Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Ingin Belajar Data Science Secara Otodidak? Coba Beberapa Sumber Pembelajaran Ini

Belajar Data Science di Rumah 13-Juli-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/33921d91297f706037cbd58acdeebfa0_x_Thumbnail800.jpg

Perkembangan ilmu Data Science yang terlihat cukup menjanjikan, membuat banyak orang yang mulai tertarik untuk mempelajarinya. Namun tidak bisa dipungkiri, bahwa biaya yang ditawarkan oleh beberapa lembaga kursus ataupun bootcamp sangat menguras kantong. Bagi sebagian orang, belajar Data Science secara otodidak lebih baik, terlebih jika mereka telah memiliki ilmu dasar dari Data Science. Akan tetapi, bagi sebagian orang beberapa orang lainnya tidak sanggup untuk belajar secara otodidak, apalagi jika tidak memiliki background pendidikan sama sekali.

Pada dasarnya belajar Data Science bisa dilakukan oleh siapapun, meskipun orang tersebut tidak memiliki background pendidikan STEM. STEM ini merupakan singkatan dari Science, Technology, Engineering, and Math. Jika kamu adalah salah satu orang yang sedang ingin belajar Data Science namun terbatas di biaya, artikel ini mungkin akan cocok untukmu. Karena pada artikel ini akan dibahas mengenai beberapa sumber pembelajaran yang bisa dicoba untuk belajar Data Science secara otodidak. Kira-kira apa saja ya?

1. Youtube

Youtube adalah salah satu media yang bisa kamu coba untuk belajar Data Science secara otodidak. Menurut Katadata, sekitar 93.8% dari total pengguna internet di Indonesia mengakses Youtube dalam satu bulan terakhir. Jumlah ini menjadi jumlah yang paling banyak jika dibandingkan dengan platform media sosial lainnya. Beberapa channel youtube yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar Data Science secara otodidak adalah Corey Schafer, Tech With Tim, Sentdex, StatQuest With John Starmer, dan lain lain. Di beberapa channel ini kamu akan menemukan tutorial, coding, hingga tips-tips mempelajari Data Science.

Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut langkah-langkahnya!

2. Blog

Jika kamu adalah orang yang suka membaca, blog juga bisa kamu manfaatkan untuk menjadi sumber materi pembelajaran otodidak mu. Ada banyak blog yang menyediakan materi tentang Data Science mulai dari level beginner hingga level advance. Beberapa blog yang bisa kamu coba adalah Towards Data Science, DataCamp, Data Science Central, KDnuggets, dan masih banyak lagi. Setiap blog tentu saja memiliki style penulisan yang berbeda-beda, namun tetap mudah dimengerti bahkan oleh pemula sekalipun.

3. Podcast

Namun jika kamu adalah orang yang lebih senang mendengarkan dibandingkan membaca sendiri, mungkin podcast adalah sumber pembelajaran yang bisa kamu coba. Tapi apakah ada podcast yang membahas tentang Data Science? Tentu saja ada. Beberapa rekomendasi podcast yang mungkin bisa kamu dengarkan untuk menambah wawasan terkait Data Science adalah Data Skeptic Podcast, Data Journeys Podcast, dan Toward Data Science Podcast. Isi materi yang disampaikan dari podcast ini tidak perlu diragukan lagi karena yang membawakannya adalah orang yang ahli di bidang Data Science.

4. Kursus Online Gratis

Selain youtube, blog, dan podcast, kursus online gratis di bidang Data Science juga bisa kamu coba untuk menemani proses belajar Data Science mu. Kamu bisa mengikuti program Digital Talent Scholarship (DTS) yang diadakan oleh Kominfo dan bekerja sama dengan beberapa lembaga kursus Data Science online di Indonesia, salah satunya adalah DQLab. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan program kartu pra kerja yang diberikan oleh pemerintah untuk mendapatkan kursus online Data Science secara gratis.

Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!

5. Coba Modul Gratis DQLab, Yuk!

Jika kamu adalah salah satu orang yang tidak berhasil lolos seleksi DTS dari Kominfo ataupun tidak terdaftar sebagai pemegang kartu pra kerja, mungkin kamu bisa mencoba modul gratis yang disediakan oleh DQLab. Saat ini, ada dua modul gratis yang disediakan oleh DQLab, yaitu Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data Science with Python. Kamu bisa menikmati modul gratis ini hanya dengan membuat akun di DQLab. Menarik banget kan? Yuk, tunggu apa lagi? Buruan daftar dan nikmati modul gratisnya!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!