PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 11 Jam 58 Menit 16 Detik 

Fungsi Rumus IF Excel yang Wajib Kalian Ketahui!

Belajar Data Science di Rumah 28-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d47bff332bb4f771c17b419619a8d287_x_Thumbnail800.png

Aplikasi software Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah data yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Tidak hanya terkenal karena pengolah data, aplikasi ini juga dikenal karena rumus-rumus yang terdapat di dalamnya yang beragam dan dengan fungsi yang berbeda. Apabila kalian bekerja dalam industri data menjadi seorang Data Analyst dan Data Scientist, Excel merupakan aplikasi yang tepat untuk membantu pekerjaan kalian.


Dalam Excel sendiri, terdapat sangat banyak jenis rumus yang berfungsi untuk mempermudah pekerjaan dengan tipe pengolahan data. Salah satu fungsi yang sering digunakan adalah fungsi logika. Fungsi logika ini juga memiliki beberapa rumus di dalamnya yang sering kita gunakan. Namun kali ini DQLab akan membahas rumus IF, salah satu rumus yang terkenal dalam Excel. Yuk, simak bersama!



1. Pengertian Fungsi IF

Fungsi IF merupakan salah satu fungsi logika yang tersedia dalam Excel, fungsi ini baru akan digunakan untuk memenuhi suatu kondisi atau kriteria tertentu. Fungsi IF dapat memungkinkan kalian untuk membuat perbandingan antara logika dan nilai atau data. Dalam fungsi IF juga terdapat tiga jenis fungsi lainnya yang dipecah agar semakin sesuai dengan kebutuhan data masing-masing individu. 


Tiga jenis fungsi IF lainnya antara lain fungsi IF AND, OR, dan NOT. ketiga fungsi ini memiliki cara pengaplikasian yang berbeda-beda. Akan lebih baik untuk teman-teman mengerti terlebih dahulu cara pengaplikasian fungsi IF Excel secara umum. Berikut salah satu contoh gambarnya.



Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Pengertian dan Contoh Fungsi IF AND

Beralih ke dalam salah satu jenis fungsi IF, yaitu fungsi IF AND. Fungsi ini dapat menghasilkan nilai logika benar atau true apabila semua syarat atau data yang diuji bernilai benar. Penulisan rumusnya seperti berikut, =IF(AND(kolom 1 > kolom 2),LULUS,TIDAK LULUS). Berikut salah satu contoh hasil pengaplikasiannya.




3. Pengertian dan Contoh Fungsi IF OR

Salah satu jenis fungsi IF lainnya adalah fungsi IF OR, fungsi ini bisa kalian praktekkan ketika kalian ingin menghasilkan nilai logika benar dengan salah satu syarat atau kriteria yang disebutkan bernilai benar. Sintaksnya adalah sebagai berikut, =IF(OR(kolom 1 > kolom 2),LULUS, TIDAK LULUS). Berikut salah satu contoh pengaplikasiannya dalam Excel.




4. Pengertian dan Contoh Fungsi IF NOT

Apabila kedua jenis fungsi IF sebelumnya untuk menghasilkan nilai yang benar, maka fungsi IF NOT digunakan untuk membalikkan nilai argumen tersebut. Ketika rumus IF NOT menguji logika yang menghasilkan nilai false atau salah, maka rumus IF NOT akan menghasilkan nilai true atau benar, dan sebaliknya. Penulisannya adalah sebagai berikut, =NOT(logical). Berikut salah satu contoh pengaplikasiannya.



Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Makin Mahir dalam Penggunaan Rumus IF dengan DQLab

Penggunaan Excel sangat penting bagi kalian yang ingin berkarir dalam industri data dengan menjadi Data Analyst ataupun Data Scientist. Dengan beragam rumus yang terdapat dalam Excel tentunya dapat semakin mempermudah kalian, namun dibutuhkan pelatihan yang tepat untuk mengenal atau menjadi mahir dalam penggunaannya. DQLab merupakan tempat yang tepat untuk teman-teman mulai belajar Excel dan semakin mengenal rumus-rumus di dalamnya. Untuk menjadi bagian dari DQLab, caranya sangat mudah, kalian cukup sign up di DQLab.id, lalu kalian bisa langsung mengerjakan module gratis "Introduction Data Science with Python and R". Tidak perlu khawatir, masih banyak module lainnya yang pastinya sesuai dengan keinginan belajar teman-teman, yuk mulai belajar bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :