PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 30 Menit 46 Detik 

Fungsi String Concat di MySQL, Pemula Wajib Tahu

Belajar Data Science di Rumah 25-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b697d08d2c02ad72feafe566e97dc0e0_x_Thumbnail800.jpg

SQL merupakan bahasa umum yang digunakan untuk melakukan query agar bisa mengakses data yang ada di dalam database. Meskipun telah ada sejak lama, SQL masih menjadi salah satu bahasa pemrograman favorit banyak orang, khususnya praktisi data.


Sehingga tidak mengherankan jika hampir semua lowongan praktisi data, kualifikasi yang diminta adalah mampu menguasai bahasa SQL, baik untuk profesi Data Analyst, Data Scientist, Business Intelligence, dan lainnya.


Ada beberapa alasan mengapa SQL menjadi bahasa yang banyak digunakan, diantaranya adalah banyaknya fungsi yang tersedia. Dalam SQL, kita akan bertemu dengan fungsi numerik, fungsi teks, date, hingga advanced function. Fungsi-fungsi inilah yang nantinya akan dimanfaatkan untuk mempermudah pekerjaan banyak orang. Salah satu fungsinya adalah fungsi CONCAT() yang merupakan salah satu fungsi string. 


Nah, dalam artikel ini kita akan membahas tentang fungsi CONCAT() jika menggunakan MySQL. Penasaran dengan kelanjutannya? Yuk, simak artikel berikut!


1. MySQL VS SQL

SQL

Hingga saat ini, ada banyak sekali vendor RDBMS (Relational Database Management System), namun bahasa yang digunakan tetaplah SQL. Sehingga query yang digunakan antara software dari vendor yang satu dengan yang lainnya tidak jauh berbeda.


Salah satu software yang banyak digunakan adalah MySQL. Menurut Wikipedia, hingga saat ini jumlah instalasi yang dilakukan untuk MySQL sudah mencapai 6 juta kali. Lalu apa perbedaan yang secara spesifik antara MySQL dan SQL? Singkatnya, MySQL merupakan software DBMS, sementara SQL merupakan bahasa yang digunakan.


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


2. Fungsi String di MySQL

sql

Fungsi string merupakan salah satu fungsi yang tersedia di MySQL, dimana fungsi ini akan banyak berurusan dengan data yang berbentuk teks atau dikenal dengan istilah string. Ada banyak sekali fungsi string yang tersedia di MySQL, tentunya dengan kegunaan yang berbeda-beda. Beberapa yang paling umum digunakan adalah:

  • CONCAT : Menggabungkan dua atau lebih data yang berupa string 

  • CONCAT_WS : Menggabungkan dua atau lebih data string dengan separator

  • FORMAT: Mendefinisikan format yang ingin digunakan pada string

  • INSERT: Menambahkan data string pada posisi yang telah ditentukan 

  • LEN : Melihat panjang dari string

  • LEFT: Mengekstrak nomor dari karakter yang dilihat dari kiri

  • RIGHT: Mengekstrak nomor dari karakter yang dilihat dari kanan

  • LOWER :  Mengubah string menjadi huruf kecil

  • UPPER : Mengubah huruf menjadi huruf besar

  • TRIM : Menghapus spasi yang berlebih dari string


3.CONCAT di MySQL

Fungsi CONCAT menjadi salah satu fungsi yang banyak digunakan ketika kita sedang memanipulasi data yang ada. Tidak jarang, kita akan bertemu pada kondisi yang mengharuskan kita untuk menggabungkan data antara tabel satu dengan tabel lainnya. Kita bisa memanfaatkan fungsi CONCAT untuk hal ini.


Berikut adalah contoh penggunaannya:

Misalkan kita akan menggabungkan teks yang kita input sendiri, maka bisa menggunakan query berikut:

SELECT CONCAT("Belajar ", "SQL ", "di ", "DQLab ", "menyenangkan!") AS ConcatenatedString;

Maka hasilnya adalah:

sql

Cara yang sama bisa dilakukan untuk data yang kolom yang tersedia di table database.

Misalkan kita memiliki table customer seperti ini:

Lalu kita ingin menampilkan nama dan alamat secara lengkap, dimana alamatnya merupakan gabungan antara address, postalcode, dan city. Maka query nya adalah:

SELECT CustomerName, CONCAT(Address, " ", PostalCode, " ", City) AS Address
FROM Customers;

Hasilnya akan menjadi seperti ini:

sql


4. CONCAT WS

Fungsi CONCAT dengan CONCAT WS hampir sama, yaitu digunakan untuk menggabungkan data yang berupa teks atau string. Hanya saja bedanya, jika menggunakan CONCAT_WS kita bisa otomatis menambahkan tanda pemisah, misalnya seperti spasi, tanda titik, underscore, dll. Misalkan kita ingin menggabungkan nama awal dan akhir yang ada di table employee.

sql


Query yang digunakan adalah:

SELECT CONCAT_WS(" ", FirstName, LastName) AS FullName
FROM Employees;

Dari query di atas, kita bisa melihat bahwa separator yang digunakan adalah spasi. Maka hasilnya adalah:

sql

Mari kita bandingkan jika separatornya diganti menjadi underscore:

SELECT CONCAT_WS("_", FirstName, LastName) AS FullName
FROM Employees;

sql


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Selain CONCAT dan CONCAT_WS, tentu kamu juga harus menguasai fungsi lainnya juga, baik numeric, date, maupun advanced function. Fungsi-fungsi yang telah kamu pelajari ini, jika dikuasai dengan benar akan membantu mempermudah proses pengolahan data yang dilakukan. Selain fungsi-fungsi ini, kamu juga perlu mempelajari hal-hal lainnya yang bersifat fundamental dari SQL loh.


Sahabat DQ gak perlu bingung harus belajar SQL dimana karena DQLab juga menyediakan modul SQL yang sangat cocok bagi pemula karena membahas hal-hal yang bersifat fundamental. Agar bisa mengaksesnya, kamu cukup berlangganan untuk menjadi member premium di DQLab


Yuk, tunggu apa lagi? Sekarang giliran mu!


Penulis: Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :