tetapi, metode-metode tersebut tidak dapat digunakan secara sembarangan. Umumnya tidak ada metode yang lebih unggul dibandingkan dengan metode lainnya, karena pada dasarnya setiap metode pasti memiliki kelebihan dan kekurangan. Sehingga kita hanya perlu memilih metode mana yang tepat untuk digunakan sesuai dengan kondisi data yang dimiliki.

Sebelum memilih metode yang akan digunakan, tentunya kita harus mengenal apa saja sih metode yang dapat digunakan untuk mengolah data statistik. Penasaran? Yuk, simak ulasan berikut!

1. Analisis Deskripstif

Metode yang paling umum digunakan untuk mengolah data kuantitatif adalah analisis deskriptif. Seperti namanya, analisis ini digunakan untuk mendeskripsikan suatu kejadian, peristiwa, ataupun gejala yang terjadi secara faktual, sistematis, dan akurat. Metode ini terdiri dari proses dekripsi dan interpretasi. Umumnya, analisis deskriptif digunakan untuk mencari rangkuman dari suatu data yang bervolume besar, misalnya data sensus.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Tools Terbaik dalam Business Intelligence

2. Analisis Regresi

Metode analisis regresi ini banyak diminati karena dapat membuat data prediksi dari tren masa depan. Sehingga metode ini dapat membantu menentukan hal apa saja yang harus dioptimalkan sesuai dengan hasil prediksi. Metode ini digunakan untuk mengukur hubungan antara variabel dependen dan variabel independen. Meskipun metode ini hanya bisa memuat satu variabel dependen, namun tenang saja karena metode ini bisa memuat banyak variabel independen, loh!

3. Analisis Faktor

Metode selanjutnya yang sering digunakan untuk mengola data kuantitatif adalah analisis faktor. Metode ini berguna dalam hal mencari struktur pokok dari sekumpulan variabel. Cara kerja metode analisis faktor ini adalah dengan mencari variabel independen berdasarkan variabel yang dapat menunjukkan pola dan metode dari variabel dependen. Metode ini menjadi metode yang cukup populer karena memiliki kemampuan dalam mengolah data yang cukup kompleks seperti status sosio-ekonomi

Baca Juga : Digital Tranformation : Mengenal Tools Pengolahan Data untuk Data Scientist Profesional

4. Tertarik? Yuk, Belajar Data Science Gratis sekarang!!

Terapkan ilmunya sekarang dengan bergabung bersama platform belajar online DQLab! Selain bisa meningkatkan ilmu data yang dimiliki, kamu juga bisa membangun portofolio datamu di DQLab guna mempersiapkan dirimu berkarir di industri data. 

Sign Up untuk nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science” dengan pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata! Untuk kamu yang ingin mulai belajar Data Science atau siap berkarir jadi Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer, persiapkan diri kamu dengan tepat sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk belajar. Yuk #MulaiBelajarData di DQLab.

Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi.

Simak informasi di bawah ini untuk mengakses gratis module ‘Introduction to Data Science’:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Akses module Introduction to Data Science

  3. Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab.

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Editor : Annissa Widya Davita

Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!