TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 17 Jam 30 Menit 51 Detik 

Fungsi Data Science dalam Mengembangkan Inovasi di Masa Depan

Belajar Data Science di Rumah 24-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4ecfa6c1535b52aff50d4c9c032da4bf_x_Thumbnail800.jpg

Data merupakan struktur utama dari teknologi-teknologi yang ada di masa ini. Saat ini sudah banyak pekerjaan yang bisa digantikan oleh kecanggihan teknologi. Contoh robot pembersih debu, robot ini dapat membersihkan ruangan yang ada di rumah Kamu hanya dengan melakukan scan sekali. Tentunya dengan semakin bertambahnya teknologi manusia menjadi lebih dimudahkan.  Pemanfaatan teknologi artificial intelligence dan big data tentunya dapat meningkatkan kualitas dari segi produksi. Bahkan dengan adanya teknologi ini perusahaan dapat menghemat biaya produksi sekitar 15-20%.


Sistem produksi yang panjang dan waktu merupakan masalah besar bagi industri, namun masalah tersebut dapat disiasati dengan adanya penggunaan teknologi. Toshiba mungkin menjadi industri pertama yang mengaplikasikan robot dalam proses produksinya. Pada 1967, Toshiba telah mengembangkan perangkat pembaca dan penyortiran kode pos otomatis pertama di dunia.


Berikut adalah contoh invovasi yang dihasilkan oleh Data Science :


1. Self Driving Car

Ide dari membuat mobil yang tanpa supir ternyata sudah terpikir sejak seabad yang lalu! Pada 1920 sudah banyak ilmuwan yang memikirkan eksperimen yang cocok untuk self driving car ini, 30 tahun kemudian dilakukanlah uji coba self driving car ini, namun baru mobil yang benar-benar otomatis pertama kali dikembangkan pada 1977 oleh Japan's Tsukuba Mechanical Engineering Laboratory.


Self driving car sendiri merupakan hasil dari pemanfaatan teknologi Data Science. Di dalam self driving car  ini mampu mendeteksi lingkungan sekitar menggunakan sensor seperti radar, GPS, kamera, dan odometer. Menurut Google, sensor IoT pada mobil tanpa supir mereka dapat menghasilkan 1 GB data per detik. Data ini tentunya harus diolah secara real-time agar mobil dapat bergerak secara responsif dan otomatis. Self driving car menggunakan metode dari cabang Data Science yaitu machine learning. Oleh karna itu semakin sering mobil tanpa supir ini berada digunakan maka akan semakin lengkap data-data yang diperlukan dan juga semakin pintar.


Pada bulan Agustus 2016, nuTonomy meluncurkan armada taksi tanpa supir pertama kali di Singapura. Namun sayangnya mobil tersebut terlibat kecelakaan dengan sebuah truk. Hal ini disebabkan mobil ini belum mampu untuk memprediksi perilaku pengemudi kendaraan lainnya. Oleh karna itu, penerapan self driving car di Indonesia akan lebih sulit karna kondisi jalanan yang relatif lebih kompleks dibandingkan dengan Singapura. Namun walau begitu tidak menutup kemungkinan bahwa kita kita tidak bisa menikmati self driving car selamanya. Dengan adanya teknologi yang semakin maju bisa jadi dalam beberapa tahun kedepan kita dapat membuat mobil self driving car ini, mengingat banyaknya benefit yang didapatkan.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Robot

Ketika memikirkan apa yang akan terjadi di masa depan, pastinya Kamu akan memikirkan bahwa akan semakin banyak robot canggih yang dapat membantu manusia dalam melakukan aktivitas manusia. Baru-baru ini muncul sebuah robot humanoid yang mengguncangkan dunia karena kemampuannya untuk berinteraksi secara sosial. Sophia nama si robot, selain dapat diajak berbincang-bincang, ia bahkan dapat menunjukkan ekspresi wajah secara emosional.


Ini dapat menjadi pertanda bahwa ke depan robot akan mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan manusia, baik untuk industri hingga kegiatan hiburan, seperti tempat curhat dan teman bermain. Selain Sophia juga ada IBM Watson (sebuah mesin supercomputer tanya-jawab) yang telah memenangkan pertandingan kuis Jeopardy. Watson memiliki kemampuan untuk menyimpan 200 juta halaman (termasuk Wikipedia) berukuran ± 5 TB dalam hitungan menit. Selain Games, Watson juga mulai digunakan untuk untuk membantu diagnosis dan perawatan pasien kanker, prediksi cuaca, asisten pengajar, dan chatterbot.


3. Virtual Assistant

Asisten virtual tak dimungkiri saat ini telah menjadi fitur yang wajib hadir di perangkat-perangkat pintar. Pertumbuhan penggunanya pun cukup cepat seiring semakin banyak pengguna smartphone atau smart home. Virtual Assistant merupakan produk teknologi berbasis AI yang bekerja berdasarkan perintah suara untuk menyelesaikan tugas-tugas pengguna. Tugas yang biasa dilakukan oleh asisten pribadi atau sekretaris. Seperti mencari nomor telepon, melakukan panggilan telepon, mengingatkan tentang appointments, menjawab informasi hari, tanggal dan juga informasi lainnya. Bila dalam penggunaan pribadi, software ini juga dapat membantu dalam navigasi, memesan tiket pesawat, dan memilih musik yang diinginkan pengguna.


Adapun Asisten pribadi berbentuk virtual yang populer saat ini seperti Apple Siri, Amazon Alexa dan Google Assistant pada perangkat Android. Virtual Assistant yang kembali di develop juga sudah banyak digunakan diberbagai perusahaan sebagai pendukung transaksi pelanggan dan penyedia informasi. Bisa jadi dengan perkembangan teknologi yang ada, virtual assistant dapat mengerjakan hal-hal yang lebih banyak lagi.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


4. Kembangkan Kompetensimu dengan Inovasi Baru Bersama Ilmu Data Science

Yuk bergabung di DQLab! Kamu bisa belajar data science dari nol hingga bisa bergabung di perusahaan besar. Dengan bergabung sekarang kamu bisa mendapat module GRATIS “Introduction to Data Science” loh! Kamu juga bisa mendapat banyak benefits lainya jika belajar di DQLab.


Dengan belajar di DQLab, kamu bisa:

  • Menerapkan teknik mengolah data kotor, hasilkan visualisasi data dan model prediksi dengan studi kasus Retail dan Finansial

  • Dapatkan sesi konsultasi langsung dengan praktisi data lewat data mentoring

  • Bangun portofolio data langsung dari praktisi data Industri

  • Akses Forum DQLab untuk berdiskusi. 



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!