GET YOUR 30-DAY FREE TRIAL
Akses semua materi belajar DQLab Gratis Claim Now

Fitur XLMiner Analysis Toolpak Bagi Pengguna Google Sheet!

Fitur XLMiner Analysis Toolpak Bagi Pengguna Google Sheet!

Belajar Data Science di Rumah 22-Februari-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/56c18bce87a925971be1dacc5cbe069d_100_persen.png

Pengguna Excel tentunya sudah tidak asing lagi dengan Analysis Toolpak Excel. Namun, siapa yang mengira bahwa pengguna Google Sheets juga bisa merasakan euforianya. Pasalnya, pengguna Google Sheets dapat bersukacita karena ada fitur baru. Fitur ini dikhususkan untuk melakukan analisis data dalam spreadsheets. XLMiner Analysis ToolPak adalah add-ins lain yang meningkatkan kekuatan Google Sheets. Saat Google pertama kali meluncurkan Spreadsheet, Google mengubah permainan untuk banyak pengguna spreadsheet, memungkinkan kolaborasi waktu nyata dari perangkat apa pun dan kapan pun. Betapa menakjubkannya bahwa aplikasi spreadsheet baru-baru ini meluncurkan fitur baru bagi pengguna Excel tingkat lanjut seperti XLMiner Analysis Toolpak. Fitur ini sekaligus fitur lanjutan yang dibutuhkan pengguna untuk memproses dan melakukan analisis statistik. Namun, Google Sheets dan Excel telah banyak berubah selama bertahun-tahun. Excel telah membuat komponen online kolaboratif. Google Sheets menjadi lebih maju untuk mengikuti persaingan. Mereka telah meningkatkan fitur mereka sendiri dan memperkenalkan add-on, sebuah fitur yang memungkinkan pengembang pihak ketiga untuk membuat alat yang meningkatkan kemampuan Spreadsheet.


Solver, salah satu pengembang (developer) XLMiner Analysis ToolPak telah membuat add-in yang memecahkan salah satu masalah Google Sheets tersebut. Hal ini hampir sama dengan yang digunakan di Excel dan memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis yang sama persisnya dengan Analysis ToolPak Excel. Tentunya bagus untuk banyak pengguna yang beralih dari Excel ke Google Sheets karena gratis (free), berbasis cloud, dan sangat mudah untuk berbagi dan berkolaborasi dengan menggunakan izin berbagi dari Google. Ada juga banyak pengguna yang bekerja di kedua program yaitu Excel dan Google Sheet. Kemudahan untuk dapat beralih antar program tanpa harus mengubah cara anda mengoperasikan fitur tentu sangat berharga bagi individu dan tim yang perlu membuat dan berbagi data penting. Pada artikel kali ini, DQLab akan mengupas mengenai XLMiner Analysis Toolpak. Bagi kalian pengguna Google Sheets, yuk boleh nih untuk merapat siapa tau untuk menjawab segala keresahan kamu. Pastinya dari kalian belum familiar nih dengan penggunaannya dan apakah bisa diterapkan terutama dalam berbagai kondisi untuk melakukan analisis statistik melalui Google Sheets. Buat kalian yang belum tahu penggunaan dan bagaimana caranya menggunakannya, simak artikelnya dan baca selengkapnya sampai habis ya!


1.Penggunaan XLMiner Analysis ToolPak

Penggunaan add-ins XLMiner Analysis ToolPak dapat digunakan dalam berbagai industri untuk mengakomodasi analisis statistik terhadap suatu data. Analisis statistik dilakukan oleh ilmuwan penelitian, analis, organisasi pemerintah, organisasi non-profit, dan perusahaan swasta. Mampu memahami data dengan benar memungkinkan pengguna membuat keputusan yang lebih baik di bidang keuangan, investasi, produksi, distribusi, penjadwalan, dan banyak lagi. Pengguna menggunakan add-on ini untuk memprediksi penundaan penerbangan bahkan mengoptimalkan penjadwalan sepak bola profesional. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2.Cara Mengakses XLMiner Analysis ToolPak

Penggunaan XLMiner Analysis ToolPak dapat dengan mudah didapatkan add-on untuk Spreadsheet utamanya Google Sheets! Cara tercepat untuk mendapatkan XLMiner Analysis Toolpak adalah dengan mengklik tautan microsoft atau workspace google. Cukup klik tombol Gratis dan add-on akan ditambahkan ke akun Google Sheets Anda. Alternatif lainnya, kalian bisa mendapatkan add-on dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

1.Buka spreadsheet

2.Klik tombol add-on di menu navigasi

3.Klik tombol Dapatkan add-on

4.Akan muncul sebuah pop-up atau jendela untuk Anda jelajahi

5.Ketik "XLMiner Analysis ToolPak" di kotak pencarian.

6.Klik tombol Gratis untuk mendapatkan add-on

Yes, kalian siap untuk mulai menggunakan XLMiner Analysis ToolPak!


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel

3.Penggunaan XLMiner Analysis ToolPak dalam Statistik

Hampir serupa dengan Analysis ToolPak Excel pada umumnya, XLMiner Analysis ToolPak juga dapat digunakan dalam analisis statistik. Analysis ToolPak ini merupakan gabungan dari beberapa fungsi statistik yang umum digunakan dalam analisis data. Analysis ToolPak yang ada pada Microsoft Office Excel memiliki beberapa fungsi untuk statistik deskriptif. Seperti mean, median, variance, covariance, standar deviasi dan masih banyak lagi. Selain itu, XLMiner Analysis ToolPak juga dapat digunakan untuk beberapa pengujian statistik yakni Anova: Single Factor, Anova: Two-Factor With Replication, Anova: Two-Factor Without Replication, Correlation, Covariance, Descriptive Statistics, Exponential Smoothing, F-Test Two-Sample for Variances, Fourier Analysis, Histogram, Moving Average, Random Number Generation, Rank and Percentile, Regression, Sampling, t-Test: Paired Two Sample for Means, t-Test: Two-Sample Assuming Equal Variances, t-Test: Two-Sample Assuming Enequal Variances, z-Test: Two Sample for Means.


4. Yuk, BELAJAR DATA SCIENCE GRATIS DI DQLAB SELAMA 1 BULAN!

                                       

Gunakan Kode Voucher “DQTRIAL”, dan simak informasi di bawah ini mendapatkan 30 Hari FREE TRIAL:

  1. Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  2. Buka academy.dqlab.id dan pilih menu redeem voucher 

  3. Redeem voucher “DQTRIAL” dan check menu my profile untuk melihat masa subscription yang sudah terakumulasi. 

  4. Selamat, akun kamu sudah terupgrade, dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS 1 bulan.

Penulis: Reyvan Maulid

Editor: Annissa Widya Davita


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!