GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 44 Menit 39 Detik 

Empat Skill Wajib Data Analyst, Sudah Tahu?

Belajar Data Science di Rumah 02-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/5064813a9ca9ee37d22d0232ade9566f_x_Thumbnail800.jpg

Seseorang yang memiliki profesi dalam bidang apapun itu tentunya harus memiliki skill atau kemampuan yang sesuai dengan tugas dan tanggung jawab mereka. Begitu pula halnya ketika seseorang menjadi data analyst, ia harus mengerti serta memahami apa saja

kemampuan yang harus dimiliki data analyst agar maksimal dalam menjalankan tugasnya. Dengan mengetahui kemampuan apa saja yang perlu dimiliki, maka calon data analyst ini saat benar-benar mempersiapkan diri untuk menjadi seorang data analyst profesional.


Saat ini sering kita jumpai para rekruter atau pihak atasan suatu perusahaan kebingungan dalam mencari karyawan yang benar-benar kompeten. Hal ini sebenarnya dapat menjadi peringatan bagi para pelamar kerja, jika benar-benar ingin bergabung menjadi data analyst, harus benar-benar mengerti apa itu data analyst, peran serta tugas dan tanggung jawabnya, berani mengeksplor hal-hal baru, dan sebagainya. Nah, berbicara tentang data analyst, yuk simak skill apa saja yang perlu dimiliki oleh data analyst!


1. Bahasa Pemrograman

Pada masa ini kita sedang berada dalam era big data, dimana big data ini memiliki beberapa karakteristik seperti ukuran data, keakuratan data, nilai data, dsb. Big data ini tidak sepatutnya dibiarkan begitu saja sehingga tidak menghasilkan informasi apa-apa. Oleh karena itu big data ini perlu dianalisis oleh data analyst dimana dalam proses analisisnya menggunakan bantuan bahasa pemrograman. 


Dengan demikian penguasaan bahasa pemrograman adalah salah satu skill utama yang perlu dimiliki oleh data analyst. Adapun bahasa pemrograman yang digunakan tidak hanya satu bahasa saja, akan tetapi berbagai bahasa pemrograman dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan masing-masing.

data analyst


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Berpikir Kritis

Menjadi seorang data analyst tentunya tidak semulus yang dibayangkan orang-orang. Dalam menganalisis data, pasti ada kesalahan atau error di dalam prosesnya. Dalam mengatasi permasalahan, data analyst perlu berpikir kritis untuk mencari solusi yang kreatif, efektif dan relevan. Selain itu, dengan berpikir kritis seseorang akan dapat banyak belajar dari kesalahan, mengevaluasi ide, memilih solusi yang tepat dengan mempertimbangkan baik dan buruknya dari setiap pilihan yang ada.


3. Machine Learning

Machine learning atau mesin pembelajar merupakan mesin yang dirancang untuk dapat mengerjakan atau berpikir seperti manusia. Machine learning ini merupakan salah satu bagian dari artificial intelligence (AI). Saat ini sadar atau tidak sadar, penerapan machine learning sudah kita rasakan dalam keseharian kita, salah satunya adalah dalam bidang data. 


Data analyst dalam melakukan analisis data pun menggunakan algoritma machine learning. Algoritma machine learning ini terdapat banyak sekali jenisnya serta penggunaannya yang berbeda-beda. Oleh karena itu, data analyst perlu menguasai penggunaan machine learning untuk mempermudah proses analisis data agar lebih efektif.


data science


4. Visualisasi Data

Pada saat selesai melalui proses analisis data, seorang data analyst tentunya memiliki informasi yang diperoleh. Informasi inilah yang nantinya akan disampaikan kepada pihak perusahaan atau pendengar terkait. Namun, tidak semua orang mengerti atau familiar dengan apa yang akan disampaikan. Oleh karena itu disinilah perna visualisasi data, yaitu penyampaian hasil analisis data dalam bentuk visual yang dikemas secara singkat, jelas, dan menarik sehingga mudah dimengerti oleh pendengar. Dengan mengerti hal-hal yang disampaikan tentunya akan memudahkan dalam mengambil kebijakan.

data analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Dalam menjalankan profesi tentunya kita perlu memiliki kemampuan yang perlu diasah dan relevan dengan profesi yang kita jalani. Begitu pula dengan data analyst. untuk menjadi seorang data analyst, salah satu skill yang diperlukan adalah belajar bahasa pemrograman.


Bagi kalian yang bingung bagaimana cara belajar bahasa pemrograman bagi pemula, langsung saja bisa mencobanya secara gratis di DQLab. DQLab menyediakan materi secara teori maupun praktek. Selain itu terdapat berbagai modul, serta ebook yang membantu memudahkan proses belajar terutama bagi pemula.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :