TEBUS HOKI! BELI 1 GRATIS 1
Belajar Data 6 BULAN GRATIS 6 BULAN hanya Rp180K!

0 Hari 3 Jam 3 Menit 7 Detik

Implementasikan Sistem Operasi SQL untuk Analisa Data

Belajar Data Science di Rumah 05-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-06-2023-09-06-102439_x_Thumbnail800.jpg

Praktisi data merupakan profesi yang saat ini diimpikan oleh banyak orang. Untuk menjadi praktisi data banyak skill yang perlu dikuasai beberapa diantaranya adalah kemampuan matematika berpikir secara logis bahasa pemrograman sistem informasi pemahaman bisnis dan masih banyak lainnya berbicara mengenai bahasa pemrograman mungkin sebagian besar orang telah mengetahui bahwa bahasa Python sering digunakan oleh praktisi data.


Namun, untuk menjadi seorang praktisi data tidak cukup hanya menguasai bahasa Python sajac melainkan ada bahasa yang kerap digunakan, yaitu SQL. SQL sendiri, berkaitan dengan sistem manajemen database relasional yang dapat diterapkan dengan beberapa sistem operasi SQL.


SQL atau Structured Query Language merupakan bahasa komputer yang digunakan untuk berinteraksi dengan suatu sistem database sehingga pengguna dapat menambahkan mengubah mengupdate serta menghapus data dari suatu sistem database dengan menggunakan SQL. Mengapa perlu menguasai bahasa SQL? Hal ini dikarenakan Setiap perusahaan pasti memiliki sistem penyimpanan data terutama yang selalu update dengan sistem IT.


Sistem data ini biasanya merupakan suatu sistem database yang dapat diakses menggunakan SQL sebagai seorang praktisi data tugasnya tidak hanya menganalisis data yang sudah tersedia saja melainkan juga mengambil memodifikasi dan mengakses sendiri data tersebut. 


Pada artikel ini kita akan mengenali beberapa sistem operasi SQL yang dapat digunakan untuk memudahkan proses analisis data.


1. Operasi Aritmatika

Operasi aritmatika merupakan suatu sistem operasi yang digunakan untuk melakukan perhitungan matematika. Operasi ini tentunya sangat membantu pengguna dalam menghitung atau mencari nilai tertentu. Aritmatika merupakan salah satu cabang ilmu matematika yang pada dasarnya adalah menggunakan operasi penjumlahan, pengurangan, pembagian dan perkalian.


Dengan kata lain dapat dikatakan bahwa matematika merupakan salah satu fungsi yang paling sederhana dalam matematika. Berikut ini contoh penggunaan operasi aritmatika dengan bahasa SQL


SQL




Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Operasi Gabungan

Operasi gabungan merupakan suatu operasi yang berguna untuk melakukan penggabungan operasi dengan cara menetapkan nilai asli ke hasil operasi. Misalnya variabel A sama dengan 10, lalu kita menggunakan tambahan penugasan A += 3, maka output yang nantinya akan muncul adalah 13. Terdapat beberapa macam operasi gabungan yang dapat digunakan di SQL. Perhatikan gambar berikut ini


SQL


3. Operasi Perbandingan

Operasi perbandingan merupakan suatu operasi yang digunakan untuk membandingkan dua nilai dan menguji apakah keduanya sama. Jenis data ini adalah boolean, yang memiliki tiga nilai yaitu TRUE, FALSE dan UNKNOWN. Operasi ini akan sering kita jumpai dalam perhitungan yang melibatkan lebih dari satu nilai. Perhatikan gambar di bawah ini untuk mengetahui beberapa operasi perbandingan yang dapat digunakan.


SQL


4. Operasi Logika

Operasi logika merupakan suatu operasi yang digunakan untuk mengembalikan nilai TRUE atau FALSE. Operasi ini akan mengembalikan nilai TRUE jika kedua ekspresi telah terpenuhi. Operasi ini akan sering kita jumpai dalam perhitungan yang melibatkan logika dan bahkan yang menggunakan lebih dari satu nilai. Perhatikan gambar di bawah ini untuk mengetahui beberapa operasi logika yang dapat digunakan.


SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Pada saat menganalisis data kuantitatif tidak jarang kita akan membutuhkan penggunaan operasi yang disediakan oleh bahasa pemrograman. Jangan khawatir, SQL pun memiliki beberapa operasi yang dapat kamu gunakan untuk memudahkan pekerjaanmu. Kamu bisa langsung coba DQLab yang menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar SQL dari dasar.


DQLab sendiri merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, yuk ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi praktisi data!


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :