PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 19 Jam 7 Menit 17 Detik

Excel Advanced untuk Programming Topik Macro atau VBA

Belajar Data Science di Rumah 13-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-08-2024-02-12-160351_x_Thumbnail800.jpg

Mungkin ada sebagian banyak orang yang belum mengetahui istilah macro pada excel. Macro ini masih memiliki hubungan VBA atau bisa disebut dengan Visual Basic for Application. VBA adalah sebuah programming code yang bisa dibaca oleh manusia dan bisa diubah pada saat kita sedang menggunakan macro excel. 


Ketika sedang menggunakan macro excel ini, code yang ada di dalamnya akan dibaca oleh excel untuk bisa memutar ulang tindakan yang ingin kalian ketahui hasilnya. VBA ini biasanya digunakan untuk mengotomatiskan beberapa tugas sederhana dan kompleks yang ada di dalam excel hanya dengan menuliskan code macronya saja.


Pengguna excel biasanya akan melakukan pekerjaan yang sama berulang kali. Dengan menggunakan VBA ini para penggunanya bisa mengotomatiskan pekerjaan yang sama dengan mudah tanpa harus mengulanginya terus menerus. Jadi, apa sih itu VBA dan Macro yuk kita simak artikel di bawah ini!


1. Apa itu VBA?

VBA atau singkatan dari Visual Basic for Application adalah sebuah sebuah turunan bahasa visual basic yang dikembangkan oleh Microsoft. Visual basic ini adalah turunan dari bahasa pemrograman Beginners All-purpose Symbolic Instruction Code atau bisa disingkat dengan BASIC, yang sudah dibuat dan dikembangkan sejak tahun 1963 sampai sekarang.


VBA ini didesain untuk dapat bekerja dengan aplikasi lainnya. Nah, aplikasi lainnya ini adalah Microsoft Excel itu sendiri. Sehingga membuat VBA ini tidak akan bisa berjalan tanpa menggunakan excel.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Apa itu Macro?

Macro adalah suatu otomasi yang ada pada excel yang memiliki fungsi untuk bisa melakukan berbagai macam tugas dan pekerjaan yang memiliki sifat berulang kali. Macro ini juga memiliki fungsi untuk mengefisiensikan waktu pekerjaan dalam membuat sebuah laporan yang ada pada excel dengan hanya sekali klik pada tombol macro saja. Macro sendiri memiliki arti sebagai baris-baris perintah yang dibuat dengan menggunakan bahasa VBA yang sudah kita lihat penjelasannya pada poin sebelumnya.


3. Bagaimana Cara Mengakses VBA?

Untuk cara mengakses VBA ini cukup mudah yaitu dengan menekan shortcut ALT+F1 pada keyboard kalian. Dari sini, kalian dapat mengakses code untuk semua jenis workbook yang sudah terbuka. Kalian dapat mengklik dua kali sheet atau workbook yang ada pada project windows untuk bisa menampilkan code VBA yang ada di dalamnya. 

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Membuat dan Menjalankan Macro Pertama

Nah, sekarang kalian dapat menuliskan kode di dalam main code window ini. Untuk memulai atau menjalankan macro pertama kalian, kalian bisa menuliskan code “Sub MacroPertama”. Setelah itu kalian bisa tekan Enter pada keyboard kalian.


Nantinya, setelah kalian menekan tombol Enter pada keyboard, dibawah code yang kalian buat akan muncul teks “End Sub”. Nah, di tengah codenya kalian bisa menuliskan code macro yang kalian inginkan atau butuhkan, untuk lebih jelasnya kalian bisa melihat contoh dibawah ini.


Excel



Setelah kalian membuat code tersebut langkah terakhir adalah menjalankan kode tersebut. Kalian bisa memilih menu Run–Run Sub/UseForm yang ada pada bagian atas. Untuk hasilnya kalian bisa melihat gambar di bawah ini.

Excel


Yuk, nikmati modul Excel lainnya dan bergaabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! Sahabat DQ juga bisa mengikuti Bootcamp Data Analyst with Excel


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login