Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

TETRIS Program Batch 4: Temukan Jalanmu Jadi Talenta Data Unggulan

Belajar Data Science di Rumah 10-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/tetris-program-company-profile-recovered-2023-11-21-135749_x_Thumbnail800.jpg

Berkolaborasi dengan ragam perusahaan ternama di Indonesia, Tetris Batch 4 siap membantu kamu menemukan jalan untuk mulai berkarir menjadi talent data yang unggulan di bidangnya!


Ingin tahu perusahaan mana saya yang DQLab gandeng untuk Tetris Program Batch 4 ini? Simak informasi dibawah ini ya!



1. Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Indonesia yang fokus pada bidang multimedia dan teknologi informasi. Kampus UMN terletak di daerah Gading Serpong, Tangerang. Universitas ini didirikan pada tahun 2005 dan telah berkembang menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka di Indonesia, terutama dalam menghasilkan lulusan yang kompeten di bidang teknologi informasi, desain, dan multimedia.


UMN menawarkan berbagai program studi di tingkat sarjana dan pascasarjana, termasuk program-program yang terkait dengan ilmu komputer, sistem informasi, desain komunikasi visual, film dan animasi, serta bisnis digital. Dengan fasilitas modern dan dukungan dari tenaga pengajar yang berkualitas, UMN berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang relevan dengan kebutuhan industri kreatif dan teknologi.


Selain pendidikan formal, UMN juga aktif dalam kegiatan penelitian dan pengembangan serta memiliki keterlibatan dalam berbagai kegiatan industri dan komunitas. Universitas ini berusaha menciptakan suasana belajar yang inovatif dan mendukung perkembangan potensi mahasiswa di berbagai bidang kreatif dan teknologi.


Project yang akan peserta Tetris kerjakan pada UMN adalah mengolah data mahasiswa, baik mahasiswa yang existing ataupun mahasiswa baru yang akan masuk ke UMN, tentunya data tersebut termasuk data mahasiswa yang merupakan calon customer, dimana data yang diolah juga data dari sekolah-sekolah di seluruh indonesia. Karena sudah berkolaborasi dari batch sebelumnya, harapannya tim yang berikutnya bisa lebih detail dalam pengolahan data, karena data baru terus masuk ke UMN. Yang akan di handle mulai dari data masuk, data diolah hingga penyajiannya. Tidak hanya handle data mahasiswa namun juga data pembayaran hingga registrasi ulang saat perkuliahan mulai berlangsung. 


2. KGX Logistic

KGX merupakan unit bisnis Kompas Gramedia yang fokus bergerak di bidang penyediaan jasa pengiriman dan pemenuhan kebutuhan logistik berbasis jaringan distribusi yang tersebar luas di Indonesia dengan didukung oleh teknologi terkini. 


Peserta Tetris akan menghandle project yang a cukup beragam, sebagai industri yang berkembang rekan-rekan Tetris yang akan bergabung akan banyak memiliki experience di KGX Logistic, untuk menganalisa data, membuat dashboard, dan technically di data sangat sangat berkontribusi di KGX.


3. Kompas.id (Harian Kompas)

Kompas didirikan pada tahun 1965 oleh P.K. Ojong dan Jakob Oetama. Sejak itu, surat kabar ini telah menjadi salah satu yang paling berpengaruh di Indonesia, dikenal karena liputannya yang mendalam, kritis, dan berimbang terhadap berbagai isu nasional dan internasional. Kompas juga memiliki sejumlah rubrik dan publikasi, termasuk Kompas Minggu, Kompas Ekonomi, dan Kompas Sport.


Kompas Gramedia, yang merupakan kelompok media terkemuka di Indonesia, memiliki kepemilikan utama atas Harian Kompas. Surat kabar ini memiliki oplah yang besar dan dibaca oleh jutaan orang setiap harinya. Kompas tidak hanya tersedia dalam bentuk cetak, tetapi juga melalui platform digitalnya, termasuk situs web dan aplikasi seluler, untuk mengakomodasi pembaca yang semakin mengandalkan media digital. Kompas juga dikenal sebagai pionir dalam industri media daring di Indonesia.


