SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 3 Jam 29 Menit 23 Detik

Faktor yang Mempengaruhi Durasi Kursus Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 03-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/692d13c223de939b22f491bc0b3c9ba2_x_Thumbnail800.jpeg

Data engineer merupakan salah satu pilihan karir yang sangat menguntungkan belakangan ini. Berdasarkan laporan dari Staragile, bidang karir data engineer dan layanan big data secara global diperkirakan akan melampaui USD 77,37 miliar pada akhir tahun 2023. Konon, bidang engineering akan tumbuh dengan Compound Annual Growth Rate (CAGR) sebesar 17,60 persen. Sekedar informasi, Compound Annual Growth Rate (CAGR) merupakan tingkat pertumbuhan per tahun selama rentang periode waktu tertentu. Ditinjau dari segi gaji maupun tunjangan, profesi data engineer juga sangat kompetitif. 


Dilansir dari Glassdoor per Mei 2022, rata-rata gaji data engineer berkisar pada $115.176 hingga $168.000. Jadinya tidak heran, kalau data engineer merupakan salah satu profesi yang memiliki high-paying income jobs tertinggi.


Berbicara tentang peluang kerja data engineer, tentunya ini menjadi sebuah kesempatan bagi lembaga-lembaga untuk membuka course data engineer. Course data engineer menjadi salah satu sarana yang bisa dimanfaatkan oleh pemula untuk mendalami skill-skill khusus terkait data engineer. Tidak hanya pemula, biasanya course data engineer juga membuka tawaran kepada experienced yang ingin meraih karirnya di bidang data. 


Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan peserta ketika ingin mendaftarkan dirinya untuk ikut kursus adalah durasi waktu yang dihabiskan. Durasi waktu menentukan lama atau tidaknya peserta mengikuti silabus yang diberikan. Berikut adalah beberapa hal yang menentukan durasi waktu course data engineer. Penasaran apa saja? Yuk kita bahas lebih lanjut melalui artikel berikut ini


1. Latar Belakang Pendidikan

Latar belakang pendidikan dapat mempengaruhi durasi kursus data engineer. Orang yang memiliki latar belakang pendidikan di bidang teknologi atau matematika mungkin akan lebih mudah memahami konsep-konsep yang dibutuhkan dalam data engineering. Dengan demikian, mereka mungkin memerlukan waktu yang lebih singkat untuk menyelesaikan kursus dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki latar belakang pendidikan yang sama.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Keterampilan Prasyarat yang Dikuasai

Durasi kursus Data Engineer juga tergantung pada persyaratan kursus. Ada kursus yang memerlukan keahlian teknis tertentu sebelum mendaftar, dan ada kursus yang memerlukan waktu tambahan untuk mempersiapkan persyaratan kursus. Namun hal ini pastinya tergantung dari pihak penyelenggara yang mengadakan pelatihan alias kursus data engineer. Terkadang dengan mensyaratkan keterampilan yang dikuasai berhubungan dengan data engineer pastinya akan memudahkan dalam tahap pembelajaran selama kursus berlangsung.

Data Engineer


3. Pengalaman Kerja

Pengalaman kerja juga dapat mempengaruhi durasi kursus data engineer. Orang yang telah bekerja di bidang teknologi atau data processing mungkin memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsep-konsep yang diperlukan dalam data engineering. Sehingga mereka mungkin memerlukan waktu yang lebih singkat untuk mempelajari keterampilan baru yang diperlukan dalam data engineering.


4. Jenis Kursus yang Dipilih

Jenis kursus yang dipilih dapat mempengaruhi durasi kursus data engineer. Kursus online atau jarak jauh mungkin memerlukan waktu yang lebih sedikit karena peserta kursus dapat menyesuaikan jadwal belajar mereka. Sedangkan kursus tatap muka mungkin memerlukan waktu yang lebih lama karena peserta kursus harus mengikuti jadwal yang telah ditentukan oleh penyelenggara kursus.

Data Engineer


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


5. Tujuan Belajar

Tujuan belajar juga dapat mempengaruhi durasi kursus data engineer. Orang yang ingin mempelajari keterampilan dasar mungkin hanya memerlukan waktu yang singkat untuk menyelesaikan kursus. Sedangkan orang yang ingin mendalami keterampilan yang lebih kompleks mungkin memerlukan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikan kursus.

Data Engineer


6. Intensitas Kursus

Intensitas kursus juga dapat mempengaruhi durasi kursus data engineer. Kursus yang lebih intens mungkin memerlukan waktu yang lebih sedikit untuk menyelesaikannya karena peserta kursus akan terus fokus pada materi pelajaran. Sedangkan kursus yang kurang intens mungkin memerlukan waktu yang lebih lama karena peserta kursus tidak terlalu fokus pada materi pelajaran.


Jadi gimana, makin tertarik dong pastinya untuk join kursus data engineer? Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik dan cobain berlangganan bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. 


Kebetulan DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti Python dan SQL, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT & mengutamakan pembelajaran praktik langsung yang dapat diterapkan di dunia nyata. 


Kapan lagi kan belajar data science sambil chat bareng layaknya platform ChatGPT? Dijamin bakalan seru abis. So, yuk segera cobain belajar data science bersama DQLab.


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login