Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Fakta Tersembunyi Dibalik Algoritma Data Science

Belajar Data Science di Rumah 26-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-05-1-2023-07-26-205914_x_Thumbnail800.jpg

Data Science mengubah banyak hal dalam kehidupan manusia. Di era big data ini, banyak orang yang mulai menyadari bahwa data menjadi terpenting dalam proses pengambilan keputusan, tidak hanya untuk perusahaan namun juga dalam kehidupan sehari-hari. Kita bisa membayangkan data sebagai cermin yang merefleksikan segala hal tentang kehidupan kita. Dari kebiasaan belanja online hingga media sosial yang kita gunakan setiap hari, semuanya meninggalkan jejak data.


Namun apalah arti semua hal tersebut jika tidak ada yang dapat mengurai, menggali, dan mengeksplorasi data tersebut. Dalam hal inilah kita membutuhkan orang yang bisa menguasai Data Science. Data Science telah mengubah cara kita memandang data. Data bukan lagi sekumpulan angka yang membosankan, tetapi menjadi sumber kebijaksanaan dan insight yang tak ternilai. Algoritma Data Science dapat diibaratkan sebagai mesin penggerak yang menjelajahi rahasia tersembunyi di balik data dan membantu kita mengambil keputusan yang lebih cerdas dan informasional.


Dalam artikel ini kita akan membahas beberapa hal menarik dari algoritma Data Science. Yuk, simak pembahasannya!


1. Algoritma Adalah Otak di Balik Data Science

Data Science

Dalam Data Science terdapat "otak" yang disebut algoritma. Algoritma ini merupakan kumpulan instruksi yang membantu kita memahami data dan mengambil keputusan berdasarkan pola yang ada. Pada tingkat sederhana, algoritma seperti pemandu tur yang membimbing kita melalui labirin data. Misalnya, ketika kita ingin memprediksi cuaca besok berdasarkan data cuaca sebelumnya, algoritma dapat membantu kita mengidentifikasi pola dari data tersebut dan memberikan perkiraan cuaca yang akurat.


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Bergelut dengan Big Data

Data Science

Semakin majunya teknologi, semakin banyak data yang dihasilkan setiap detiknya. Data ini dapat berkisar dari miliaran hingga triliunan byte, dan inilah yang kita sebut sebagai Big Data. Menganalisis dan memahami data dalam jumlah sebesar itu adalah tugas yang sangat kompleks dan menantang. Adanya algoritma Data Science yang canggih dapat membantu mengolah Big Data dengan efisien, mengidentifikasi pola yang tersembunyi, dan mengungkap insight yang berharga bagi perusahaan, peneliti, serta masyarakat umum.


3. Artificial Neural Network Merupakan Keajaiban Data Science

Data Science

Salah satu jenis algoritma paling menakjubkan dalam Data Science adalah Artificial Neural Networks atau Jaringan Saraf Tiruan. Algoritma ini memang terinspirasi dari cara kerja otak manusia, yang terdiri dari "neuron" yang saling terhubung dan mentransmisikan informasi. Artificial Neural Networks mampu belajar dari data dan mengidentifikasi pola yang sangat kompleks. Algoritma ini telah berhasil digunakan dalam berbagai aplikasi, mulai dari kendaraan otonom hingga sistem penerjemah bahasa.


4. Data Science untuk Semua

Data Science

Salah satu hal yang menarik dari Data Science adalah tidak hanya para ahli komputer atau matematikawan yang dapat terlibat. Dalam era modern ini, keterampilan dalam Data Science semakin mudah diakses, dan banyak sumber daya belajar tersedia secara online. Dengan algoritma sebagai "kunci" untuk membuka rahasia data, banyak orang sekarang dapat berpartisipasi dalam eksplorasi data dan menghasilkan wawasan baru yang dapat membawa dampak positif bagi masyarakat.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Seperti tarian yang mengutip makna dari gerakan, Data Science akan menggunakan algoritma untuk mengungkapkan makna di balik angka dan statistik. Algoritma dalam Data Science adalah panduan yang memukau dan tepat, mengarahkan para penari data dalam menyusun langkah-langkah indah untuk mengungkapkan pesona data yang tersembunyi. Kamu juga bisa memulai proses mengungkapkan pesan yang tersembunyi di data dengan mempelajari Data Science bersama DQLab


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login