Project yang akan dikerjakan rekan-rekan Tetris adalah data cleansing dan margin data, dimana hasil cleansing data itu akan dijadikan dashboard dan dianalisis serta di consume teman-teman marketing dan event yang membutuhkan data tersebut.


4. Xeratic

Xeratic merupakan perusahaan profesional data, bisnis, dan perangkat lunak yang siap membantu client dan ragam brand dalam proses pengolahan data. Xeratic telah melayani organisasi di seluruh Indonesia untuk membuat keputusan yang lebih baik dengan data sejak tahun 2008.


Mereka akan terjun langsung untuk handle project dengan client partners Xeratic, dan tidak hanya hard skill yang perlu dikuasai namun soft skill pun harus diperhatikan untuk bisa membangun teamwork bisa dijalin dengan tepat sehingga dapat menjawab kebutuhan dari client partners dari Xeratic


5. TBS Food

TBS Food merupakan PT.Tiga Bintang Sejahtera Food, yang berfokus pada pengembangan produk sendiri dan ekspansi wilayah. Bergabungnya Pak Henry pada 2018 memperkuat manajemen, seiring berjalannya waktu, tahun 2019 membuka cabang di berbagai kota. Perusahaan terus berkembang dengan fokus pada produk dan ekspansi wilayah pada 2021. TBS Food, selalu berupaya maksimal untuk menyajikan inovasi produk terbaik guna membuat hidup Anda lebih sehat, aman, dan nyaman. TBS Food berfokus untuk menciptakan produk-produk unggul yang dicintai dan dipercayai oleh masyarakat.


Bersama TBS Food peserta Tetris akan menghandle project yang berkaitan dengan pembangunan pipeline penggerakan data, dari mentah sehingga bisa digunakan user secara interaktif, ETL dan pembangunan pipeline sampai pembuatan dashboard yang bisa digunakan user. End goal dari data yang nanti hasilkan cukup banyak, sehingga tim data ini ingin merangkai menjadi platform yang user friendly.


6. Dreambox

Dreambox adalah lebih dari sekadar agency, Dreambox merupakan mitra dalam mewujudkan impian para Client. Dengan tim yang berdedikasi dari berbagai bidang, termasuk riset, merek, strategi pemasaran, desain, produksi video, pengembangan situs web, SEO, penempatan iklan, hingga penciptaan acara, Dreambox hadir untuk membantu Client mencapai tujuan dan mewujudkan impiannya. 


Project yang akan dikerjakan peserta Tetris adalah, data yang diolah berkaitan dengan customer insight, marketing insight nanti akan belajar bagaimana mengetahui customer behavior, transaction yang bagus, akan menganalisa data serta menarik kesimpulan untuk bisa membangun strategi pemasaran guna membangun bisnis yang lebih baik, data project yang peserta tetris kerjakan nantinya akan sangat memberikan impact bagi client Dreambox.


7. Amtiss

Amtiss merupakan perusahan layanan software yang membantu perusahaan dalam proses maintenance alat-alat beratnya secara efisien termasuk didalamnya pengelolaan sumber daya pelaku maintenance, suku cadang serta proses perencanaan tepat waktu dan terstandarisasi.


Amtiss membangun produk software atau aplikasi yang membantu maintenance perusahaan alat berat seperti kontraktor, mining dan sebagainya. Saat ini project yang Amtiss naungi adalah  pembuatan aplikasi software, untuk menganalisa data mentah dari unit, dengan output untuk memprediksi kerusakan di masa depan dan performance unitnya. Amtiss membutuhkan support rekan-rekan Tetris untuk membuat softwarenya dan menghasilkan formula untuk output sehingga dapat mempresentasikannya ke user. 


8. ICE Indonesia

Indonesia Convention Exhibition (ICE) adalah pusat pameran dan konvensi terkemuka yang terletak di BSD City, Tangerang, Indonesia. Dikenal sebagai destinasi utama untuk berbagai acara bisnis dan hiburan, ICE Indonesia menyelenggarakan pameran industri, konferensi, konser, dan acara lainnya. Dengan fasilitas modern dan luas, ICE Indonesia menjadi tempat strategis bagi pelaku bisnis, penyelenggara acara, dan pengunjung yang mencari pengalaman berkualitas. Sebagai landmark penting dalam industri pameran dan konvensi di Indonesia, ICE terus mendukung pertumbuhan ekonomi dan pertukaran ide di berbagai sektor.


Peserta Tetris Batch 4 akan menghandle project yang secara mendalam dari kualitas untuk membantu perusahaan untuk dapat memutuskan perencanaannya kedepannya akan seperti apa. 


9. BCA 

BCA merupakan salah satu bank komersial terkemuka di Indonesia dengan bisnis inti dalam transaksi perbankan. BCA juga menawarkan berbagai layanan keuangan lengkap di segmen konsumen, UKM, komersial, dan korporat. Pada September 2023, BCA memiliki kehormatan melayani hampir 39 juta rekening nasabah, memproses sekitar 81 juta transaksi harian melalui jaringan 1.252 cabang, 18.705 ATM, serta sistem perbankan internet dan seluler 24 jam; didukung oleh pusat kontak 24/7, Halo BCA. Keberadaan BCA dilengkapi oleh sejumlah anak perusahaan yang fokus pada pembiayaan kendaraan, perbankan syariah, sekuritas, asuransi umum dan jiwa, bank digital, pengiriman uang, serta bisnis modal ventura.

BCA berkomitmen untuk membangun hubungan yang langgeng dengan pelanggan, menempatkan orang pertama, dan memberikan dampak positif pada masyarakat secara luas. Dengan sekitar 25.000 karyawan, visi BCA adalah menjadi bank pilihan dan pilar utama ekonomi Indonesia. Selama proses internship berlangsung, peserta tetris akan menangani project mengenai data konsumen dan juga aplikasi dari BCA itu sendiri.


10. Indotrading

Indotrading.com merupakan direktori bisnis yang mempertemukan penjual dan pembeli dalam skala B2B (business to business). Indotrading adalah Direktori Jaringan Supplier terbesar di Indonesia. Indotrading.com mempunyai fitur RFQ (request for quotation) atau Tender Online yang mempermudah pembeli untuk mencari barang.


Project yang akan peserta handle diantaranya project reporting data untuk penjualan vending mesin, dimana peserta perlu membuat perlunya reporting data untuk menganalisa penjualan per mesin

data yang disediakan dalam bentuk excel dan report yg ditampilkan dalam bentuk chart serta adanya admin interface untuk upload file data excel


Tampilan report berbentuk chart dan bisa diliat data grafik pergerakan per bulan dan per tahun

1. Data penjualan per bulan per mesin dalam bentuk chart

2. Data penjualan produk per mesin dalam bentuk chart

3. Data penjualan berdasarkan produk dalam bentuk chart

4. Data penjualan kategori produk dalam bentuk chart

Berdasarkan data yang diberikan, bisa memberikan analisa konklusi produk apa yang direkomendasi untuk dijual dan untuk mesin apa.



11. Biofarma

Bio Farma Group, berbasis di Indonesia, adalah konglomerat kesehatan yang terdiri dari beberapa perusahaan, dengan Bio Farma sebagai inti yang dikenal sebagai salah satu produsen vaksin terkemuka di Indonesia sejak 1890. Selain Bio Farma, kelompok ini mencakup Bio Medika yang fokus pada alat kesehatan, Bio Pharma dalam bidang farmasi, Biofarma Nusantara yang menekankan riset dan pengembangan kesehatan, Biofarma Trading dalam distribusi produk kesehatan, dan Biofarma Bioteknologi yang khusus dalam pengembangan produk bioteknologi. Bio Farma Group memainkan peran vital dalam mendukung kesehatan masyarakat Indonesia melalui produksi vaksin, obat-obatan, dan inovasi kesehatan lainnya, dengan komitmen untuk terus berkontribusi pada kesejahteraan dan keamanan kesehatan nasional.

Sebagai farmasi grup, end to end data dari manufacturing sampai retail akan handle project yang bervariasi. Nantinya akan membantu teman-teman yang ada di tim data mengenai project yang saat ini berjalan, untuk mengeksekusi project yang sudah ada. Rekan-rekan juga berkesempatan membuat dashboard, analytical project dan teman-teman bisa explore banyak hal. 


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login