SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 3 Jam 32 Menit 29 Detik

Fungsi Penting Accounting Excel & Tutorialnya

Belajar Data Science di Rumah 22-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b0dbd98b-4c8d-4799-a394-d82f3deffd4e-2023-06-22-205109_x_Thumbnail800.jpeg

Saat ini excel sudah menjadi basic skill yang harus dimiliki oleh seseorang yang bekerja di sektor tertentu yang memerlukan manajemen data. Selain digunakan untuk menyimpan dan mengatur data, excel juga bisa digunakan untuk mengolah data tersebut karena fitur formula yang bisa digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari operasi matematika, pengolahan text, hingga perhitungan statistika dengan metode kompleks. Tidak hanya berkaitan dengan data, excel juga bisa digunakan untuk mencatat banyak hal, mulai dari jadwal, to-do list, hingga grocery list.


Di bidang accounting, excel merupakan ‘senjata’ andalan karena fitur-fiturnya yang bisa mempermudah pekerjaan sehingga proses pengolahan data menjadi lebih efektif dan efisien. Bahkan, excel menyediakan formula khusus untuk perhitungan accounting sehingga hanya dengan satu formula kita bisa mendapatkan suatu angka yang apabila dihitung secara manual membutuhkan effort yang tidak sedikit. Dengan formula excel, perhitungan accounting yang sangat melelahkan akan lebih akurat karena human error bisa diminimalisir.


Pada artikel kali ini, kita akan membahas beberapa formula excel yang biasa digunakan oleh pekerja di bidang accounting. Penasaran apa saja? Yuk simak bersama artikel ini sampai akhir!


1. XNVP

Secara umum, formula ini ditulis dengan =XNPV(discount_rate, cash_flows, dates). Formula ini digunakan untuk menentukan nilai Net Present Value (NPV) dari cash flow. Berbeda dengan formula NPV biasa di Excel, XNPV memperhitungkan tanggal tertentu pada cash flow sehingga hasil yang didapatkan lebih tepat. Agar lebih mudah dipahami, yuk perhatikan gambar berikut!

Excel Function


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. XIRR

Formula XIRR secara umum ditulis dengan =XIRR(arus kas, tanggal). Formula yang satu ini mirip dengan XNPV, hanya saja formula ini digunakan untuk menentukan tingkat pengembalian internal dari cash flow dengan rentang waktu tertentu. XIRR harus selalu digunakan di atas rumus IRR biasa karena periode waktu antara cash flow sangat tidak mungkin sama persis. Bagaimana cara menggunakan formula ini? Yuk simak contoh berikut!

Excel Function


3. PMT

Secara general, formula PMT ditulis dengan =PMT(tarif, jumlah periode, nilai sekarang). Formula ini digunakan oleh para profesional keuangan yang bekerja dengan pemodelan keuangan real estat. Rumusnya paling mudah dianggap sebagai kalkulator pembayaran hipotek. Dengan adanya tingkat bunga periode waktu (bulan, tahun, dan sebagainya) dan nilai pinjaman, kita bisa dengan mudah mengetahui berapa pembayarannya. Yang perlu diingat, formula ini menghasilkan total pembayaran yang sudah mencakup pokok dan bunganya. Perhatikan contoh berikut, pembayaran tahunan dan bulanan untuk hipotek satu juta dengan jangka waktu 30 tahun dengan tingkat bunga 2%.

Excel Function


4. MIRR

Secara umum, formula ini ditulis dengan =MIRR( cash flow, biaya pinjaman, tingkat reinvestasi). M pada formula ini adalah singkatan dari Modified, dan formula ini sangat berguna jika uang tunai dari satu investasi diinvestasikan dalam investasi yang berbeda. Misalnya, cash flow dari bisnis swasta diinvestasikan dalam obligasi pemerintah. Jika bisnis memiliki pengembalian tinggi dan menghasilkan IRR 18%, tetapi uang tunai di sepanjang jalan diinvestasikan kembali dalam obligasi hanya 5%, IRR gabungan akan jauh lebih tinggi dari 18%.

Excel Function


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Bagi calon akuntan, yuk perdalam berbagai formula excel bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti training corporate DQLab dengan klik tautan https://dqlab.id/b2b  berikut untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin akses semua modul DQLab? Yuk signup sekarang!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login