TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 3 Jam 48 Menit 52 Detik

Fakta Seputar Microsoft Excel yang Belum Diketahui Banyak Orang

Belajar Data Science di Rumah 22-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/df7b4bc8a47161178506f49ad7e3d42b_x_Thumbnail800.png

Dengan perkembangan zaman yang semakin mendigital ini, penggunaan aplikasi sangat diperlukan semua orang. Salah satunya adalah aplikasi populer yang digunakan untuk mengolah data dan telah menjadi top of mind masyarakat luas. Aplikasi tersebut adalah Microsoft Excel atau bisa juga disebut Excel.


Excel sangat berperan penting dalam kegiatan sehari-hari seseorang untuk mengolah data, terutama untuk profesi data seperti Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Kegunaan Excel dapat membuat tempo bekerja menjadi lebih cepat, hasil lebih tepat, dan tampilan pekerjaan menjadi lebih rapi dan profesional.


1. Sejarah Microsoft Excel

Awal mulanya, perusahaan Microsoft meluncurkan Excel pertama kali pada tahun 1985. Namun aplikasi tersebut hanya tersedia untuk sistem operasi Mac OS atau Macintosh. Pada peluncuran tersebut, Microsoft dituntut oleh perusahaan lain dalam bidang finansial yang memiliki produk bernama Excel juga. Pada akhirnya perusahaan tersebut kalah dalam sidang hukum dan Microsoft membeli perusahaan tersebut sehingga tidak ada lagi permasalahan mengenai nama produk Excel.


Pada tahun 1987, Microsoft kembali mengembangkan Excel sehingga dapat digunakan untuk sistem operasi Windows dan meningkat menjadi Excel versi 2.0. Saat itu, Excel berhasil menyalip pesaing dalam aplikasi sejenisnya, yaitu lotus 1-2-3. Dan pada tahun 1988, Excel berhasil total menggeser lotus 1-2-3 dan menjadi aplikasi software spreadsheet terpopuler di pasaran. Dan kini, Excel semakin berkembang hingga sudah mencapai versi terbarunya, yaitu versi 12.0.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fungsi Microsoft Excel

Excel memiliki fungsi utama untuk membuat, mengedit, menganalisa, dan meringkas data yang bersifat numerik. Namun, agar kalian dapat mengerti lebih dalam mengenai Excel, kalian bisa melihat poin-poin di bawah ini yang menyebutkan mengenai fungsi Excel secara keseluruhan. Berikut fungsi Excel secara keseluruhan.


  • Untuk pembuatan daftar laporan keuangan, nilai, dan kehadiran.

  • Dapat digunakan untuk operasi perhitungan seperti kali, bagi, dan rata-rata.

  • Dapat menghitung kurs mata uang asing.

  • Untuk pembuatan grafik dan tabel.

  • Dapat digunakan sebagai alat pembantu penyelesaian soal logika dan matematika.

  • Dapat menyajikan data secara lebih tepat, rapi, dan akurat.

  • Dapat menghitung secara otomatis dengan penggunaan rumus dan logika.


3. Kelebihan Microsoft Excel

Terlepas dari fungsi Excel yang telah disebutkan sebelumnya, Excel masih memiliki kelebihan lainnya yang membuat penggunanya semakin merasa nyaman dan puas akan Excel. Berikut beberapa kelebihan Excel yang belum banyak orang ketahui.


  • Tampilan aplikasi yang mudah dikenali dan dioperasikan.

  • Memiliki fitur untuk membuat grafik data.

  • Kemampuan aplikasi dalam menyimpan data cukup besar.

  • Pengoperasian yang mudah ketika menggunakan rumus dan logika dalam Excel.


4. Fakta Unik Microsoft Excel

Selain informasi seputar definisi, fungsi, dan kelebihan Excel, aplikasi tersebut masih memiliki beberapa fakta unik yang bisa kalian baca untuk menambah pengetahuan seputar Excel. Ini dia fakta unik seputar Excel yang harus kalian tahu.


  • Usianya lebih tua dibandingkan OS Windows.

  • Menjadi top of mind masyarakat setelah menggeser lotus 1-2-3.

  • Aplikasi terbaik yang pernah diciptakan Microsoft.

  • Jumlah kolom Excel mencapai 16 ribu kolom.

  • Jumlah baris mencapai 1 juta.

  • Dapat digunakan sebagai kalkulator atau alat menghitung.

  • Dapat digunakan untuk menggambar.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Ayo, Menjadi Ahli dalam Menggunakan Excel!

Penggunaan Excel masih dapat kalian gali lebih dalam apabila kalian mendapatkan informasi atau materi yang berkaitan dengan Excel. Dengan DQLab, kalian bisa mendapatkan materi-materi tersebut sehingga kalian akan semakin mahir dalam pengoperasian Excel dalam pekerjaan sehari-hari. Selain itu juga, kalian bisa sekaligus belajar Data Science yang berkaitan erat dengan Excel. Kalian bisa sign up di DQLab.id, kemudian kalian dapat mengerjakan module gratis "Introduction Data Science with Python and R" langsung! Yuk, perbanyak ilmu data kalian bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :