JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 0 Jam 50 Menit 47 Detik

Fungsi IRR Excel untuk Ambil Keputusan Keuangan

Belajar Data Science di Rumah 01-Maret-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-08-2024-03-02-081317_x_Thumbnail800.jpg

Excel merupakan salah satu produk kebanggaan Microsoft yang berbentuk spreadsheet. Di tengah kemunculan berbagai spreadsheet lainnya, Excel masih mampu mempertahankan eksistensinya bahkan menjadi favorit para praktisi data. Excel bisa menjadi tool analisis data sederhana, sehingga software ini menjadi tool minimal yang harus dikuasai oleh calon kandidat yang tertarik untuk menjadi praktisi data.


Excel menyediakan berbagai fungsi yang bisa dimanfaatkan untuk analisis di berbagai bidang. Fungsi Internal Rate of Return (IRR) pada Excel merupakan salah satu contoh alat yang cukup berguna dalam pengambilan keputusan keuangan. IRR dapat membantu dalam menentukan tingkat return yang diharapkan dari proyek atau investasi. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa keuntungan utama penggunaan fungsi IRR pada Excel. Simak penjelasannya yuk!


1. Menghitung Return Ratio yang Diinginkan

Excel

Salah satu keuntungan yang akan didapatkan dari penggunaan fungsi IRR pada Excel adalah kemampuannya untuk mengukur return ratio yang diinginkan dari sebuah proyek atau investasi. IRR dapat memberikan gambaran yang jelas tentang kemampuan proyek atau investasi tersebut dalam menghasilkan keuntungan. Dengan mengetahui return ratio yang diinginkan, kita dapat membuat keputusan keuangan yang lebih baik dan lebih efisien.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Membandingkan Proyek atau Investasi yang Berbeda

Excel

Fungsi IRR yang ada di Excel juga memungkinkan kita untuk membandingkan beberapa proyek atau investasi yang berbeda. Dengan mengetahui return ratio yang diinginkan dari masing-masing proyek atau investasi, kita dapat menentukan mana yang lebih menguntungkan dan layak untuk dijalankan. Dengan begitu, proses pengambilan keputusan akan dibantu untuk mendapatkan keputusan yang lebih baik dan lebih efisien.


3. Menghitung Nilai NPV

Selain itu, fungsi IRR pada Excel juga dapat digunakan untuk menghitung nilai Net Present Value (NPV) dari sebuah proyek atau investasi. NPV merupakan metode yang digunakan untuk mengevaluasi proyek atau investasi dengan memperhitungkan nilai uang berdasarkan waktu. Dengan mengetahui nilai NPV dari sebuah proyek atau investasi, kita bisa dengan mudah menentukan apakah proyek atau investasi tersebut akan menghasilkan keuntungan atau malah akan memberikan kerugian.


4. Membuat Keputusan Keuangan yang Lebih Baik

Excel

Secara keseluruhan, penggunaan fungsi IRR pada Excel akan sangat membantu dalam membuat keputusan keuangan yang lebih baik dan lebih efisien. IRR akan memberikan gambaran yang lebih jelas dan detail tentang seberapa baik proyek atau investasi tersebut akan menghasilkan keuntungan. Dengan mengetahui return ratio yang diinginkan dari masing-masing proyek atau investasi, kita dapat menentukan mana yang lebih menguntungkan dan layak untuk dijalankan.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Pelatihan Excel adalah investasi yang sangat penting di dunia industri modern. Kemampuan untuk mengelola data, meningkatkan produktivitas, dan membuat keputusan yang lebih cerdas adalah aset yang sangat dihargai oleh perusahaan. Selain penguasaan akan Excel juga dapat meningkatkan peluang karir mu sehingga membuatmu menjadi lebih siap dan percaya diri untuk menghadapi tantangan industri yang terus berubah.


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga kerap kali mengadakan Bootcamp Data Analyst with Excel yang sangat cocok bagi pemula.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login