TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 32 Menit 37 Detik 

Implementasi SQL yang Berguna untuk Profesi Data Science

Belajar Data Science di Rumah 12-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/49600d2acb150c0e94f8c44d65200a1a_x_Thumbnail800.png

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun semakin canggih dan terus diperbarui, salah satu perkembangan teknologi yang menjadi poin penting sebuah ilmu adalah Structured Query Language atau SQL. SQL merupakan bahasa pemrograman yang memiliki sejarah dan proses perkembangan yang panjang.


SQL sendiri selalu digunakan oleh beberapa profesi data, maka dari itu calon-calon pekerja data perlu mempelajari dan memahami SQL sebagai salah satu faktor pendukung pekerjaan. Pada artikel kali ini, DQLab akan menyajikan informasi seputar SQL kepada kalian para calon pekerja data, jadi jangan sampai ketinggalan, ya!


1. Pengertian SQL

Structured Query Language atau SQL merupakan bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk mengakses, mengubah, dan memanipulasi data berbasis relasional atau sistem manajemen penyimpanan berbasis data. SQL menjadi suatu standar komputer yang dikeluarkan oleh American National Standard Institute atau ANSI sejak tahun 1986.


Saat ini, sudah banyak server atau jaringan dalam sebuah database ataupun software dapat mengartikan bahasa SQL sehingga SQL menjadi bahan pembicaraan dan sebuah materi yang sangat penting bagi kalian yang akan bekerja dalam dunia teknologi atau hal-hal yang bersinggungan dengan database relasional.


Baca Juga : Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. Jenis Perintah SQL

Dalam bahasa SQL, terdapat tiga jenis perintah dasar yang dapat digunakan atau diaplikasikan untuk merancang suatu database. Jenis-jenis perintah tersebut sangat sering digunakan karena mudah untuk diimplementasikan. Berikut tiga jenis perintah bahasa SQL.


  • Data Definition Language (DDL)

    Dapat digunakan untuk membuat, merubah atau menghapus struktur database.

  • Data Manipulation Language (DML)

    Dapat digunakan untuk memanipulasi data yang terdapat dalam tabel.

  • Data Control Language (DCL)

    Dapat digunakan untuk mengontrol dan memberi izin akses dalam database.


3. Profesi Data yang Memerlukan Skill SQL

Karena SQL merupakan salah satu materi atau pembahasan yang perlu dipelajari dalam ilmu Data Science, maka dari itu terdapat beberapa jenis pekerjaan atau profesi data yang membutuhkan skill atau keahlian SQL. Berikut beberapa profesi data yang memerlukan skill SQL.


  • Data Scientist.

  • Data Engineer.

  • Business Analyst.

  • Database Administrator.

  • Quality Assurance Tester.


4. Fungsi SQL

Setelah mengetahui pengertian, jenis perintah, dan juga profesi terkait SQL, kalian perlu mengetahui lebih jelas lagi mengenai apa saja fungsi SQL. Karena keberadaan SQL dalam mengelola suatu database dapat memberikan fungsi tersendiri, maka kalian pun dapat menjalankan sebuah query maupun mengambil data yang dibutuhkan.


Tidak hanya itu saja, kalian juga dapat memperbarui, menyisipkan, dan menghapus data dalam database. SQL juga dapat berfungsi untuk membuat sebuah prosedur baru yang akan tersimpan dalam database. Dan fungsi dari SQL yang perlu kalian ketahui adalah SQL dapat mengatur hak akses pengguna terhadap tabel, prosedur ataupun hal penting lainnya.


Baca Juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


5. Dalami Ilmu Data Science Bersama DQLab

Nah, kalian pasti sudah dapat memahami seberapa penting SQL dalam ilmu Data Science. Namun, apabila kalian ingin belajar menjadi suatu profesi data, kalian tidak hanya mempelajari SQL saja, masih banyak lagi materi seputar data yang perlu kalian kuasai. Kalian bisa mempelajari materi lengkapnya dengan sign up di DQLab.id, lalu kalian dapat langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis, lho! Tunggu apalagi? Ayo bergabung bersama DQLab.id dan dapatkan materi lengkap seputar Data Science!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!