TIKET DQGRATIS UNTUK KAMU!
Sesi Belajar Excel Basic hingga Visualisasi Data Sederhana bersama DQLab  
DAFTAR SEKARANG
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 17 Jam 54 Menit 26 Detik 

Ingin Belajar Excel? Kenali Beberapa Permasalahan Umumnya Yuk!

Belajar Data Science di Rumah 05-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ec6260c10e3a714a1a5db920af33b5ee_x_Thumbnail800.jpeg

Microsoft excel merupakan salah satu aplikasi pengolah data yang cukup populer dan sering digunakan. Aplikasi ini sering digunakan karena memiliki banyak tools dan fitur yang membantu menyelesaikan permasalahan data. Namun seringkali pula ketika kita menggunakan aplikasi microsoft excel ini kita menemukan kendala atau permasalahan seperti error, file tidak bisa diedit, dan masih banyak lainnya. Oleh karena itu pada artikel kali ini kita akan mengetahui beberapa permasalahan pada excel dan memberikan tips cara membuka excel yang tidak bisa diedit.


Microsoft excel merupakan aplikasi yang sudah sering digunakan baik oleh pelajar, mahasiswa, dan lainnya. Karena seringnya menggunakan aplikasi ini kita pun sering tidak sadar kesalahan apa yang kita hadapi atau tidak menyadari bahwasannya ada cara atau rumus yang lebih mudah yang dapat kita gunakan. Kita cenderung menggunakan cara yang sudah biasa kita gunakan. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa permasalahan umum ketika kita menggunakan excel dan beberapa tips mengatasinya.


1. File Excel Lambat


Permasalah perangkat atau aplikasi yang lambat merupakan permasalahan yang cukup sering terjadi. Permasalahan excel yang crash atau lambat tidak hanya dirasakan oleh pemilik data berukuran besar, akan tetapi dirasakan pula oleh pemilik data berukuran kecil pula. Biasanya terdapat beberapa penyebab file excel lambat antara lain seperti hidden objek, masalah jaringan, macro/VBA code, disable animasi conditional formatting rule yang ganda, rumus yang rusak dan lain-lain. Oleh karena itu kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa penyebab file excel lambat sehingga kita bisa menemukan solusi yang tepat.


2. Tidak Menggunakan Rumus yang Efisien


Seperti yang telah kita ketahui bahwa microsoft excel memiliki beragam fungsi atau rumus yang tersedia. Namun hal ini pula bisa menjadi masalah bagi orang yang sering menggunakan excel. Apakah masalahnya? Masalahnya adalah penggunaan rumus yang kurang efisien. Pengguna yang sering menggunakan excel namun kurang update terhadap rumus-rumus excel yang begitu banyak cenderung menggunakan rumus yang ‘itu-itu saja’ sehingga kurang memaksimalkan fitur-fitur yang ada di dalam microsoft excel.


3. File Terbuka Sebagai Baca-Saja


Ketika pertama membuka file excel, terkadang kita mengalami permasalahan file terbuka sebagai baca-saja secara tidak terduga. Biasanya permasalahan ini muncul ketika pengguna berusaha untuk mensinkronkan dokumen yang memerlukan cek masuk di OneDrive atau dikarenakan antivirus yang digunakan. Solusi dari permasalahan ini salah satunya adalah memeriksa penyedia antivirus untuk menyesuaikan pengaturan aplikasi.


4. Membuka Excel yang Tidak Bisa Diedit


Permasalahan selanjutnya adalah seringkali kita membuka file excel namun tidak dapat diedit atau terdapat tulisan protected view, dll. Terdapat langkah-langkah untuk mengatasi hal tersebut, antara lain:

  1. membuka microsoft excel

  2. pilih menu file - options - advanced

  3. di bawah menu editing options, pastikan allow editing directly in cells sudah dalam keadaan terceklist

Jika cara di atas sudah dilakukan dan masih belum berhasil, maka ada kemungkinan file excel mengalami corrupt



Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Meniti Karir Menjadi Praktisi Data Bersama DQLab


Data pada masa kini menjadi hal yang tidak asing bagi kita. Begitu pula dengan profesi yang berkaitan dengan data seperti data scientist, data analyst, data engineer, dan masih banyak lainnya. Profesi tersebut pun memiliki peminat yang banyak. Kita dapat mulai belajar menjadi praktisi data dengan cara mengikuti kursus online di  DQLab. Caranya sangat mudah, yaitu cukup signup di DQLab dan nikmati momen belajar gratis bersama DQLab dengan mulai mengakses modul gratis dari R, Python atau SQL untuk meningkatkan kompetensi dalam rangka persiapan menjadi data scientist. Yuk, mulai bangun portofolio datamu!


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!