PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 18 Jam 13 Menit 2 Detik

Ingin jadi Data Engineer? Ini Tips Pilih Coursenya

Belajar Data Science di Rumah 23-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b8fd7448-faf6-401a-9c76-f34407fcffc1-2023-08-23-214715_x_Thumbnail800.jpeg

Profesi data engineer adalah salah satu profesi praktisi data yang semakin hari semakin berkembang seiring dengan berkembangnya data yang semakin besar. Profesi data engineer ini bertanggung jawab dalam mengubah data dalam jumlah besar menjadi data yang bisa diakses dengan mudah dan juga dapat menghasilkan inputan dan informasi baru yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sekarang banyak sekali perusahaan yang membutuhkan profesi data engineer ini. Karena banyak dibutuhkan maka banyak orang juga yang ingin memulai untuk mencoba memperdalam ilmu sebagai seorang data engineer.


Untuk menjadi seorang data engineer ada banyak sekali caranya seperti mengikuti studi yang berkaitan dengan data engineer, kalian juga bisa mengikuti bootcamp online, kalian juga dapat mengikuti course atau kurus, atau bahkan jika kalian memiliki kemampuan, kalian bisa mempelajarinya secara mandiri. Jika kalian berminat untuk mengikuti kursus data engineer maka kalian harus memperhatikan beberapa hal. Nah, DQLab memiliki tips untuk kalian para pemula yang ingin mengikuti kursus data engineer. Simak tipsnya ya!


1. Materi Pembelajaran

Hal pertama yang harus kalian perhatikan adalah materi pembelajaran di dalamnya. Karena setiap tempat kursus memiliki perbedaan dalam segi materi yang diajarkan. Ada beberapa tempat kursus yang memiliki materi sedikit dibandingkan dengan kursus lainnya. Pastinya dengan materi yang sedikit pasti akan mengakibatkan tidak efektifnya cara belajar pada saat kursus dan kurangnya ilmu yang didapatkan. Maka dari itu kalian perlu untuk membandingkan materi yang ada di tempat kursus satu dengan kursus yang lainnya, sehingga ketika kalian sudah mengikuti program kursus tersebut kalian akan mendapatkan ilmu yang maksimal.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Biaya Pengeluaran

Salah satu alasan banyak sekali orang yang memilih belajar secara otodidak adalah dengan alasan keterbatasan biaya. Dengan kalian memilih untuk belajar secara otodidak maka kalian tidak perlu mengeluarkan biaya yang besar, karena kalian tidak perlu mengeluarkan biaya untuk pihak kedua yang membimbing kalian dalam belajar. Mungkin biaya yang akan kalian keluarkan hanyalah biaya internet saja yang digunakan untuk mencari materi yang kalian butuhkan. Namun, jika kalian memilih untuk mengikuti kursus maka diperlukan biaya. Tetapi biaya ini sangat sepadan dengan apa yang akan kalian dapatkan. Dengan catatan kalian bisa memilih tempat kursus yang tepat dengan modal yang kalian punya.


3. Kualitas Mentor atau Pengajar

Selanjutnya yang bisa kalian perhatikan adalah kualitas mentor atau pengajar yang ada di dalam tempat kursus tersebut. Pastinya kalian ingin mendapatkan seorang mentor yang profesional dan berkompeten dalam bidangnya. Maka dari itu penting bagi kalian yang ingin mengikuti program kursus ini untuk melihat dan memperhatikan kualitas dari tenaga pengajar di dalamnya. Salah satu bentuk bukti dari kualitas mentor atau pengajar ini adalah memiliki latar belakang yang sesuai dengan bidangnya atau sudah pernah membuat project data dan memiliki sertifikat.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Jenjang Karir

Salah satu bentuk tempat kursus yang tepat adalah dapat membuka peluang karir yang sangat besar, dibandingkan dengan belajar secara mandiri. Ketika kalian sudah menyelesaikan masa belajar data engineer di tempat kursus, maka kalian akan memiliki sertifikat sebagai bukti bahwa kalian sudah mahir pada bidang tersebut. Selain itu, bukti lainnya adalah project yang berhasil kalian buat dan memiliki sertifikatnya juga. Bukti inilah yang tidak kalian dapatkan ketika kalian belajar data engineer secara mandiri. Dalam jangka waktu tertentu juga, sertifikat ini bisa kalian jadikan sebagai bekal saat mencari pekerjaan.


Yuk, bulatkan tekad kamu mulai berkarir atau witch karir di bidang data analyst sekarang juga. Ngga usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login