MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 8 Menit 8 Detik 

IF Else Python untuk Membuat Kondisi Percabangan

Belajar Data Science di Rumah 22-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e974f65a78542d657ce469b3cc5dd598_x_Thumbnail800.jpg

Python merupakan bahasa pemrograman high level yang sedang naik daun terutama untuk pada Data Enthusiast dan praktisi data. Karena merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi maka penulisan sintaksnya juga lebih sederhana, dan mudah dipelajari. Python mendukung library atau package, yang mendorong modularitas program dan reusable code. Untuk bisa menguasai python terdapat banyak materi yang perlu dipelajari, dan kita bisa memulai untuk mempelajari python dari fundamentalnya. Fundamental python bisa kita mulai pelajari dari percabangan seperti IF Else python.


IF else python sangat penting untuk dipelajari, karena dapat digunakan untuk mengantisipasi kondisi yang terjadi saat jalannya program dan menentukan tindakan apa yang akan diambil sesuai dengan kondisi. Dalam artikel ini akan membahas tentang if else python untuk membuat percabangan. Jadi, simak terus artikel ini sampai selesai, ya!


1. Apa itu Percabangan ?

Percabangan dalam dunia pemrograman adalah proses penentuan keputusan atau dalam bahasa Inggris ini biasa disebut sebagai conditional statement. Pengambilan keputusan diperlukan ketika kami ingin mengeksekusi kode hanya jika kondisi tertentu puas. Dengan percabangan kita dapat menggunakan untuk mengambil keputusan apabila di dalam program dihadapkan pada kondisi tertentu. Jumlah kondisinya bisa satu, dua atau lebih. Dalam percabangan python terdapat blok kode yang artinya akan ada indentasi di dalamnya. Sama seperti bahasa pemrograman lainnya yang memiliki pembahasan tentang percabangan. Python pada dasarnya memiliki percabangan yang terdiri dari 2 kondisi. Jika dan jika tidak atau bila dalam bahasa inggrisnya adalah if dan else. Namun juga ada kasus dimana kita punya banyak kondisi yang mengharuskan kita membuat lebih banyak percabangan. Makanya dibuatlah pernyataan elif. Kemudian juga dalam percabangan pasti ada kemungkinan suatu kondisi akan memiliki kondisi lagi di dalamnya. Hal ini disebut percabangan bersarang. Selanjutnya mari kita perhatikan penjelasan dibawah ini.


Baca juga : Belajar Data Science: Kenali Dasar Bahasa Pemrograman Python yang Cocok bagi Pemula


2. If

Dalam percabangan, IF terdiri dari ekspresi boolean diikuti oleh satu baris atau lebih kondisi atau pernyataan. Bila hasilnya benar maka kondisi di dalam blok if tersebut dieksekusi. Bila salah, maka kondisi tidak dieksekusi. Sintaksnya adalah seperti berikut:


angka = 5

if angka > 0:

    print(angka, "adalah bilangan positif.")


angka = -1

# yang berikut akan bernilai False sehingga tidak dieksekusi

if angka > 0:

    print(angka, "adalah bilangan positif.")


output:

5 adalah bilangan positif


3. If..Else

Dalam kasus lainnya terkadang kita membutuhkan suatu kondisi bernilai false ketika data di proses tidak memenuhi kriteria kondisi manapun. Maka untuk mengakalinya kita menggunakan kondisi else. Dimana kondisi ini akan dijalankan sebagai pilihan terakhir ketika semua kondisi sebelumnya tidak ada yang bernilai benar. Oleh karena itu ia ditempatkan di akhir pengkondisian. Sebagai contoh sederhana mari praktekan sintaks berikut:


bilangan = 5


if bilangan >= 0:

    print("Positif atau Nol")

else:

    print("Bilangan negatif")


output:

Positif atau Nol


4. If..Elif..Else 

Berikutnya jika kita ingin menguji lebih dari dua kondisi makan gunakan Pernyataan if…elif…else. Dimana ketika kondisi pada if benar, maka pernyataan di dalamnya yang dieksekusi. Bila salah, maka masuk ke pengujian kondisi elif. Terakhir bila tidak ada if atau elif yang benar, maka yang dijalankan adalah yang di blok else. Mari kita praktikan bersama contoh sederhana dibawah ini:


bilangan = 5.5


# Coba juga mengganti bilangan jadi

# bilangan = 0

# bilangan = -5.5


if bilangan > 0:

    print("Bilangan positif")

elif bilangan == 0:

    print("Nol")

else:

    print("Bilangan negatif")


output:

Bilangan Positif


Baca juga :  Python : Kenali 3 Buku yang Akan Mempercepat Kamu Dalam Belajar Python


5. Yuk, Pelajari Materi If Else Python Bersama DQLab dengan Sistem Livecode yang Interaktif

Belajar data science menggunakan bahasa pemrograman python lebih mudah dan terstruktur bersama DQLab. Karena terdiri dari modul-modul up-to-date dan sesuai dengan penerapan industri yang disusun oleh mentor-mentor berpengalaman dibidangnya dari berbagai unicorn, dan perusahaan besar seperti Tokopedia, DANA, Jabar Digital dan masih banyak lagi. Yuk, belajar terstruktur dan lebih interaktif cukup dengan Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!