GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 56 Menit 21 Detik 

Implementasi Machine Learning dalam Kehidupan Sehari-hari

Belajar Data Science di Rumah 13-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/31814ddbc355c17300396b3f1a7eae5c_x_Thumbnail800.jpg

Machine Learning tidak hanya bermanfaat bagi pemilik bisnis untuk menemukan inovasi terbaik dalam mengembangkan bisnisnya, namun juga bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari masyarakat biasa. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, membuat kita harus terus beradaptasi dengan teknologi tersebut agar teknologi yang ada bisa membuat banyak hal di kehidupan kita menjadi lebih mudah. Seperti pemanfaatan Machine Learning ini misalnya. Sadar atau tidak, saat ini hampir semua orang menggunakan produk yang telah menerapkan Machine Learning di dalamnya untuk mempermudah pekerjaannya.


Machine Learning merupakan salah satu teknologi yang digunakan untuk meniru cara manusia berpikir. Untuk bisa melakukan hal tersebut, mesin perlu melakukan proses pembelajaran atau yang dikenal dengan istilah training. Semakin sering melakukan pembelajaran, maka akurasi yang dihasilkan oleh mesin akan semakin tinggi. Biasanya, praktisi data dalam menentukan algoritma Machine Learning yang akan digunakan akan melihat algoritma yang memiliki akurasi tertinggi.


Pemanfaatan Machine Learning akan sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari. Beberapa contoh pemanfaatan Machine Learning yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari akan dijelaskan dalam artikel di bawah ini. Yuk, simak pembahasannya!


1. Search Engine

Machine Learning

Siapa yang tidak pernah menggunakan fitur Search Engine atau mesin pencari saat ini? Pasti kalian semua sudah cukup familiar dengan Google, Yahoo!, Bing, dan mesin pencari lainnya kan? Hampir semua orang yang sedang kebingungan pasti akan memanfaatkan fitur ini untuk menjawab pertanyaannya. Tapi pernahkah kamu berpikir kira-kira bagaimana sih caranya mesin itu untuk menampilkan jawaban yang akurat sesuai dengan pertanyaanmu? Yup, betul sekali. Mesin pencarian tersebut mengimplementasikan Machine Learning di dalamnya, sehingga pertanyaanmu akan ditangkap berdasarkan keyword yang ada, lalu menampilkan jawaban yang sesuai dengan keyword tersebut.


Jika halaman hasil pencarian memakan waktu yang cukup lama untuk masuk ke link yang ada di hasil, maka mesin pencari akan mendeteksi itu sebagai error, dan mesin akan belajar lagi untuk menghasilkan data yang lebih sesuai.


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Filter Email yang Bersifat Spam

Machine Learning


Pernahkah kalian melihat folder Spam yang ada di email kalian? Kira-kira gimana sih caranya email tersebut bisa langsung masuk ke folder spam? Ternyata ada Machine Learning di balik itu semua. Machine Learning akan mengklasifikasikan pesan-pesan mana saja yang memenuhi kriteria bisa dikatakan sebagai spam. Sebenarnya, ini tidak hanya terjadi di email, namun pendeteksian spam bisa juga ditemukan di website ataupun media komunikasi yang berbasis software. Salah satu algoritma yang menjadi awal mula adanya algoritma spam filtering adalah algoritma Decision Tree.


3. Videos Surveillance

Machine Learning

Pemanfaatan Machine Learning juga bisa kita temukan dalam Video Surveillance atau pengawasan video. Ini termasuk salah satu teknologi baru untuk mendeteksi suatu tindak kejahatan atau kecelakaan. Dalam hal ini, Machine Learning akan diterapkan dalam CCTV yang ada di sepanjang jalan, sehingga bisa langsung mendeteksi jika terjadinya kejadian tersebut. Biasanya, di negara maju, CCTV sudah bisa digunakan untuk melakukan pencarian penjahat yang sudah menjadi buronan. Dengan adanya Video Surveillance, tentu pencarian penjahat akan menjadi lebih mudah.


4. Asisten Virtual

Machine Learning

Asisten virtual merupakan salah satu teknologi yang cukup membantu, terlebih jika kamu memiliki jadwal yang sangat padat. Kita bisa menanyakan berbagai macam hal kepada asisten virtual, seperti melakukan pencarian di internet, menanyakan cuaca, membuka aplikasi, melakukan panggilan telepon, dan masih banyak lagi. Untuk saat ini, asisten virtual telah tersedia di laptop maupun di smartphone. Untuk laptop dengan OS Windows bisa menggunakan Cortana. Cortana bahkan sudah mempelajari untuk memberikan rekomendasi perintah yang bisa dilakukan oleh penggunanya. Sementara di smartphone Android ada Google Assistant dan di Iphone ada Siri.


Baca juga : Kenali Algoritma Klasifikasi Machine Learning Terpopuler di Tahun 2021


Machine Learning merupakan teknologi yang sangat hebat. Kelahiran Machine Learning seperti realisasi hal-hal yang dulunya hanya bisa dibayangkan terjadi. Sebagai orang yang hidup di zaman yang serba modern, kamu harus bisa menyesuaikan diri dengan teknologi yang ada. Misalnya dengan menguasai Machine Learning. 


Jika kamu tertarik untuk mempelajari Machine Learning, kamu dapat berlangganan sebagai member premium DQLab, karena disana menyediakan pembelajaran yang berhubungan dengan Machine Learning. Selain mendapatkan ilmu tentang Machine Learning, kamu juga bisa mempelajari hal-hal lainnya, karena sekali berlangganan modul premium, maka kamu akan bisa mengakses semua modul premium yang disediakan oleh DQLab. Modul-modul tersebut dibungkus dalam bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh praktisi data seperti SQL, R, dan Python. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up dan nikmati modulnya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!