Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Hacks Pakai Formula Excel, NON IT Wajib Tau

Belajar Data Science di Rumah 10-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/785c20a81cd33a5ac34b577008e11a34_x_Thumbnail800.jpeg

Menguasai formula excel adalah hal penting bagi seorang pemula yang ingin berkarir di dunia data. Excel menjadi tools standar yang harus dikuasai seseorang yang ingin bekerja dengan hal yang berkaitan dengan data, khususnya data analyst. Excel menjadi tools analisis data yang akan selalu digunakan, baik oleh data analyst profesional maupun beginner. Bagi seorang investment bankers dan financial analyst, excel digunakan dalam tahap processing, financial modeling, bahkan saat presentasi.


Tidak hanya digunakan di dunia industri, formula excel juga digunakan dalam akademis, khususnya oleh mahasiswa mahasiswi yang banyak membutuhkan supporting tools untuk menyelesaikan berbagai tugas, mulai dari manajemen database, analisis data, hingga perhitungan data lain. Excel memiliki berbagai fitur yang bisa digunakan untuk mempermudah dan mempercepat pekerjaan kita. Cara menggunakan rumus excel pun beragam, tahukah kamu jika ada berbagai alternatif untuk menggunakan rumus excel? Pada artikel kali ini DQLab akan membahas berbagai cara yang bisa digunakan untuk mempermudah penggunaan formula dasar excel. Jadi tunggu apa lagi, yuk simak hingga akhir!


1. Fitur Insert Function dari Tab Formulas

Fitur insert function digunakan saat kita ingin mengontrol penuh proses penginputan formula. Dengan fitur ini, prosesnya lebih mudah. Pertama, masuk ke tab Formulas kemudian pilih menu pertama yang bernama Insert Function. Kemudian akan muncul dialog box yang berisi semua formula yang kita perlukan. Kita bisa memilih formula yang ingin kita gunakan.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Input Rumus di Cell Excel

Menulis formula di dalam cell adalah metode paling mainstream untuk menggunakan formula dasar excel. Cara ini dimulai dengan menuliskan tanda sama dengan dan diikuti dengan nama rumusnya. Untungnya, excel sudah pandai sehingga kita tidak perlu menuliskan semua nama rumus. Ketika kita menuliskan beberapa huruf, maka rumus  yang mengandung huruf tersebut akan muncul dan bisa kita klik. Ketika formula yang kita inginkan sudah muncul, jangan klik enter, namun klik Tab pada keyboard untuk melanjutkan pengisian formula. 


Excel


3. Button AutoSum

Untuk formula yang sering digunakan, fitur autosum akan sangat membantu kita untuk menemukan fungsi yang sering kita gunakan. Untuk menemukan fitur autosum, kita perlu masuk ke tab home, kemudian di sebelah kanan pada kolom editing kita akan menemukan tombol AutoSum yang dilambangkan dengan tanda sigma. Cukup klik panah ke arah bawah untuk menemukan fungsi yang sering kita gunakan atau klik More Function jika kita ingin menggunakan fungsi lainnya.


Excel


4. Grup Formula di Tab Formula

Opsi ini adalah opsi paling mudah jika kita ingin menggunakan formula yang sering kita gunakan dengan cepat. Untuk menemukan fitur ini, kita bisa masuk ke Tab Formula kemudian pilih grup. Klik grup atau kelompok formula yang ada untuk melihat daftar formulanya. Dari sini, kita bisa memilih kelompok formula yang kita butuhkan. Jika formula yang kita butuhkan tidak ada, kita bisa klik opsi more function dan cari rumus yang sering kita gunakan.


Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Jadi master excel yuk! Belajar formula dan fitur excel dengan modul dari DQLab! Modul DQLab disusun oleh expertise di bidangnya sehingga materi yang akan dipelajari tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, kita juga akan belajar praktik langsung menggunakan data yang mencerminkan data real di dunia industri sehingga kita memiliki gambaran bagaimana kondisi data di industri yang sebenarnya. Selain modul, kita juga bisa mengakses free e-book 24 jam sebagai materi belajar tambahan. 


Selain excel, kita juga bisa belajar bahasa pemrograman R dan Python menggunakan live code editor dari DQLab! klik button di bawah ini atau Sign Up melalui DQLab.id untuk mengakses free modul ‘Introduction to Data Science’ dengan R dan Python! Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login