FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 7 Jam 0 Menit 0 Detik 

Fungsi & Penerapan Teknik Analisis Data Tahun 2023

Belajar Data Science di Rumah 28-November-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/71ecd66ea51a20258cfd722754edb517_x_Thumbnail800.jpeg

Pada saat ini kita berada dizaman dimana mayoritas kegiatannya menggunakan internet. Situasi ini membuat orang semakin ‘melek teknologi’ dikarenakan sudah menjadi suatu kebutuhan. Kecanggihan teknologi ini menghasilkan kumpulan data yang sangat banyak sampai muncullah istilah big data. Beberapa fungsi teknik analisis data pun sudah mulai diterapkan untuk mendampingi kegiatan keseharian orang-orang masa kini serta berbagai keperluan lainnya.


Teknik analisis data merupakan suatu metode yang digunakan untuk menganalisis data menjadi suatu informasi yang berguna. Hasil analisis data tersebut nantinya dapat digunakan untuk berbagai manfaat seperti mengetahui ringkasan penjualan, menerapkan strategi bisnis, menjadikan hasil analisis sebagai bahan eprtimbangan membuat keputusan, dll. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa penerapan teknik analisis data. Yuk, simak bersama-sama!


1. Mendeskripsikan Data Penjualan

Kegiatan berbelanja merupakan aktivitas keseharian yang biasa dilakukan oleh orang-orang pada masa kini. Saat ini belanja pun sudah Lisa dilakukan secara online melalui marketplace atau online shop lainnya. Hasil belanja nantinya akan masuk ke data [penjualan bagi pemilik bisnis dan akan dianalisis menggunakan teknik analisis data tertentu. Salah satu teknik yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. 


Analisis statistik deskriptif ini dapat memberikan gambaran terkait data penjualan seperti nilai maksimum, minimum, nilai rata-rata, dan lainnya. Dengan demikian, pemilik bisnis dapat mengetahui strategi penjualan apa yang sebaiknya diterapkan di kedepannya. 


Teknik Analisis Data


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


2. Mengetahui Hubungan 2 Variabel

Pada saat melakukan kegiatan penelitian seringkali kita melihat tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara satu variabel dengan variabel lainnya. Sebagai contoh sederhananya penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara berat badan bayi dengan status gizi pada balita. 


Kedua variabel ini akan terbagi menjadi variabel terikat dan variabel bebas. Untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan di antara dua variabel tersebut, peneliti dapat menggunakan teknik analisis data yaitu analisis regresi. Setelah menerapkan langkah dan prosedur analisis, nantinya akan diperoleh kesimpulan untuk menjawab rumusan masalah penelitian tersebut.

Teknik Analisis Data



3. Analisis Konten Media

Media sosial merupakan suatu hal yang umum dan biasa di zaman teknologi yang canggih seperti ini. Bahkan pengguna sosial media saat ini mayoritas adalah usia produktif lalu disusul dengan orang tua dan anak-anak. banyaknya jenis media sosial ini dapat dianalisis menggunakan teknik analisis konten. Analisis konten bertujuan untuk menggali lebih dalam terkait isi atau konten dari media sosial tersebut. Sebagai contoh owner bisnis yang ingin menganalisis kesenangan anak muda sebagai target pasar mereka. 


Teknik Analisis Data


4. Focus Group Discussion

Focus group discussion (FGD) termasuk ke dalam salah satu teknik analisis data kualitatif. Penerapan teknik ini sudah sering diterapkan di berbagai kalangan baik kalangan pelajar, mahasiswa, maupun pekerja kantoran. Sesuai dengan namanya, teknik ini memiliki tiga karakteristik yang tidak bisa diganggu gugat yaitu diskusi (bukan wawancara atau obrolan), berkelompok (bukan individual) dan terfokus. Dengan menerapkan tiga hal tersebut sepatutnya akan diperoleh hasil dari diskusi sebagai titik terang atau solusi yang mampu menyelesaikan permasalahan dalam penelitian.


Teknik Analisis Data


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


Tahukah kalian bahwa secara sadar maupun tidak teknik analisis data sudah banyak dikenali dan diterapkan oleh orang-rang? Teknik analisis data tidak hanya berfokus pada perhitungan atau rumus akan tetapi terdapat berbagai macam teknik analisis data yang bisa digunakan. Ingin mengenali teknik analisis data lebih banyak? Yuk, langsung coba saja di DQLab dan bisa praktek secara live code loh!


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :