PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 14 Jam 49 Menit 16 Detik 

Empat Aplikasi Statistik Gratis yang Sering Digunakan

Belajar Data Science di Rumah 08-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0d2dec4fb0e1fae60711f277f3dfc758_x_Thumbnail800.png

Statistik merupakan hasil data yang dikumpulkan yang bisa ditampilkan dalam bentuk grafik, tabel, dan masih banyak lainnya. Statistik bisa berupa angka atau catatan tertentu. Statistik dapat dikelompokkan dan ditabulasi sehingga bisa didapatkan informasi yang berkaitan dengan masalah tertentu. Statistik dari dulu sampai sekarang sudah banyak digunakan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, kesehatan, ekonomi, kependudukan, pemasaran dan lain-lain. Untuk mempermudah penggunaan di berbagai bidang tersebut maka diperlukan aplikasi statistik.


Statistik secara umum bertujuan untuk membuat deskripsi atau penjelasan data mengenai populasi yang diselidiki, membuat estimasi tentang suatu akibat hipotesis yang diterima, dan masih banyak lainnya. Ilmu statistik seringkali memerlukan bantuan aplikasi statistik untuk memudahkan permasalahan tertentu. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa aplikasi statistik gratis yang sering digunakan. Yuk, simak artikel ini bersama DQLab!


1. SPSS

SPSS merupakan kepanjangan dari Statistical Package for the Social Science. SPSS merupakan salah satu aplikasi statistik yang digunakan untuk analisis statistik interaktif atau batch. SPSS seringkali digunakan untuk ilmu sosial saja namuan pengembangannya bisa digunakan untuk berbagai hal. SPSS bisa digunakan untuk manajemen data juga seperti seleksi kasus, pembuatan data turunan, dll. SPSS umumnya digunakan oleh peneliti pasar, kesehatan, pemerintah, mahasiswa, dan masih banyak lainnya.


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. R

Software R merupakan salah satu software yang sudah sangat sering digunakan dan tidak asing lagi bagi para statistikawan, maupun para data scientist. R merupakan software yang diciptakan oleh Ross Ihaka dan Robert Gentleman pada tahun 1995. R saat ini tidak hanya digunakan oleh para akademisi, akan tetapi digunakan oleh para akademisi juga. R memiliki keunggulan memiliki komunitas yang besar dan tergabung dalam satu mailing list dan sangat aktif. Selain itu koleksi package R dapat dibagikan ke sesama pengguna.


3. PSPP

PSPP merupakan salah satu aplikasi gratis untuk analisis statistik. PSPP hampir mirip dengan SPSS namun tetap memiliki beberapa perbedaan. PSPP ditujukan kepada para statistikawan agar dapat menganalisis sampel data dengan cepat dan nyaman. PSPP dapat melakukan beberapa hal yang berkaitan dengan transformasi data, seperti recoding, pembobotan, penanganan missing values, dll. Selain itu PSPP dapat digunakan pula untuk statistik deskriptif, uji T, korelasi bivariat, regresi linier, dll.


4. Salstat

Salstat merupakan salah satu aplikasi kecil yang digunakan untuk analisis statistik yang ditekankan pada ilmu pengetahuan dan ilmu sosial. Salstat mendukung berbagai analisis statistik baik statistik parametrik maupun non parametrik. beberapa uji yang dapat digunakan dalam statistik parametrik antara lain t-test, t-test for two samples, univariate ANOVA, linear regression, dan F-test. Adapun beberapa uji non parametrik yang bisa digunakan menggunakan aplikasi ini adalah sign test, chi square, kolmogrov-smirnov, mann-whitney u, wilcoxon sig- ranks, wilcoxon rank-sums, kruskal-wallis.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Yuk, Mulai Belajar Statistik untuk Jadi Data Scientist

Profesi data scientist merupakan salah satu profesi yang paling diminati di masa kini. Data scientist memerlukan beberapa keahlian dalam bidang ilmu seperti matematika, statistika, pemrograman, dan ilmu bisnis. Semua itu dapat kita pelajari di DQLab . Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab.id/signup dan kita bisa mulai dengan belajar gratis di DQLab serta dapat mengakses modul-modul dari bahasa pemrograman R, Python, Excel, dan SQL!



Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :