[LAST DAY] MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 2 Menit 40 Detik 

Ingin Berkarir Sebagai Data Analyst? Ini Skill Dasar yang Wajib Dikuasai

Belajar Data Science di Rumah 06-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/98609bb6ba15067fd3c38371859b7a87_x_Thumbnail800.png

Tertarik menjadi Data Analyst? Maka kamu wajib menguasai skill yang dibutuhkan. Data Analyst saat ini merupakan profesi yang sedang hits baik di kalangan data enthusiast maupun yang baru terjun di dunia data. Data Analyst banyak dibutuhkan perusahaan dan instansi dengan tawaran gaji yang tinggi hingga jenjang karir yang menjanjikan. Apa sih tugas Data Analyst? Data Analyst bertugas mengumpulkan, mengelola, menganalisis, hingga menyajikan data. 


Apa bedanya dengan profesi data lainnya? Ada beberapa profesi data lainnya yaitu seperti Data Scientist, Data Engineer, Database Administrator, dan lain sebagainya. Setiap profesi tersebut memiliki skill tertentu yang wajib dimiliki. Secara umum Data Analyst harus mampu menganalisis data untuk menemukan informasi yang berguna bagi perusahaan. Namun ada beberapa skill yang wajib kamu kuasai untuk menjadi seorang Data Analyst yang handal. Apa saja? Simak di bawah ini, yuk!


1. Ilmu Statistika dan Matematika

Kamu pasti sudah sering mendengar mengenai ilmu matematika dan statistika. Mengapa penting dikuasai Data Analyst? Tugas Data Analyst tidak terlepas dari pengolahan data menggunakan rumus matematika dan statistik. Sehingga perlu pemahaman yang baik terhadap ilmu tersebut. Beberapa teknik statistik yang sering digunakan untuk mengolah data yaitu antara lain mean, median, standar deviasi, analisis inferensial, dan sebagainya. Kamu bisa memulainya dengan mengolah data sederhana menggunakan teknik statistik yang sesuai. Kemudian jika sudah benar-benar memahaminya, lanjutkan mengolah data yang lebih besar. 


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman penting dikuasai Data Analyst karena digunakan dalam membantu pengolahan data lebih cepat dan akurat. SQL, Python, dan R adalah beberapa contohnya. SQL digunakan untuk mengakses dan mengorganisir data. Python digunakan Data Analyst untuk mengolah data hingga menyajikan data dalam bentuk grafik atau plot. R digunakan untuk pengolahan data dengan macam-macam teknik statistik yang disediakan serta memudahkan visualisasi data yang interaktif. Namun jika masih kesulitan belajar coding, kamu bisa sambil memperdalam kemampuan Excel. Software pengolah angka dari Microsoft ini juga sering digunakan untuk mengolah data hingga membuat visualisasi data yang menarik.


3. Kemampuan Analisis dan Visualisasi

Data Analyst berarti kamu dituntut untuk memiliki kemampuan analisis yang baik. Kamu harus mampu mendefinisikan data, mengkategorisasikan data, serta mengolah data hingga menemukan informasi berupa insight yang berguna. Hasil dari analisis ini akan disajikan dalam bentuk grafik, plot atau ikon-ikon lain yang interaktif. Oleh karena itu, seorang Data Analyst juga harus mempunyai skill dalam membuat visualisasi data yang interaktif dan mudah dipahami oleh orang lain atau tim terkait di perusahaan yang membutuhkan informasi tersebut. Tableau merupakan salah satu tools yang sangat memudahkan visualisasi data.


4. Kemampuan Komunikasi yang Baik

Selain hard skill, Data Analyst juga wajib memiliki soft skill salah satunya komunikasi yang baik. Untuk apa kemampuan tersebut? Bukankah hanya perlu mengolah data? Tentu tidak. Data Analyst selain mengolah data hingga memperoleh informasi juga harus bisa menyampaikan insight yang ada dalam informasi tersebut secara jelas dan mudah dipahami tim lain. Dari visualisasi yang telah kamu buat, kamu harus mampu menjelaskan bagian-bagiannya, alasan dari kesimpulan yang kamu dapatkan, analisis yang dilakukan berdasarkan data apa saja, dan lain sebagainya. Jadi tim lain bisa memahami asal muasal data hingga menjadi insight yang kamu berikan. 


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


5. Mulai Belajar Mengolah Data, Gratis!

Tertarik belajar data tapi masih pemula? Jangan khawatir! Kamu bisa memulai dari hal kecil seperti mengolah data dalam jumlah kecil, menerapkan teknik-teknik statistik yang mudah, dan membuat visualisasi data sederhana. Jika terasa masih kurang, kamu bisa mengikuti kursus data science yang memiliki modul terstruktur yang fokus pada kompetensi Data Analyst. Modul tersebut bisa kamu temukan di DQLab, gratis! Bagaimana caranya? Kamu cukup mendaftar di DQLab.id kemudian ikuti instruksinya. Setelah berhasil mendaftarkan kamu sudah bisa akses ke modul gratis Python dan R. Pelajari modulnya dan dapatkan sertifikat gratisnya.


Penulis: Dita Kurniasarii

Editor: Annissa Widya


Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!