FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 4 Jam 50 Menit 3 Detik 

Grafik Excel untuk Data Visualization Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 08-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/611871c0a9eadcf5417428d352c7f03c_x_Thumbnail800.jpeg

Formula excel adalah adalah ekspresi yang beroperasi pada nilai dalam rentang sel. Formula pada excel digunakan untuk mengembalikan hasil, meskipun hasilnya adalah kesalahan atau error. Dengan formula excel kita dapat melakukan perhitungan seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Selain itu, kita juga dapat mengetahui rata-rata, menghitung persentase pada rentang sel tertentu, memanipulasi nilai tanggal dan waktu, dan masih banyak lagi.


Excel adalah software untuk mengatur dan mengolah berbagai jenis data, mulai dari data numerik yang berbentuk angka hingga data string yang berbentuk huruf atau karakter khusus. Di beberapa kasus, kita harus mengubah angka menjadi teks agar lebih mudah diatur atau diolah. Untuk case semacam ini, kita tidak perlu mengedit data di setiap sel secara manual. Formula text pada excel bisa kita manfaatkan untuk meng-convert data menjadi text, baik single data maupun dikombinasikan dengan formula lain. Bagaimana cara menggunakan formula text? Yuk kita simak cara-cara berikut ini!


1. Mengubah Format Tanggal

Excel memiliki berbagai format tanggal atau date, mulai dari dd/mm/yy/, mm/dd/yy, mm-dd-yyyy, dan format lainnya. Selain menggunakan fitur format yang ada di tab home, kita juga bisa menggunakan formula excel text untuk mengubah format bulan yang awalnya dalam bentuk angka menjadi text. Gambar berikut adalah cara meng-convert nama bulan dan mengubah format date menggunakan formula text.

Excel

Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Kombinasi Formula Text dengan Text Lain

Selain digunakan secara tunggal, formula text juga bisa digunakan dengan menambahkan text berupa kalimat atau kata lain baik di depan atau di belakang data yang akan di-convert. Untuk menambahkan kalimat di sebelum atau sesudah data yang akan di-convert kita harus menuliskan kalimatnya di dalam tanda petik dan dihubungkan dengan tanda “dan” (&). Misalnya, kita ingin menuliskan “potongan harga yang Anda dapatkan adalah Rp 20.000” pada sebuah sel. Kita bisa menggunakan cara berikut ini.


Excel

3. Menambah Angka Di Depan Data

Pernahkah kamu mendapatkan data nomor telepon yang tidak menggunakan angka nol di depan? Apa yang kamu lakukan agar nomor telepon tersebut valid? Apakah menambahkan angka nol di depan secara manual? Nah, kita tidak perlu memperbaikinya secara manual, loh! Yuk intip caranya berikut ini!


Excel

4. Convert Data Ke Format Spesifik

Selain dengan menambahkan nol pada nomor telepon, kita juga bisa mengubah format nomor telepon dengan bentuk atau format tertentu loh. Format ini bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan kita. Agar lebih jelas, yuk simak contoh di bawah ini!


Excel

Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Selain formula text, masih banyak formula excel yang bisa membantu mempermudah pekerjaan kita. Saat ini excel telah menjadi basic skill yang harus dimiliki oleh seseorang di bidang tertentu. Yuk ukur seberapa luas pengetahuan kamu mengenai excel dengan akses kuis excel dari DQLab!


Kuis ini FREE dan bisa kamu akses dengan sign up melalui DQLab.id kemudian masuk ke menu My Class dan pilih menu Quiz lalu klik button excel dan akses kuis persiapan “Quiz Basic Excel”. Selamat mencoba!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :