TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 3 Jam 41 Menit 4 Detik

Ikuti Pelatihan Excel untuk Maksimalkan Skill Data

Belajar Data Science di Rumah 22-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2612db5245c03b7893fef2b176d7faa8_x_Thumbnail800.jpeg

Excel masih menjadi spreadsheet favorit banyak orang hingga hari ini. Spreadsheet adalah program komputer yang digunakan untuk meng-input, menyimpan, menampilkan, serta mengolah data dalam bentuk baris dan kolom. Setiap kolom akan ditandai oleh alfabet, dari A sampai Z kemudian dilanjutkan dengan AA, AB, dan seterusnya. Sementara untuk baris akan ditandai oleh nomor. Satu kotak yang ada di dalam spreadsheet disebut dengan cell. Di dalam cell itulah kita bisa meng-input-kan data. 


Microsoft Excel pertama kali diluncurkan di tahun 1985 dalam versi mac OS. Namun karena Excel terus melakukan update, sehingga penggunanya enggan untuk melirik produk lain. Excel ini disebut sebut sebagai salah satu produk unggulan dari Microsoft. Sebenarnya bukanlah hal yang mengherankan, mengingat Excel adalah skill minimal yang harus dikuasai oleh banyak profesi, terlebih yang bergelut dengan data. Dalam artikel ini akan dibahas hal-hal yang bisa didapatkan dengan mengikuti pelatihan Excel. Yuk, simak pembahasannya


1. Sederhana Namun Powerful

Excel

Excel adalah salah satu tools pengolahan data yang paling sederhana. Pada dasarnya, untuk bisa mengoperasikan Excel, kita tidak harus jago dalam hal pengkodingan, karena untuk memproses data kita cukup klik diperintah yang ingin dijalankan saja. Kalau begitu, hasilnya gak maksimal seperti menggunakan coding, dong? Eits, kata siapa. Meskipun effort yang digunakan untuk memproses data dengan Excel tidaklah serumit saat menggunakan coding, namun kita tetap bisa menemukan informasi yang menarik dari data. Jadi, Excel sebenarnya tidak kalah powerful juga, loh!


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Data Storytelling dengan Excel

Excel

Kata storytelling tidak hanya berlaku untuk manusia yang akan bercerita saja, namun seiring perkembangan zaman, data pun sudah bisa bercerita sendiri atau yang dikenal dengan data storytelling. Data storytelling adalah penyajian data dalam bentuk visualisasi agar data dapat memberikan informasi yang terkandung di dalamnya. Selain informasi, data storytelling juga bisa menampilkan pattern atau pola serta tren dari data. Tanpa harus dijelaskan pun, sebenarnya orang yang menjadi audience bisa menangkap dengan mudah apa yang ingin disampaikan oleh data. Nah, hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan Excel karena ada banyak pilihan chart yang bisa kita gunakan serta bisa dikombinasikan dengan fitur lain yang bisa membuat data menjadi lebih fokus.


3. Eksplor Hal-Hal Baru

Excel

Tidak semua orang menyadari bahwa Excel memiliki banyak sekali fitur yang bisa dimanfaatkan agar mempermudah proses pengolahan data. Mungkin bagi orang yang tidak sering bekerja dengan menggunakan Excel, fungsi Excel hanya lah sebatas spreadsheet untuk menginputkan data saja. Padahal kita bisa membuat summary, melakukan analisis statistik tanpa harus menuliskan rumus, melakukan analisis geospasial, dan masih banyak lagi. Pelatihan yang kita ikuti bisa memberikan pandangan baru mengenai Excel. Karena pada dasarnya dalam pengolahan data, bukan tentang tools yang digunakan melainkan hasil yang didapatkan.


4. Beragam Formula Mempermudah Pengolahan Data

Excel

Meskipun Excel bersifat less coding, namun Excel tetap menyediakan berbagai formula (atau yang biasa disebut dengan rumus Excel) untuk mempermudah proses pengolahan data. Mulai dari fungsi agregasi, logika, statistika, ekonomi, teks, dan lainnya memiliki formula tersendiri di Excel. Namun tentu saja kita tidak diharuskan untuk menguasai semua rumus yang ada. Setidaknya kita bisa menguasai rumus yang sering digunakan. Selain itu, jika kita kesulitan dalam menggunakan formula yang ada, kita bisa melihat di bagian help yang disediakan Excel atau langsung bertanya di Google.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga menyediakan free modul yang berjudul “Free Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi” untuk kamu yang ingin belajar Excel namun tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. 


DQLab sendiri merupakan  platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu. DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk, buruan sign up di DQLab, dan nikmati fasilitas yang ada!


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :