FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 74 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 6 Jam 45 Menit 23 Detik 

Harus Tau, Ini Keunggulan Excel Tools Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 26-Oktober-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b093899fde40e6e6fea6848a14650de0_x_Thumbnail800.jpg

Excel menjadi salah satu software yang wajib dikuasai apalagi jika kamu ingin bekerja di bidang data. Software ini dapat menjadi awal pembelajaranmu dalam mengolah data. Excel saat ini sudah sangat familiar bagi sebagian besar orang, bahkan dari tingkat sekolah pun aplikasi ini sudah sangat banyak digunakan oleh pelajar baik untuk menghitung, mentabulasi, atau lainnya.


Hal ini dikarenakan salah satu kelebihan dari Excel yaitu fleksibel dan mudah untuk dioperasikan. Selain itu, Excel pun mampu menampung data yang cukup besar. Selain itu, Excel merupakan salah satu software yang less coding, sehingga proses pembuatan tabel atau hal lainnya hanya perlu menggunakan klik saja.


Tentunya ada banyak hal lain yang membuat orang memilih untuk menggunakan Microsoft Excel dibandingkan software lainnya. Ada banyak fitur yang disediakan oleh software ini. Jika kamu sedang mencari tahu tentang kelebihan Excel, maka kamu berada di artikel yang tepat karena disini akan dibahas mengenai kelebihan dari Excel ini. Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!


1. Terintegrasi dengan Microsoft Office

Excel merupakan bagian dari Microsoft Office, sehingga tidak heran jika Excel akan lebih mudah terintegrasi dengan software lain yang dibawahi oleh Microsoft Office, seperti Microsoft Powerpoint, Microsoft Word, dan lain-lain.

excel


Hal ini akan sangat berguna misalkan ketika kita ingin membuat presentasi yang berbentuk lebih visual, atau membuat laporan dinamis di Microsoft Word. Tentu saja karena sama-sama berada di bawah Microsoft Office, maka proses penambahan spreadsheet Excel akan lebih mudah dibandingkan dengan dengan spreadsheet lainnya.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja 


2. Alat untuk Perhitungan dan Pengolahan Data

Selain berfungsi untuk melakukan perhitungan sederhana, Excel juga bisa membantu kamu untuk melakukan perhitungan statistik yang rumit. Ada beberapa rumus perhitungan yang disediakan seperti Math & Trig untuk perhitungan matematika dan trigonometri.

excel


Selain itu, Excel memiliki berbagai fungsi didalamnya yang mampu membantumu untuk melakukan analisis data seperti fungsi Vlookup dan IF.


Ada berbagai fungsi lainnya yang bisa kamu gunakan untuk data-data sederhana seperti SUM, Average, Count, Min, Max dan sebagainya. Penyajian data yang sudah diolah menggunakan Excel juga menjadi lebih akurat dan rapi.


3. Tersedia Fitur Analysis ToolPak

Selain itu, Microsoft Excel juga memiliki manfaat dan fungsi yang baik untuk statistik karena memiliki fitur Analysis Toolpak.

Excel

Adapun fungsi-fungsi yang disediakan pada tools Analysis ToolPak antara lain:

  • Anova: Penggunaan fungsi ini bergantung pada jumlah faktor dan sampel yang anda miliki berdasarkan populasi yang ingin anda uji,

  • Correlation dan Covariance: Kedua tools ini dapat digunakan untuk melihat hubungan antar variabel,

  • Descriptive Statistic: Untuk melihat tendensi sentral dan variabilitas data,

  • Exponential Smoothing, F-Test Two Sample of Variances, Fourier Analysis, Histogram, Moving Average, Random Number Generation, Rank and Percentile, Regression, Sampling, t-Test, dan z-Test.


4. Mudah untuk Melakukan Visualisasi Data

Fungsi terakhir yang disediakan di Excel adalah membuat grafik, tabel hingga diagram dengan cepat. Kamu bisa melakukan pekerjaan visualisasi data secara lebih ringkas dan efisien apabila menguasai tahapan dalam membuat ketiga hal tersebut.

excel


Dengan menggunakan grafik, tabel maupun diagram, kamu bisa melakukan penyajian dan mempresentasikan data menggunakan tools tersebut agar lebih mudah dipahami orang lain.


Ada berbagai jenis grafik yang bisa kamu gunakan seperti Pie Chart, Line Chart, Column Chart, Bar Chart, Area Chart, Scatter dan sebagainya. Sahabat data juga bisa menambahkan warna pada tabel, grafik maupun diagram agar hasil visualisasi data lebih menarik.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Jadi master rumus dasar Excel yuk! Pelajari rumus dan fitur Excel dengan modul dari DQLab! Modul DQLab disusun oleh expertise di bidangnya sehingga materi yang akan dipelajari tidak perlu diragukan lagi.


Ingin ukur kemampuan Excelmu? Yuk, persiapkan diri dengan belajar Excel bersama DQLab. Proses belajar akan lebih seru dan praktis dengan modul yang tersedia! Ada Mini Quiz juga loh yang bisa kamu akses secara GRATIS! Caranya mudah, Sign Up sekarang di DQLab.id lalu pilih Menu Quiz.


Nikmati pengalaman belajar Excel bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan mencoba modul Platinum Excel untuk menguji kemampuan Excel kamu yang bisa kamu akses selamanya.


Persiapkan dirimu untuk berkarir sebagai praktisi data yang kompeten!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :