GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 52 Menit 38 Detik 

Fungsi Penerapan Data Science yang Perlu Calon Pebisnis Ketahui

Belajar Data Science di Rumah 12-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f287556031d19c820815b6187ae0b644_x_Thumbnail800.png

Belajar ilmu atau pengetahuan baru tidak pernah merugikan untuk siapapun, termasuk belajar suatu hal yang menjadi suatu tren atau kebaruan pada masa kini. Data Science merupakan suatu ilmu yang menjadi kegemaran dan ketertarikan banyak orang dalam beberapa tahun belakangan ini. Kegunaan dari Data Science juga dapat dimanfaatkan oleh banyak orang dan perusahaan.


Salah satunya yang paling terkenal adalah kegunaannya dalam bidang bisnis, selain dapat digunakan untuk mengembangkan bisnis, Data Science juga berfungsi untuk mempertahankan apabila bisnis sedang mengalami penurunan dalam segi pendapatan. Pada artikel kali ini, DQLab akan dengan senang hati memberikan informasi mengenai definisi, alasan, fungsi, dan prospek karir dari ilmu Data Science kepada teman-teman semua. Yuk, jangan ketinggalan untuk disimak bersama!


1. Definisi Data Science

Sebelum membahas Data Science, mungkin banyak dari kalian yang belum mengetahui bahwa Data Science merupakan salah satu dari tiga tipe big data. Big data sendiri merupakan istilah untuk mengelompokkan data dalam jumlah yang sangat besar. Tiga tipe dalam big data meliputi data terstruktur, tidak terstruktur, dan semi struktur. 


Data Science merupakan tipe yang tidak terstruktur, oleh karena itu dibutuhkan studi tentang data mentah yang dapat diolah lewat keterampilan analitis, programming, dan bisnis. Penggunaan algoritma, metode, proses, dan sistem ilmiah sangat digunakan dalam Data Science untuk menghasilkan pengetahuan dari pola dan tren yang ditemukan.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Mengapa Belajar Data Science?

Dalam sebuah riset yang dilakukan oleh Linkedin, Data Science merupakan salah satu profesi terkeren yang paling dibutuhkan dalam dunia industri belakangan ini. Terdapat beberapa alasan lain mengapa kalian perlu belajar Data Science, ilmu ini dapat dipelajari oleh siapapun dari latar belakang pendidikan apapun. Apabila kalian tidak memiliki kemampuan dasar ilmu Data Science, kalian tetap bisa mempelajarinya.


Meskipun Data Science melahirkan banyak profesi keren yang menjadi incaran banyak pencari kerja, masih ada banyak orang yang belum mengetahui akan ilmu Data Science ini. Dengan begitu, masih ada kesempatan bagi kalian untuk belajar. Alasan terakhir adalah kesempatan kalian untuk bergabung dengan perusahaan besar sangat terbuka lebar, hal tersebut dikarenakan kebutuhan setiap perusahaan akan profesi yang belajar Data Science sangatlah banyak dan tidak sebanding dengan ketersediaan tenaga kerja di Indonesia.


3. Fungsi Data Science

Pengaplikasian Data Science dapat mengurangi risiko dan penipuan yang dapat terjadi dalam perusahaan, hal tersebut dikarenakan profesi yang mempelajari Data Science terbiasa untuk mengidentifikasi data yang terlihat menonjol dengan berbagai cara. Tujuan utamanya yaitu untuk memprediksi keganjilan dan menggunakannya untuk menentukan tindakan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.


Karena Data Science dapat melihat informasi konsumen dalam suatu perusahaan, maka perusahaan dapat semakin maju dalam memenuhi kebutuhan konsumen mereka. Data Science dapat menghasilkan produk relevan yang sesuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen. Selain itu juga, Data Science dapat membantu perusahaan untuk mengembangkan strategi bisnis agar semakin maju.


4. Prospek Karir Data Science

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, Data Science sangat berguna untuk kalian yang memiliki perusahaan atau akan memulai suatu bisnis. Apabila kalian ingin bekerja dalam suatu perusahaan besar dengan ilmu Data Science yang kalian miliki, terdapat beberapa profesi yang tepat untuk kalian jadikan referensi.


Profesi-profesinya adalah Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Analyst, dan Developer. Beberapa profesi ini merupakan profesi turunan dari ilmu Data Science, namun dari beberapa profesi tersebut, saat ini terfokus pada tiga profesi utama yang menjadi incaran banyak calon pekerja data. Profesinya adalah Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Dari ketiga profesi tersebut, masih terdapat lagi jenjang karir yang pastinya sangat menarik untuk kalian geluti.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Miliki Prospek Karir Cemerlang Bersama dengan DQLab

Dengan berbagai macam informasi yang telah disampaikan sebelumnya, teman-teman mungkin sudah menemukan ketertarikan dalam beberapa profesi Data Science yang disampaikan. DQLab dapat kalian jadikan tempat belajar untuk menjadi ahli dalam profesi tersebut, apabila kalian tertarik, kalian dapat langsung sign up di DQLab.id. Setelah mendaftar, kalian bisa langsung mengerjakan module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’ sebagai materi pertama dalam pembelajaran Data Science kalian. Ayo, jadi ahli data bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!