[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 42 Menit 34 Detik 

Ingin Belajar Data Science Secara Otodidak? Ini Caranya!

Belajar Data Science di Rumah 23-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/67bb586205695b374ae8348588cf24a1_x_Thumbnail800.png

Zaman ini merupakan zaman dimana hampir seluruh kegiatan dapat dilakukan secara digital atau online, contohnya berbelanja kebutuhan sehari-hari, sekolah, mencari informasi mengenai sesuatu hal, dan masih banyak lagi. Dengan zaman digital ini, hampir seluruh informasi terdapat dalam internet dan berbentuk data.


Karena seluruh masyarakat pastinya membutuhkan informasi, muncullah beberapa profesi yang berkaitan dengan data untuk memudahkan hal tersebut, yaitu Data Science. Profesi-profesi tersebut adalah Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. Ketiga profesi tersebut selalu berkaitan dengan data dan memiliki dasar ilmu yaitu Data Science. Di artikel kali ini, DQLab akan memberikan kalian cara-cara untuk mempelajari Data Science secara otodidak. Yuk, simak bersama-sama!


1. Pemahaman Masing-masing Profesi dalam Bidang Data

Mempelajari Data Science secara otodidak tidak terlalu sulit untuk dilakukan, namun untuk memulai langkah pertama, kalian perlu mengetahui terlebih dahulu seperti apa profesi-profesi yang tersedia dalam bidang data, tidak lupa juga dengan tanggung jawab yang perlu dilakukan. Profesi-profesinya adalah Data Analyst, Data Scientist, Data Engineer, Business Analyst, Developer atau Developer Operations.


Semua profesi yang telah disebutkan memiliki perbedaan yang cukup signifikan, namun tetap berkaitan satu sama lain. Contoh sederhananya adalah Data Analyst merupakan profesi yang bertanggung jawab dalam proses analisis data yang telah tersedia, sedangkan Data Scientist yang akan melakukan pembuktian hingga penarikan kesimpulan. Setiap profesi yang terdapat dalam bidang data ini akan selalu berkaitan dengan hal-hal berbau teknis, seperti bahasa pemrograman, machine learning, dan lainnya.


Baca juga : Belajar Data Science Secara Otodidak? Berikut Langkah-langkahnya!


2. Kuasai Skill Dasar Data Science

Jika kalian sudah memahami masing-masing profesi, langkah selanjutnya adalah kalian perlu mengetahui dan belajar untuk menguasai skill-skill dasar yang diperlukan sebagai pegangan atau sokongan untuk menjadi salah satu dari profesi-profesi yang ada dalam bidang data. Skill-skill yang perlu kalian miliki adalah bahasa pemrograman seperti Python dan R, statistika, visualisasi data, aljabar, machine learning, dan masih banyak lagi. 


Skill-skill tersebut perlu kalian kuasai agar kedepannya jika kalian menjadi salah satu profesi dalam bidang data, pekerjaan kalian akan menjadi lebih mudah dan efisien. Selain itu juga, dari mempelajari skill-skill dasar yang telah disebutkan, kalian bisa memperluas lagi pembelajaran kalian dalam bidang lainnya yang terkait dengan Data Science.


3. Ketahui Manfaat Data Science dalam Berbagai Bidang

Banyak orang yang sudah mengetahui manfaat Data Science dalam bidang bisnis, oleh karena itu telah banyak profesi terkait seperti Data Analyst dan Data Scientist yang dipekerjakan dalam perusahaan-perusahaan besar hingga startup. Namun, manfaat Data Science tidak hanya sampai di bidang bisnis saja, apabila suatu perusahaan memiliki suatu produk atau jasa, maka kalian memerlukan Data Science.


Mengapa? Data Science tidak hanya membantu perusahaan untuk mencari informasi, namun Data Science dapat digunakan oleh berbagai divisi dalam perusahaan, seperti marketing dan HR. Data Science dapat digunakan untuk mengetahui perilaku konsumen yang dimana merupakan salah satu faktor penentu berlangsungnya suatu perusahaan.


4. Pilih Platform yang Sesuai Untuk Belajar

Jika kalian akan mempelajari Data Science secara otodidak, kalian perlu menentukan juga platform atau media seperti apa yang akan kalian gunakan untuk mempelajari hal tersebut. Contohnya, kalian bisa menggunakan website-website yang memiliki materi mengenai Data Science, akun Youtube yang memberikan pengajaran terkait Data Science, atau bahkan tempat kursus, baik online maupun offline.


Setiap platform yang kalian tentukan untuk belajar Data Science pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, apabila kalian belajar otodidak lewat website dan Youtube tentunya kalian akan sedikit kesulitan dalam mencari materi berbeda dan mendapatkan pembelajaran yang tuntas. Sedangkan apabila kalian menggunakan kursus, bisa dibilang kalian tidak perlu memikirkan materi, kalian hanya perlu mengeluarkan biaya secukupnya untuk belajar dan mendapatkan sertifikat.


Baca juga : Mulai Belajar Data Science GRATIS bersama DQLab selama 1 Bulan Sekarang!


5. Jadikan DQLab Tempat Kalian Belajar Data Science!

DQLab merupakan salah satu kursus online Data Science berbasis elearning, seperti yang telah disampaikan sebelumnya, kalian bisa mendapatkan keuntungan dengan mengikuti kursus. Dengan DQLab, kalian bisa mendapatkan keuntungan lainnya, yaitu module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’ untuk kalian kerjakan secara cuma-cuma. Penasaran bagaimana caranya? Kalian hanya perlu sign up di DQLab.id, setelah itu kalian bisa langsung mengerjakannya. Ayo, tunggu apalagi? Cepat gabung bersama DQLab.id untuk belajar Data Science!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!