GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 18 Jam 34 Menit 34 Detik 

Ingin Berkarir Jadi Data Scientist? Berikut Tips dan Caranya!

Belajar Data Science di Rumah 21-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4cedb6270517e912a60c93797163e769_x_Thumbnail800.png

Data Scientist menjadi profesi yang semakin bersinar di era transformasi digital seperti sekarang. Sebagai orang yang berada dibalik kendali teknologi pengolahan data, kebutuhan industri akan praktisi pada profesi ini semakin meningkat karena perannya yang sangat penting. Peluang kerja yang semakin meningkat menyebabkan Data Scientist juga memiliki persaingan yang semakin ketat.


Bagi kamu yang ingin berkarir menjadi Data Scientist, namun tidak memiliki background pendidikan STEM tidak perlu khawatir, karena background pendidikan bukanlah syarat utama untuk bisa berkarir menjadi Data Scientist.


Melalui artikel ini, DQLab akan memberikan cara dan tips yang bisa membantu kamu untuk memulai karir menjadi data scientist! Penasaran kan? Yuk, langsung simak artikel dibawah ini!


1. Menguasai Skill yang dibutuhkan

Skill yang dibutuhkan dari Data Scientist bukan hanya sekedar menganalisis data saja, namun terdapat berbagai hard skill maupun soft skill lainnya. Menguasai dan meningkatkan skill akan menjadi nilai lebih bagimu untuk memulai karir dan mendapatkan kepercayaan dari perusahaan.


Beberapa hard skill penting Data Scientist adalah kemampuan dalam statistika, bahasa pemrograman, database management dan visualisasi data. Kemampuan statistika diperlukan karena Data Scientist harus mengolah data menjadi informasi penting. Keterampilan satu ini menjadi kunci dalam menyimpulkan data yang diolah dan membuat perkiraan. Ada banyak bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh Data Scientist seperti Phyton dan R. Data yang telah rapi dan diolah harus disimpan dengan baik, salah satunya dengan cara melibatkan software untuk database management seperti SQL serta Oracle. Kemampuan satu ini juga sangat penting karena informasi yang dapat dipahami akan semakin mudah untuk ditindaklanjuti. Visualisasi data juga menjadi salah satu skill yang wajib untuk dikuasai oleh Data Scientist.


Seorang Data Scientist juga harus memiliki soft skill seperti kemampuan problem solving, komunikasi dan kerjasama tim yang baik.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Memahami Tugas dan Tanggung Jawab Data Scientist

Untuk Berkarir menjadi Data Scientist tentu harus memiliki persiapan terlebih dahulu termasuk pemahaman akan tugas dan tanggung jawab profesi tersebut. Tujuannya, agar kamu mengenal lingkungan kerja yang biasa ditemui oleh Data Scientist. Selain itu, dengan memahami tugas dan tanggung jawab tersebut, kamu akan lebih mengetahui skill maupun kompetensi yang harus dikuasai.


Beberapa tugas dan tanggung jawab Data Scientist adalah melakukan riset untuk kebutuhan data, mampu menganalisis, mengidentifikasi dan mengolah berbagai macam Data (Big Data), menafsirkan data secara jelas ke dalam bentuk visualisasi data maupun prototype, memberikan saran bisnis, memahami tools database dan sebagainya. Apabila memahami hal-hal tersebut, kamu akan mendapatkan gambaran mengenai apa yang akan dikerjakan nantinya.


3. Pentingnya Tools Bagi Data Scientist

Banyak tools yang sangat berperan dalam membantu Data Scientist menjalankan tugas dan pekerjaannya dengan baik. Setelah memahami tugas pada profesi satu ini, kamu akan menemukan bahwa penggunaan berbagai tools dibutuhkan dalam prosesnya. Tools-tools yang sering digunakan oleh Data Scientist dalam praktik kerjanya adalah Python, SQL, Tableu, Power BI, MATLAB, Excel dan sebagainya.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Bangun Portfolio Data dan Perbanyak Relasi

Portfolio menjadi salah satu hal yang sangat dibutuhkan untuk melamar kerja karena bisa memberikan suatu pertimbangan bagi perusahaan untuk menilai kamu dari segi skill serta pengalaman. Kamu dapat membangun portofolio bersama DQLab dengan berbagai proyek data sebagai salah satu bentuk representasi project real case industry. 


Tidak bisa dipungkiri bahwa relasi atau networking adalah hal yang penting untuk memulai karirmu menjadi Data Scientist. Dengan memperbanyak relasi, kamu bisa melakukan banyak hal seperti pertukaran ide dan membuat namamu semakin dikenal. Pertukaran ide dilakukan agar kamu mengetahui tren Data Science, tanggapan Data Scientist mengenai tren tersebut, bahkan saling membantu dalam meningkatkan skill. 


5. Belajar Secara Praktis dan Aplikatif Bersama DQLab!

Memulai karir untuk menjadi Data Scientist tentu memerlukan berbagai skill dan kompetensi khususnya penerapan ilmu Data Science dalam pekerjaan tersebut.


Sekarang, gaperlu takut atau bingung untuk memulai karirmu menjadi Data Scientist yang kompeten. Yuk mulai belajar Data Science secara fun dan praktis bersama DQLab. Caranya gampang, mulai sign up di DQLab.id sekarang dan nikmati pengalaman belajar yang seru dan aplikatif!


Selamat Belajar Sahabat Data DQLab!

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!