DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 2 Jam 53 Menit 27 Detik 

Gampang Banget! Ini Cara Membuat Tabel Excel untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 02-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e8d8adc11301e39c2e210c3421c7038f_x_Thumbnail800.png

Ketika melakukan pengolahan data seringkali kita menggunakan tabel untuk mempermudah pekerjaan kita. Tabel merupakan susunan data dalam baris dan kolom atau dalam bentuk yang lebih kompleks lagi. Tabel telah diterapkan dalam berbagai bidang atau penelitian. Tabel berfungsi untuk menjelaskan suatu fakta atau informasi secara singkat, jelas serta lebih menarik. Beberapa orang sering membuatnya di Microsoft Excel. Lalu bagaimanakah cara membuat tabel di Excel?


Microsoft Excel merupakan salah satu software pengolah data yang sering digunakan untuk membuat tabel dikarenakan cara pembuatan yang mudah serta mudah pula untuk diedit. Tujuan pembuatan tabel antara lain untuk memberikan informasi secara ringkas, memudahkan pembaca,, menjelaskan fakta, serta menyajikan data secara singkat, jelas, mudah dipahami dan lebih menarik dibandingkan menggunakan kata-kata. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa bentuk tabel, cara membuat tabel dan cara membaca tabel. Simak dengan cara stay tune di DQLab yuk!


1. Jenis Tabel di Excel

Tabel merupakan bentuk visualisasi data yang terdiri dari beberapa baris dan kolom agar lebih ringkas dan jelas.Terdapat beberapa jenis tabel yang secara umum terbagi menjadi dua yaitu tabel sederhana dan tabel kompleks. Pada tabel sederhana atau bisa juga disebut sebagai tabel satu arah hanya menampilkan satu karakteristik. Karakteristik yang dimaksud antara lain bermacam-macam hal seperti jumlah, ukuran, jenis, dll. Tabel sederhana ini merupakan tabel yang paling mudah dibuat. Adapun pada tabel kompleks menampilkan dua atau lebih karakteristik yang mana menyajikan hubungan antara karakteristik.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Elemen Dalam Tabel Excel

Tabel pada Microsoft Excel memiliki beberapa elemen, seperti 1) baris header, biasanya setiap kolom tabel memiliki pemfilteran yang diaktifkan di baris header; 2) baris berpita, merupakan bayangan alternatif dalam baris yang membantu untuk membedakan data dengan lebih baik; 3) kolom terhitung, dimana jika kita memasukkan rumus di satu sel dalam kolom tabel maka akan dapat diterapkan ke semua sel lain di kolom tabel tersebut; 4) baris total, dimana baris total akan memberi daftar menurun jumlah otomatis untuk memilih fungsi; 5) gagang pengatur ukuran, terletak di sudut kanan bawah yang digunakan untuk menyeret tabel ke ukuran yang diinginkan


3. Cara Membuat Tabel di Excel

Setelah mengetahui pengertian tabel, jenis tabel, elemen dalam tabel, dll maka selanjutnya kita akan langsung pada poinnya yaitu bagaimanakah cara membuat tabel di Excel? Langkah-langkah yang perlu tetapi antara lain sebagai berikut:

  1. memilih sel data yang akan dibuat menjadi tabel

  2. klik Insert, pilih Table

  3. pastikan bahwa sel yang dipilih untuk dibuat tabel sudah benar

  4. kustomisasi sesuai dengan tools yang ada. Namun jika menurut anda sudah cuku, klik OK

  5. setelah klik OK maka tabel baru akan muncul pada lembar kerja


4. Cara Membaca Tabel di Excel

Adakalanya kita sudah mendapatkan data yang berupa tabel tanpa kita harus membuatnya terlebih dahulu. Jika sudah seperti itu bagaimana cara membaca tabel? Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. membaca judul tabel sebagai gambaran data

  2. membaca keterangan di bagian atas tabel

  3. mengajukan pertanyaan terkait informasi yang diberikan

  4. berusaha untuk menafsirkan angka angka yang terdapat dalam tabel

  5. membaca tabel dengan tetap berfokus pada tujuan pencarian informasi


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Yuk, Perdalam Belajar Excel di DQLab

Keterampilan menggunakan microsoft excel saat ini sudah sangat diperlukan dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja. Jika dirinci lebih dalam, excel memiliki segudang manfaat melalui fungsi dan toolsnya yang bermacam-macam. Apakah kalian tahu bahwa kita bisa belajar Excel di DQLab ? Caranya cukup mudah loh,  yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis excel DQLab. Selain itu kita juga dapat belajar bahasa pemrograman lainnya seperti Python, R, dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :