TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 17 Jam 32 Menit 4 Detik 

Era Big Data, Kenali Dasar dan Penggunaan untuk Kebutuhan Industri Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 10-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f86ddc541757ea19bd2ce56d6ca0b922_x_Thumbnail800.png

Big Data bukanlah tren yang baru muncul di era digital, namun tren Big Data sendiri terjadi ketika perusahaan atau organisasi telah mengetahui kemampuan Big Data Analytics yang sangat memberikan keuntungan bagi mereka. Big Data merupakan besaran data atau suatu kumpulan data yang membutuhkan cara untuk bisa memanajemen data tersebut mulai dari mengumpulkan, mengelola, menganalisis dan visualisasi hasil temuan dari big data. Pemanfaatan Big Data ini menjadi sebuah ‘harta karun’ yang bisa memungkinkan organisasi atau perusahaan terus meningkat. Namun, sebenarnya seperti apa sih perkembangan big data itu sendiri? Mengingat Big Data bukanlah tren yang baru muncul maka artikel DQLab kali ini akan membahas seputar Big Data dan penggunaannya untuk memenuhi kebutuhan industri. Yuk, langsung simak pembahasannya berikut ini.


1. Perkembangan Big Data

Sebelum lebih lanjut untuk mengetahui penggunaan Big Data bagi industri, ada baiknya sahabat data DQLab mengetahui sejarah singkat dari Big Data. Menurut John Graunt tahun 1663 mengatakan Big Data merupakan sebuah informasi dalam jumlah besar dan tidak dikendali karena dalam pengelolaan informasi tersebut dibutuhkannya bantuan statistik. Graunt sendiri menjadi orang pertama yang menggunakan analisis data statistik tersebut. Dengan kehadiran Big Data dapat membantu proses baru dan perkembangan yang signifikan bagi perusahaan baik pada perusahaan kecil maupun perusahaan yang sudah besar sekalipun. Penggunaan Big Data tidak mengenal batas dan masa, karena hampir setiap harinya Big Data akan terus bertambah dan juga tersebar di internet contohnya seperti data transaksi yang dilakukan pada situs web, data percakapan di media sosial, data pelanggan baru, atau bentuk data lainnya. 


Baca juga : Belajar Big Data: Karakteristik, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan Big Data


2. Big Data di Industri Kerja Nyata

Adanya perubahan zaman dengan teknologi yang semakin canggih, maka organisasi besar maupun kecil sudah menerapkan Big Data dan juga teknik analitik untuk memanfaatkan volume data tersebut menjadi sebuah data yang berguna. Berikut beberapa diantaranya manfaat dari kekuatan Big Data dalam industri yaitu:

  • Industri Finance, Big Data analytics sering digunakan mencegah terjadinya penipuan serta menganalisis perilaku pelanggan jika sewaktu-waktu berbeda dari biasanya. Tidak hanya itu Big Data Analytics juga membantu untuk menganalisis segementasi pelanggan dengan baik seperti data transaksi pelanggan, data demografi pelanggan. Dengan demikian dapat membantu perusahaan finance dalam kegiatan campaign pemasaran.

  • Industri kesehatan, big data analytics dapat membantu untuk memprediksi kebutuhan pasien dan juga memberikan kualitas kepada pasien lebih baik dalam membantu mereka pulih dengan cepat. Dengan adanya IoT juga membantu pada tenaga medis untuk mengetahui record secara real-time data pasien sehingga tenaga medis dapat menganalisis data secara langsung dan akurat sesuai data.


3. Trend Big Data dan Data Science

Menghadapi revolusi industri 4.0, menjadikan tren penggunaan Big Data Analytics dan ilmu Data Science semakin meningkat. Tidak hanya memberikan manfaat untuk mengetahui perilaku pelanggan saja namun juga memberikan strategi pada decision making yang sangat tepat dan akurat. Namun dengan bertambahnya data yang didapatkan, maka perusahaan akan membutuhkan praktisi data yang handal dan terampil seperti Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer untuk membantu menganalisis Big Data dengan baik. Jika data dianalisis dengan benar dan proses dilakukan secara teratur maka data akan bisa ditindaklanjuti hingga sampai mensukseskan tujuan organisasi atau perusahaan tersebut.


Baca juga : Big Data Analytics dan Kegunaanya untuk Perkembangan Bisnis


4. Hadapi Era Big Data dan Belajar Data Science GRATIS di DQLab!

Untuk meminimalkan terjadinya bahaya dan mengetahui tools apa saja yang digunakan agar Big Data dapat digunakan, yuk mulai belajar humanizing big data dengan benar dan juga meningkatkan kompetensi skill Data Science menghadapi revolusi industry 4.0. Jika kamu sedang mencari module atau tempat kursus Data Science secara online kamu bisa bergabung bersama DQLab lho!


Di DQLab tersedia module lengkap sesuai kebutuhan industri dan terdapat fitur project yang membantu calon talenta data mengasah skill Data Science hingga handal. Cara untuk bergabung sangatlah mudah, kamu tinggal signup di DQLab.id atau klik tombol dibawah ‘Mulai Belajar Gratis’ kemudian nikmati module GRATIS “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Selamat mencoba sahabat data DQLab!

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!