PROMO BACK TO SCHOOL, HEMATNYA SERU! DISKON 95% + Cashback*
Cuma Rp 159K bisa belajar data science 6 bulan
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 0 Menit 52 Detik 

Gampang Banget, Ini Cara Penggunaan Rumus IF Excel yang Bisa Kamu Coba

Belajar Data Science di Rumah 01-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/79eabb4c311dd969258a5a5cd5890da6_x_Thumbnail800.png

Saat ini terdapat berbagai permasalahan yang perlu diselesaikan salah satunya dalam dunia kerja. Sebagai salah satu contoh ketika mengatasi permasalahan dalam bidang data bisa diselesaikan dengan Microsoft Excel. Penggunaan Microsoft Excel tidak hanya sebatas menjumlahkan, mengurangkan atau menghitung rata-rata pada data. akan tetapi terdapat berbagai macam tools lainnya yang akan sangat membantu memudahkan pekerjaan kita. Selain itu tersedia pula berbagai macam rumus yang bisa digunakan, salah satunya adalah rumus if atau pengkondisian. 


Microsoft excel merupakan salah satu software yang multifungsi, antara lain dapat digunakan untuk menyimpan, mengatur, menghitung, menganalisis bahkan sampai visualisasi data. Pada Microsoft Excel terdapat berbagai rumus atau formula yang bisa digunakan untuk berbagai macam terutama dalam bidang data dan statistik. Salah satu rumus yang sering digunakan dalam Microsoft Excel adalah rumus IF. Lalu, apa pengertian rumus IF dan bagaimana cara menggunakannya? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Pengertian Rumus IF

Rumus IF merupakan salah satu rumus dalam Microsoft Excel yang digunakan dalam penerapan fungsi logika. Tujuan rumus IF antara lain untuk mendapatkan beberapa kemungkinan atau mengeksekusi suatu kondisi berdasarkan perintah atau ketentuan yang dibuat. Sebagai contoh sederhana, seseorang ingin membuat output berupa kata ‘LULUS’ untuk nilai >= 75 dan kata ‘TIDAK LULUS’ untuk nilai < 75. Rumus IF dalam hal ini akan sangat membantu terutama jika data yang digunakan berjumlah sangat besar sehingga pengguna tidak perlu melihat setiap nilai untuk menentukan output kata ‘LULUS’ atau ‘TIDAK LULUS’.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Cara Membuat Rumus IF

Pada Microsoft Excel terdapat berbagai macam rumus yang menggunakan aturan atau acuan tertentu. Hal ini pun diterapkan pada rumus IF pula. Rumus IF pada umumnya memiliki dua nilai perbandingan yaitu nilai BENAR dan SALAH. Cara membuat rumus IF antara lain dengan menuliskan perintah

IF(tes_logika, nilai_jika_benar, nilai_jika_salah)

dengan keterangan:

tes logika: pernyataan logika yang akan diuji

nilai jika benar: hasil yang ditampilkan jika pernyataan logika benar

nilai jika salah: hasil yang ditampilkan jika pernyataan logika salah


3. Rumus IF Bertingkat

Rumus IF pada bagian sebelumnya merupakan salah satu contoh dari rumus IF sederhana. Namun apakah kalian tahu bahwa terdapat pula rumus IF bertingkat? rumus IF bertingkat ini tidak hanya memberikan dua output saja, melainkan bisa lebih dari dua output bahkan bisa sampai 64 tingkat atau cabang  Rumus IF bertingkat ini sering pula disebut dengan rumus IF bercabang, rumus IF majemuk, rumus IF bersarang atau nested if function. Penggunaan rumus IF bertingkat ini akan sangat membantu pula dalam keperluan  output yang lebih banyak sehingga rumus yang diterapkan pun lebih rinci dan detail.


4. Contoh Rumus IF

Sebagai pemahaman lebih lanjut, akan diberikan contoh sederhana terkait pembagian tim berdasarkan nilai yang diperoleh setiap siswa, dengan ketentuan :

  • jika nilai pada sel C3 >= 80 maka masuk ke tim 1

  • jika nilai pada sel C3 < 80 maka masuk ke tim 2

  • jika nilai pada sel C3 < 65 maka masuk sebagai cadangan

dengan ketentuan seperti di atas maka rumus yang dituliskan antara lain sebagai berikut

=IF(C3 >= 80, “TIM 1”, IF(C3< 80, “TIM 2”, IF(C3<65, “CADANGAN”)))


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Yuk, Perdalam Belajar Excel di DQLab

Keterampilan menggunakan microsoft excel saat ini sudah sangat diperlukan dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja. Jika dirinci lebih dalam, excel memiliki segudang manfaat melalui fungsi dan toolsnya yang bermacam-macam. Apakah kalian tahu bahwa kita bisa belajar Excel di DQLab ? Caranya cukup mudah loh,  yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis excel DQLab. Selain itu kita juga dapat belajar bahasa pemrograman lainnya seperti Python, R, dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!