GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 7 Jam 41 Menit 12 Detik 

Fungsi Data Science yang Wajib Diketahui Pemula

Belajar Data Science di Rumah 21-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/49c7ea5480d0351bcaa738bbd3767731_x_Thumbnail800.png

Saat ini, Data Science menjadi dasar profesi-profesi yang sedang naik daun. Contoh profesinya adalah Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan sejak tahun 2012, kebutuhan akan profesi yang berkaitan dengan Data Science ini bertumbuh pesat hingga mencapai angka lebih dari 650%. 


Namun kebutuhan dan ketersediaan berbanding terbalik, hal ini dikarenakan masih banyak masyarakat yang belum banyak mencoba kesempatan dalam bidang data ini. Banyak juga yang belum terlalu paham pengertian Data Science dan kegunaannya dalam bidang pekerjaan. Oleh karena itu, dikarenakan peluang yang masih terbuka cukup lebar, mari kita bersama-sama menyimak artikel tentang Data Science ini.


1. Pengertian Data Science

Seperti yang telah disampaikan oleh banyak ahli, Data Science merupakan suatu disiplin ilmu yang secara khusus mempelajari hal tentang data, baik data kuantitatif dan numerik. Apabila dijabarkan lebih panjang lagi, ilmu Data Science mempelajari ilmu komputer, statistik, dan juga matematika. Definisi ini berkaitan dengan tujuan utama Data Science, yaitu untuk mengolah dan mengekstrak data agar bisa mendapatkan data yang sebenarnya.


Karena ilmu Data Science yang semakin marak dipelajari, profesi yang berkaitan dengan ilmu ini juga menjadi suatu hal yang baru dalam bidang teknologi dan banyak dibutuhkan oleh perusahaan dari berbagai bidang. Karena dengan ilmu tersebut dapat membantu perusahaan mencapai tingkat yang lebih baik lagi dalam hal pengambilan keputusan.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut Langkah-langkahnya!


2. Skill Dasar Data Science

Menjalani setiap profesi dalam berbagai bidang pasti tetap diperlukan skill atau kemampuan dasar yang harus dikuasai. Dengan skill dasar tersebut, diharapkan tenaga kerja dapat mengerjakan pekerjaannya dengan lebih efisien dan lebih akurat. Sama halnya dengan Data Science, bagi profesi yang didasari oleh ilmu ini perlu memiliki tiga jenis skill. Skill yang pertama adalah pemrograman, skill ini akan sangat membantu kalian yang akan menjadi seorang Data Analyst atau Data Scientist. Setidaknya kalian perlu memahami bahasa pemrograman Python.


Skill yang kedua adalah statistika, pemahaman akan skill ini merupakan hal yang mendasar untuk profesi dalam bidang data. Selain bermanfaat untuk menentukan algoritma, skill ini juga dapat digunakan dalam pengembangan software machine learning, lho! Kemudian untuk skill yang terakhir adalah visualisasi data, skill ini diperlukan terutama jika kalian akan menjadi seorang Data Analyst karena kalian akan membantu dalam hal penentuan keputusan.


3. Fungsi Data Science

Terdapat tiga fungsi utama dari keilmuan Data Science dalam bidang usaha, yang pertama adalah dapat membantu dalam penentuan produk atau fitur seperti apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Yang kedua adalah dapat membantu dalam mengevaluasi bisnis dan menciptakan target serta strategi yang tepat untuk langkah selanjutnya. Dan yang terakhir adalah dalam memprediksi suatu tren yang akan datang dan perilaku konsumen.


Ketiga fungsi di atas sangat penting untuk keberlanjutan suatu bidang usaha karena rata-rata suatu usaha terjebak pada dua atau tiga langkah awal. Oleh karena itu, semakin banyak perusahaan dari yang besar hingga startup mencari tenaga kerja dalam bidang Data Science untuk masa depan perusahaan mereka.


4. Keunggulan Data Science dalam Bidang Bisnis

Ilmu Data Science ini sangat penting diaplikasikan dalam perusahaan, khususnya bidang bisnis, karena dapat mengurangi risiko akan terkena penipuan. Selain itu juga profesi-profesi yang berdasar pada Data Science terlatih untuk mengidentifikasi data yang menonjol dan dapat memprediksi kecurangan yang terjadi. 


Biasanya, Data Science akan sangat membantu tim sales dan marketing dalam suatu perusahaan karena dapat memahami perilaku konsumen secara jelas sehingga perusahaan dapat menentukan langkah yang tepat untuk meraih konsumen. Hal lainnya yang menjadi keunggulan Data Science adalah dapat membantu perekrutan karyawan dalam suatu perusahan. Oleh karena itu, bisa disimpulkan bahwa Data Science sangat bermanfaat dalam bidang bisnis. 


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Ayo, Belajar Data Science Bersama DQLab!

Dari informasi mengenai Data Science yang telah disampaikan, bisa dipastikan bahwa Data Science sangat bermanfaat bagi kalian yang ingin memulai suatu usaha atau bahkan untuk diri sendiri. Kalian tidak perlu bingung harus bagaimana belajar Data Science, kalian bisa melakukannya bersama DQLab.id. Disini kalian dapat belajar secara tuntas disertai dengan pengajar praktisi yang sudah berpengalaman, lho! Caranya mudah sekali untuk mendaftar, kalian cukup sign up di DQLab.id, kemudian kalian akan langsung bisa mengerjakan module gratis "Introduction Data Science with Python and R". Ayo, gabung bersama kami!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :