Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Ingin Belajar Data Science Gratis? Yuk Intip Kiat Pembelajaran yang Efektif

Belajar Data Science di Rumah 28-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0eed00f6a3b5c3818e1f1ba87cc025dc_x_Thumbnail800.png

Data Science setiap harinya terus berkembang dan membuka peluang karir cemerlang sehingga semakin meningkatnya profesi Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer dan praktisi data lainnya. Kini, para praktisi yang sukses akan memahami dan bekal keterampilan untuk menganalisis sejumlah data besar, pengembangan pada data serta keterampilan pemrograman. Data Science sederhananya yaitu bidang studi interdisiplin yang menggunakan data untuk berbagai tujuan penelitian dan laporan untuk memperoleh wawasan yang bermakna dan berguna dari data. Penggunaan Data Science sendiri sudah banyak ditemukan mulai dari industri kesehatan, finansial, pendidikan, dan masih banyak lagi. Dengan demikian, belajar Data Science dapat memberikan kompensasi besar pada karir. Untuk itu, jika kamu ingin memulai belajar Data Science dan bingung harus memulai dari mana artikel ini sangat tepat untuk kamu. Pada artikel DQLab kali ini akan memberikan kiat cara belajar Data Science secara gratis namun sangat efektif dan aplikatif pembelajarannya. Ingin tahu? Yuk, langsung saja simak artikel berikut.


1. Memahami Pentingnya Data Science

‘Mengapa penting untuk mempelajari Data Science’ pertanyaan ini sering terpikirkan oleh kamu atau mungkin orang-orang yang baru saja mengenal/ memasuki bidang Data Science. Data Science sendiri kini sudah memainkan peran-peran penting pada hampir semua aspek operasi kegiatan sehari-hari dan juga sudah diterapkan di berbagai bidang instansi atau sektor industri. Misalnya seperti menyediakan informasi terkait pelanggan sehingga membantu perusahaan melakukan campaign seperti apa yang cocok serta strategi dalam pemasarannya. Dengan kehadiran Data Science membantu dalam memperkuat dan juga target penjualan produk dapat meningkat.


Pada dasarnya, salah satu manfaat jika kamu mengetahui Data Science adalah sebagai pemberdaya dan juga memfasilitasi decision-making yang lebih baik. Instansi atau perusahaan yang berinvestasi atau mengimplementasikan Data Science akan terbantu dalam mengambil keputusan bisnisnya sehingga menciptakan kinerja yang lebih produktif, tepat dan efisien terutama bisa menekan pengeluaran atau biaya yang harus ditanggung.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. ‘Passion’ dalam Pembelajarannya

Tentunya setiap pembelajaran tidak akan mudah tanpa adanya motivasi dan juga passion, karena keduanya tersebut dapat membantu berjalannya peningkatan pada belajar kamu. Data Science merupakan ilmu yang sangat luas cakupannya, sehingga membuat sulit untuk dipelajari dan bahkan mungkin kamu akan sedikit khawatir karena pembelajarannya yang sulit. Maka, untuk itu, kamu membutuhkan motivasi dan juga passion untuk terus belajar. Jika kamu suka memecahkan masalah atau gemar untuk mencari tahu permasalahan hingga kamu mendapatkan hasil/ jawaban yang memuaskan, hal ini bisa cocok dengan kamu. 


3. Mengimplementasikan ilmu Data Science

Perlu diketahui adanya beberapa pembelajaran yang harus dimiliki oleh praktisi data, hampir 90% praktisi data akan melakukan Data Cleaning, sehingga dibutuhkannya keterampilan algoritma dengan baik akan membantu dalam pekerjaannya. Jika kamu sudah memiliki dasar ilmu seperti Matematika, Statistik, dan komputer sains serta bahasa pemrograman seperti R, Python, SQL, dan lainnya maka sudah saatnya kamu menerapkan teori dan juga pembelajarannya melalui project yang ada. Kamu bisa memulainya dari menyelesaikan masalah dalam komunitas atau peer kamu dan bisa juga mengikuti kegiatan internship atau magang. Dengan langsung turun ke ‘lapangan’ akan membantu kamu menjadi lebih tajam pembelajarannya, selain itu secara tidak langsung kamu sudah memiliki bekal ilmu dan juga portofolio yang bisa dimasukkan ke dalam CV-mu nanti.


4. Memilih Medium Belajar yang Efektif dan Tepat

Menjadi praktisi yang handal seperti Data Scientist, Data Analyst, Data Engineering tidaklah mudah. Hampir banyak data enthusiast yang memiliki cita-cita atau dream job mereka sebagai praktisi data yang handal, dengan demikian membuat mereka sangatlah cermat untuk memilih metode pembelajaran yang efektif bagi mereka. Dengan adanya internet kini belajar Data Science menjadi lebih mudah, karena sudah bisa dilakukan secara online dan juga melakukan networking dengan jangkauan yang lebih luas. Medium yang tepat akan sangat membantu belajar terutama bagi pemula yang baru masuk ke industri data, sehingga pembelajaran yang teratur (konsisten) dan terstruktur sangat dibutuhkan. Kamu bisa mencari sumber medium yang terpercaya, mengikuti forum atau komunitas data, atau bisa juga mengikuti kursus online yang tersedia. 


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Yuk, Kamu Bisa Mulai Bergabung Bersama DQLab untuk Pembelajarannya!

Sedang mencari kursus Data Science? DQLab hadir sebagai solusinya. Jangan khawatir, pembelajaran yang ada di DQLab sendiri sudah terjamin karena module yang tersedia sudah disesuaikan dengan kebutuhan kerja nyata. Selain itu, pembelajarannya pun sangat fleksibel kamu bisa memilih module Premium atau module Platinum sesuai dengan kebutuhan belajar kamu.


Tunggu apa lagi? Langsung daftarkan diri kamu dengan signup di DQLab serta nikmati FREE module “Introduction to Data Science with R” atau “Introduction to Data Science with Python” untuk pembelajaran pertamamu! Selangkah lebih maju dan bersiap untuk menghadapi revolusi industri 4.0.


Selamat mencoba Sahabat Data DQLab!


Penulis: Agnes Nurlisa

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!