TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 50 Menit 49 Detik 

Ikut Beasiswa Gratis Data Science, Persiapan Menjadi Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 16-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c9264c72b3a37346b983c04f82a8ac1a_x_Thumbnail800.jpg

Untuk merintis karir menjadi Data Scientist membutuhkan beberapa syarat yang perlu kamu penuhi, selain harus memahami apa yang dikerjakan oleh seorang Data Scientist. Jika kamu sedang mencari informasi tentang bagaimana cara untuk menjadi seorang Data Scientist, maka ada tiga hal utama yang harus kamu ingat, yaitu pendidikan, pengalaman dan keterampilan. Jika kamu memiliki ketiganya, maka kamu dapat memastikan bahwa kamu dapat terjun ke dalam karir menjadi seorang Data Scientist.


Jika kamu adalah pemula di dunia Data Science, tenang saja karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk mempelajarinya. Karena pada dasarnya ilmu Data Science tidak hanya terbatas di background pendidikan tertentu, mengingat pada era Digital Transformation saat ini, ilmu ini dapat digunakan di semua lini bisnis. Untuk lebih detailnya bagaimana caranya menjadi Data Scientist, yuk, simak ulasan berikut ini!


1. Berpikir Seperti Seorang Data Scientist

Untuk menjadi seorang Data Scientist, kemampuan menganalisa statistik diperlukan untuk memperbaiki perencanaan serta pengawasan, mengidentifikasi masalah, dan mengidentifikasi kapan dan seperti apa tindakan yang diperlukan. Kandidat yang dipilih suatu perusahaan adalah kandidat yang dapat berpikir sebagai Data Scientist, artinya kandidat yang dipilih dapat berpikir sebagai problem solver yang menggunakan metode-metode dengan alasan yang tepat untuk memecahkan suatu permasalahan di perusahaan. Selain itu Data Scientist juga harus mampu berkomunikasi dengan profesi lainnya seperti Software Engineer dan manager perusahaan.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Pengalaman yang Beragam

Jika kamu ingin tahu cara menjadi seorang Data Scientist, maka kamu harus tahu bahwa pengalaman kamu haruslah banyak. Bagaimana jika kamu baru saja lulus dan baru akan mencari pekerjaan pertama. Ada banyak cara bagi kamu untuk mencari pengalaman. Pekerjaan yang stabil dan formal merupakan salah satu cara untuk mendapatkan pengalaman tersebut. Akan sangat menguntungkan bagi kamu jika kamu menggunakan waktu untuk mengikuti kegiatan belajar yang disertai dengan sertifikat atau portofolio.


3. Terus Kembangkan Skill Kamu

Data Science merupakan bidang ilmu yang terus berkembang dengan cepat. Jika kamu ingin merintis karir menjadi Data Scientist, kamu perlu terus menjaga keterampilanmu sebagai seorang Data Scientist. Salah satu caranya adalah dengan terlibat dalam komunitas Data Science agar dapat mempelajari ilmu-ilmu baru dan tools baru yang dapat membantu kinerja pekerjaanmu. Di DQLab, kami memiliki banyak kursus Data Science yang terus berkembang dan dapat membantumu menambah keahlian. Kamu bisa mengambil kursus Python, R, SQL, maupun Excel untuk menambah portofoliomu. 


4. Bootcamp Data Science

Bootcamp Data Science dapat kamu ikuti jika kamu menginginkan pembelajaran Data Science yang intensif dalam jangka waktu tertentu. Bootcamp biasanya diadakan sudah dengan rentang waktu yang tetap misalnya dalam waktu tiga hari, atau sebulan dengan beberapa kali pertemuan. Bootcamp ada yang diadakan oleh lembaga kursus secara mandiri atau berkolaborasi dengan sekolah atau kampus, bisa berbayar atau gratis. DQLab telah beberapa kali mengadakan bootcamp Data Science secara mandiri bagi siapa saja yang ingin belajar Data Science, loh. Ada juga yang berkolaborasi dengan kampus-kampus untuk para mahasiswa kampus tersebut yang tertarik dengan Data Science. Bootcamp ini bisa diadakan secara offline dan online. Namun pada kondisi pandemi seperti sekarang, bootcamp diadakan secara online. Disamping mengurangi penyebaran covid, bootcamp online memudahkan peserta untuk mengikuti pembelajaran secara fleksibel dimana saja di seluruh Indonesia.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Tertarik Belajar Data Science? Mulai Bareng DQLab, Yuk!

Teman-teman tertarik berkarir menjadi Data Scientist? Yuk, gabung dengan SIGN UP di DQLab.id! Tersedia modul-modul pembelajaran Data Science seperti SQL, Python, dan R yang dimentori oleh para ahli data yang berpengalaman di industri. Ada juga project dan challange yang bisa kamu kerjakan dan menjadi bagian dari portofolio datamu. Portofolio data ini cukup penting ketika kamu ingin berkarir di bidang data. Ini akan menambah nilai dirimu di mata perekrut. Setiap modul yang kamu kerjakan di DQLab akan mendapatkan sertifikat gratis, loh! Selain itu juga kamu bisa melihat opportunity yang ada melalui job connector. So, tunggu apa lagi? Jangan lewatkan kesempatan untuk berkarir di bidang data.


Penulis: Salsabila Miftah R

Editor: Annissa Widya Davita



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!