BELAJAR DATA SERU, AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
DAFTARKAN DIRIMU
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 10 Jam 6 Menit 48 Detik 

Ikuti Pelatihan Excel dengan Modul Platinum DQLab!

Belajar Data Science di Rumah 29-Maret-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0d7c365127526667178006314b5953b5_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel atau yang biasa disingkat menjadi Ms. Excel merupakan salah satu tools analisis data yang sering dimanfaatkan oleh banyak orang. Tidak hanya akrab digunakan oleh praktisi data saja, namun profesi lainnya yang juga berurusan dengan data juga akan sering menggunakan Excel. Tidak jarang, Excel dijadikan persyaratan umum dalam lowongan pekerjaan, terutama untuk pekerjaan-pekerjaan yang pasti akan bersinggungan dengan data.


Beberapa waktu belakangan ini, data dianggap sebagai hal yang sangat powerfull dalam proses pengambilan keputusan. Keputusan yang diambil dengan berlandaskan pada data dapat membuat keputusan tersebut menjadi lebih objektif dan sesuai dengan keadaan yang sebenarnya. Penggunaan teknologi digital juga semakin membuka mata para pemilik bisnis untuk melihat sepenting apa data saat ini. Sehingga menguasai Excel tentu menjadi skill yang paling dibutuhkan saat ini. Nah, untuk kamu para pemula yang tidak pernah mempelajari Excel sama sekali, kamu bisa mencoba modul platinum DQLab. 


Kira-kira gimana sih modul Excel yang ada di DQLab? Yuk, simak penjelasannya!


1. Sekilas Tentang Excel

excel

Microsoft Excel merupakan salah satu produk unggulan dari Microsoft. Software ini merupakan tools yang bisa digunakan untuk mengolah data secara sederhana, mulai dari tahapan membersihkan data, membuat summary data menggunakan pivot table, dan masih banyak lagi fitur lainnya yang bisa dimanfaatkan dalam pengolahan data. Awalnya, Excel pertama kali diluncurkan pada tahun 1985 untuk versi Macintosh, sementara untuk versi windowsnya pertama kali diluncurkan pada tahun 1987. Excel menawarkan beberapa fungsi unggulan jika dibandingkan program spreadsheet lainnya. Hal inilah yang kemudian membuat Ms. Excel menjadi program spreadsheet utama hingga saat ini.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Apa Itu Modul Platinum DQLab?

Excel

Modul Platinum merupakan salah satu jenis modul yang disediakan oleh DQLab. Hampir mirip dengan modul Premium, modul Platinum juga sifatnya berbayar. Bedanya, pada modul Platinum, member cukup membayar satu kali saja dan modulnya bisa diakses untuk selamanya. 


Hingga saat ini, modul Platinum yang disediakan oleh DQLab adalah Excel dan Data Analytics saja. Keduanya module tersebut memiliki masing-masing 3 modul platinum. Semua modul Platinum akan diberi label Platinum, jadi Sahabat DQ bisa dengan mudah memilih pelatihan mana yang ingin dipelajari dari module Platinum DQLab.


3. Modul Excel yang Friendly untuk Pemula

excel

Salah satu kelebihan Modul Excel yang ada di DQLab adalah memang dirancang untuk pemula. Ketiga modul ini termasuk ke dalam modul persiapan, dimana bisa dikatakan memuat hal-hal yang bersifat fundamental dalam Excel. Kamu tidak memerlukan basic apapun untuk bisa mempelajari modul ini. Modul pertama berjudul œCara Cepat Menguasai Excel Dasar berisi tentang dasar-dasar pengoperasian Excel, penggunaan rumus dan fungsi, pengolahan data dan grafik, serta 2 modul untuk post test.


Modul kedua berjudul œCara Cepat Menguasai Excel Tingkat Lanjut, dimana isinya lebih ke arah cara mengatasi error, mulai menggunakan fungsi waktu dan tanggal, mengenal range, menggunakan HLOOKUP & VLOOKUP, menggunakan makro, serta membuat Pivot Table. Sementara modul selanjutnya berjudul œData Cleaning dengan Microsoft Excel. Modul ini berfokus pada pengecekan ejaan, serta fungsi-fungsi lainnya yang bertugas untuk membersihkan data.


4. Excel Juga Ada Free Modulenya Loh!

Excel

Nah, untuk kamu yang masih harus berpikir panjang karena biaya yang dibutuhkan masih belum sesuai dengan kantongmu, tenang saja karena kamu tetap bisa menikmati modul Excel dengan mengakses free modul yang tersedia. Cara mengaksesnya, kamu cukup masuk ke kumpulan modul Excel dan pilih yang memiliki label œgratis. Modul ini terdiri dari 3 bab, dimana masing-masing bab terdiri dari satu video pembelajaran dan beberapa quiz. Bab pertama akan fokus ke cara memasukkan data transaksi, bab kedua membahas tentang alamat cell pada Excel, dan bab ketiga mulai menggunakan rumus dan fungsi untuk perhitungan sederhana. Bagi kamu yang belum pernah belajar Excel, modul ini layak dijadikan bahan pembelajaran awalmu kok.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Uji Kemampuanmu Tentang Excel dengan Mengerjakan Quiz di DQLab

Menguji kemampuan perlu banget dilakukan loh, agar kamu tahu dimana titik kelemahanmu sehingga kamu bisa fokus memperbaikinya. Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk menguji kemampuanmu adalah dengan mengerjakan Quiz Excel yang telah disediakan oleh DQLab

Tenang saja, quiz ini gratis kok dan bisa diakses kapan saja. Ada 3 bab yang bisa kamu kerjakan, mulai dari komponen ruang kerja Excel, VLOOKUP, dan grafik. 


Nah, tunggu apalagi? Yuk segera signup di DQLab.id dan mulai belajar Excel sekarang!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :