GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 0 Jam 41 Menit 19 Detik 

Fungsi Microsoft Excel untuk Pengolahan Data

Belajar Data Science di Rumah 18-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/11b432f4430dafa5ddfbe6e0bd6adfc8_x_Thumbnail800.jpeg

Microsoft Excel merupakan software spreadsheet yang sangat powerful dikelasnya, tanpa harus memakan banyak space di RAM PC jika dibandingkan dengan software lainnya yang cukup berat. Bukan hanya populer digunakan di bidang akademisi, microsoft excel juga populer di bidang perkantoran. Fungsi microsoft excel di perkantoran biasanya cenderung untuk pengolahan data. Excel menjadi salah satu tools yang dibutuhkan perusahaan atau pelaku bisnis untuk memaksimalkan data yang mereka punya. Dimana perusahaan mengumpulkan volume data yang semakin besar dari berbagai sumber, termasuk transaksi di dalam toko, penjualan online dan media sosial. Mereka harus dapat menyusun dan menganalisis informasi ini dengan cepat dan efektif.


Dengan tampilan yang nyaman dan user friendly, format microsoft excel juga kompatibel di berbagai program lain. Oleh karena itu, excel terus dilihat sebagai alat vital untuk administrasi dan menjalankan bisnis yang efektif. Lantas, apa saja fungsi microsoft excel yang dapat memudahkan pekerjaan sehari-hari khususnya untuk pengolahan data? Inilah 4 fungsi microsoft excel untuk pengolahan data. Yuk, simak artikel dibawah ini!

1. Untuk membangun Grafik yang Baik

Faktanya, terkadang memang lebih mudah untuk memahami suatu topik ketika kamu dapat memvisualisasikan topik tersebut dengan tepat. Microsoft Excel memungkinkan para pelaku bisnis untuk melihat dan menggali potensi data mereka, dengan menggunakan formula di seluruh kisi sel. Data dimasukkan ke dalam sel individu dalam baris atau kolom yang memungkinkan untuk diurutkan dan difilter, yang kemudian dapat disajikan berupa presentasi visual. Data tersebut divisualisasikan dalam bentuk grafik-grafik yang tersedia di excel seperti, column chart, line chart, pie chart, area chart, scatter chart, stock chart, surface chart, doughnut chart, bubble chart, dan radar chart. 


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Untuk Pemformatan Bersyarat

Tak bisa dipungkiri, ketika kamu bekerja di depan layar monitor yang penuh dengan angka-angka sepanjang hari dapat menyebabkan kamu merasa seolah-olah angka tersebut berbaur bersama. Untungnya, microsoft excel memungkinkan kamu untuk dapat menggunakan warna-warna yang berbeda, hingga berbagai jenis font pada data kamu. Kamu dapat memilih skema pewarnaan yang sesuai melalui tombol quick analysis dan kemudian memanfaatkan formatting tab. Tools ini benar-benar membuat kamu mudah untuk memahami data, karena mampu menyoroti fitur-fitur dari data akan meringankan pekerjaan kamu.

3. Untuk Membantu Mengidentifikasi Data

Ketika kamu menyajikan atau memvisualisasikan data dalam bentuk grafik, itu sangat membantu kamu untuk melihat rincian tren secara eksplisit yang muncul dari informasi. Dengan begitu kamu dapat terbantu untuk melihat poin-poin penting dari suatu data yang telah kamu olah dengan cara yang relatif mudah. Microsoft excel memungkinkan garis trend diperpanjang melampaui grafik, untuk menawarkan prediksi aktivitas di masa depan dan perkiraan tersebut dapat membantu kamu dalam mengembangkan bisnis dengan strategi-strategi tertentu untuk masa depan perusahaan.

4. Mudah untuk Memasukan dan Memformat Data

Pengumpulan data menawarkan bisnis bernilai besar, dengan data yang tepat bisnis dapat menentukan strategi apa yang berhasil, bagaimana mereka bekerja dan apa yang perlu dilakukan tim untuk meningkatkan hasil ini. Sering kali ketika memprediksi data untuk keperluan bisnis, kamu biasanya tidak menganggap hanya satu atau dua sampel tetapi ratusan bahkan ribuan data. Disinilah excel dapat membantu kamu. Microsoft excel adalah alat yang sempurna untuk mengatur dan menafsirkan data. Secara khusus, dengan menggunakan fitur pivot tabel, pengguna dapat mengolah dan menganalisis data yang kemudian dituangkan dalam bentuk grafik yang mudah dimengerti. Ini tentu, sangat berguna karena semakin cepat kamu dapat memahami data, semakin cepat pula dapat membuat keputusan untuk meningkatkan bisnis kamu secara lebih lanjut.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Pelajari Materi Lainnya Selain Fungsi Microsoft Excel Bersama DQLab! 

DQLab selalu melakukan update baik dari segi materi maupun sistem, salah satu buktinya adalah dengan adanya modul platinum yang menyajikan materi-materi tentang excel dari mulai rumus-rumus dasar yang mudah dan cepat hingga tingkat lanjut. Selain itu juga di modul excel kamu juga dapat menikmati materi data cleaning menggunakan microsoft excel juga. Bersama DQLab kamu tidak perlu bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!

Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!