Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Ingin Belajar Data Science? Ini 4 Tips Sederhana Memilih Course yang Tepat

Belajar Data Science di Rumah 01-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/df0caa2181d36756abe868591c4acc3b_x_Thumbnail800.png

Mungkin jika kamu ingat kembali 10 tahun yang lalu mungkin saat kamu kebingungan ingin mencari makanan enak yang paling dekat dengan lokasi kamu saat itu, kamu akan minta rekomendasi dari teman. Namun, seiring perkembangan teknologi kini semua itu bukan perkara sulit, karena kamu bisa langsung menelusurinya di mesin pencari melalui referensi media sosial, artikel, hingga situs website seperti zomato. Begitu mudahnya mendapatkan informasi dan data hari ini, ketersediaan data yang melimpah sejalan dengan banyaknya perusahaan yang terdigitalisasi dalam proses bisnisnya.


Untuk mengolah data-data tersebut menjadi sebuah informasi seperti contoh sebelumnya diperlukan skill khusus yaitu bidang ilmu data science. Tak heran jika, data science salah satu skill yang banyak dipelajari oleh orang-orang dengan latar pendidikan yang berbeda-beda. Salah satu cara untuk mendapatkan skill tanpa menempuh pendidikan formal adalah dengan mengikuti kursus data science, itu merupakan keunggulan kursus data science terutama bagi pemula.


Meskipun lembaga kursus offline dan online sama-sama menjamur. Tapi, kursus data science online masih menjadi pilihan. Hal ini dikarenakan kursus Data Science online dinilai lebih fleksibel dalam urusan waktu dan tempat. Lembaga kursus online yang bervariasi pasti membuat kamu bingung dalam memilih lembaga kursus Data Science online yang tepat. Untuk itu berikut ini adalah 4 tips sederhana dalam memilih lembaga kursus data science yang bisa kamu terapkan!


1. Cari Tahu Tentang Kualitas Modul Pembelajaran

Tips yang pertama, jika kamu membeli produk kosmetik ataupun makanan yang kamu cari tau tentunya tentang kualitas dari produknya itu sendiri baik itu kosmetik ataupun makanan. Nah, hal ini pun sama dengan cara memilih lembaga kursus kamu juga harus mencari tahu kualitas produk yang mereka tawarkan dalam hal ini adalah modul pembelajaran. Salah satu rekomendasi lembaga kursus data science online adalah DQLab yang menyediakan modul lengkap dan up to date, sesuai dengan penerapan di industri. Modul-modul tersebut terdiri dari modul bahasa pemrograman python dan R untuk data science, serta bahasa query yaitu SQL. Dimana masing-masing dari modul tersebut memiliki kelas khusus penerapan industri yang berisi tentang proyek real case yang bisa kamu kerjakan dan kamu bangun sebagai portfolio data kamu. Jangan khawatir karena modul pembelajaran yang ditawarkan mulai dari pemula hingga advanced.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!


2. Mentor dan Instruktur yang Kompeten di Bidangnya

Keunggulan lain jika kamu mengikuti kursus data science adalah tentunya berkesempatan dimentori oleh orang yang berkompeten dan berpengalaman dibidangnya. Sebagai contoh di DQLab, mayoritas kurikulum yang tersedia di DQLab disusun oleh para praktisi data handal dari beberapa perusahaan besar dan juga startup seperti Gojek, Jabar Digital Service, DANA, Traveloka, JULO, Xeratic, Telkom Indonesia, dan masih banyak lagi. Dengan kurikulum yang terstruktur dan terprogram yang disusun oleh praktisi data langsung menjadikan materi yang kita pelajari sesuai dengan kebutuhan industri saat ini. Sehingga kamu tidak akan overdosis informasi ketika belajar, karena dengan mengikuti kursus data science materi disusun oleh para mentor yang memiliki kompetensi di bidang tersebut secara terstruktur. Kamu hanya perlu meluangkan waktu dan menyesuaikan jadwal belajar dengan kegiatan lain kamu.


3. Sistem Pembelajaran yang Interaktif

Yang tak kalah penting selain modul dan mentor yang berkualitas, adanya sistem pembelajaran yang interaktif sering diabaikan tetapi ini bisa menjadi salah satu nilai plus dalam memilih kursus data science yang paling sesuai untuk kebutuhan kita diantara banyaknya lembaga kursus di luar sana.  Seperti fitur live code yang disediakan DQLab akan membantu kamu membiasakan diri untuk langsung mempraktekkan teori yang telah kamu pelajari. Selain itu, fitur live code dapat membantu kita melatih pemahaman konsep dari materi yang telah diberikan dan menjadi sebuah tantangan untuk mengasah skill problem solving kita saat menghadapi error pada code program. Dengan fitur live code kamu tidak perlu menginstall software apapun untuk bisa menjalankan program kamu, kamu hanya perlu membekali diri kamu dengan pemahaman konsep dan kemauan untuk terus mencoba untuk menuangkan hasil pemahaman konsep kamu tadi ke dalam barisan kode-kode program di fitur live code, dan jangan lupa bahwa untuk menjadi sumber daya manusia yang mumpuni selain kemampuan teknis tentunya diperlukan juga kemampuan non teknis seperti problem skill. Dengan adanya fitur interaktif seperti ini secara tidak langsung kemampuan non teknis kamu juga ikut terasah.


4. Fitur Lain Seperti Event dan Job Connector

Tips yang terakhir adalah dengan mempertimbangkan fitur lainnya seperti event dan job connector yang secara nyata bisa membantu kamu mengembangkan karir kamu di bidang data science. Dengan mengikuti event-event gratis seperti workshop dan seminar dari narasumber yang berpengalaman dibidangnya tentunya akan sangat menambah wawasan kamu karena bisa langsung bertanya pada ahlinya. Yang tak kalah penting dari itu semua, ada fitur job connector yang akan memberi kamu informasi seputar lowongan pekerjaan ataupun internship, baik di bidang data science ataupun bidang pekerjaan lain yang relevan. Dengan harga yang bersahabat di kantong kamu sudah bisa mendapatkan semua akses tersebut selama 6 bulan lamanya.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Yuk, Belajar Data Science Otodidak Lebih Terarah Bersama DQLab 

Belajar data science otodidak lebih terarah bersama DQLab, selain itu kamu tidak perlu bingung dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science online waktu belajar kamu bisa lebih fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materi-materi yang ditawarkan lengkap dan sesuai dengan kebutuhan industri, disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan!


Penulis: Rian Tineges

Editor: Annissa Widya Davita






Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!