PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 18 Jam 10 Menit 37 Detik

Ingin Jadi Data Engineer? Yuk, Pemula Catat!

Belajar Data Science di Rumah 28-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b1162884fa0f74ef74b9ce68dde329bf_x_Thumbnail800.jpeg

Seorang data engineer tidak hanya cakap dalam keterampilan teknis saja. Namun juga memiliki kemampuan dalam hal soft-skill alias keterampilan pendukung. Data engineer merupakan salah satu profesi yang bertugas untuk menghubungkan keseluruhan potongan ekosistem data di dalam suatu perusahaan ataupun organisasi. 


Tugas yang tidak kalah pentingnya adalah mengumpulkan, mengaudit, dan membersihkan data dari sistem dan aplikasi agar dapat digunakan, membuat dan memelihara database yang efisien. Dalam menjalankan tugas-tugas berikut, tentu saja sangatlah penting bagi data engineer untuk mengaplikasikan soft skill karena pastinya disana akan ada proses kerjasama, komunikasi, dan critical thinking atau berpikir kritis.


Soft-skill seperti inilah yang pastinya akan menjadi lampu hijau bagi HRD agar bisa masuk shorlisted candidate data Engineer yang harapannya bisa mengisi posisi di perusahaan. Selain membangun arsitektur sistem database, data engineer juga mengemban tanggung jawab dalam hal data manipulation maupun data wrangling. Bagi kalian pemula yang ingin menjadi seorang data engineer, pertimbangkan dengan baik untuk mulai mempelajari soft skill berikut agar rekruter menjadi terpesona dengan dirimu sebagai calon kandidat data engineer. Penasaran dengan apa saja deretan soft skillnya yang perlu dikuasai? Mari kita simak bareng-bareng melalui postingan artikel berikut ini!


1. Update dengan Perkembangan Teknologi

Memiliki ketangkasan dan punya wawasan yang luas seputar perkembangan teknologi merupakan salah satu skill yang perlu diasah untuk menjadi seorang data engineer. Apalagi selaras dengan perkembangan teknologi dan big data maka pengetahuan terkini seputar arsitektur data adalah hal yang perlu kamu cari tahu dan pelajari sekarang ini agar kamu tidak kudet alias kurang update


Data Engineer


Mungkin kalau memiliki background pendidikan yang sesuai dengan pekerjaannya justru jauh lebih memudahkan dalam beradaptasi. Namun, kalau tidak linier pasti akan sangat menyulitkan tentunya. Kamu bisa mulai dengan baca-baca artikel yang ada di website, blog, maupun berita-berita terkini seputar data science dan data engineer.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Komunikasi

Skill komunikasi memang hal yang wajib dikuasai tidak hanya posisi data Engineer saja tetapi juga semua pekerjaan. Seseorang dengan kemampuan komunikasi dapat menjadi seorang pendengar yang baik sehingga mampu menangkap pesan tanpa terjadi kesalahan informasi. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik akan memudahkan dirimu dalam memecahkan masalah yang ada dalam dunia kerja. 


Data Engineer


Sepanjang kamu melakukan eksplorasi data maka kamu akan menemukan kesulitan-kesulitan seperti kurangnya ketersediaan data yang ada, sulit menemukan algoritma yang tepat untuk membangun model, tools yang bervariasi sehingga beda tools cara penggunaannya juga beda. Dengan kemampuan komunikasi maka kamu bisa mempertimbngkan masukan-masukan yang diberikan oleh team data maupun atasan. Paling tidak dapat meringankan beban yang selama ini kamu rasakan.


3. Leadership

Skill selanjutnya yaitu leadership. Tidak dapat dipungkiri, jika skill kepemimpinan merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh data engineer. Tidak perlu menunggu jadi seorang pemimpin untuk memiliki kemampuan leadership. Seseorang dengan kemampuan leadership yang baik biasanya memiliki empati, dapat diandalkan, mampu berkomunikasi dengan baik dan efektif, dapat menyimak dan mendengarkan secara aktif, memberikan feedback atau kritik yang membangun dengan cermat dan tepat. 


Data Engineer


Seorang data engineer akan memberikan dukungan dan semangat bagi para bawahan untuk merancang, membangun, dan menskalakan pekerjaan dan tugas-tugas yang mereka kerjakan dengan cara yang menarik. hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa mereka merasa memiliki atas apa yang sedang mereka kerjakan dan bahwa apa yang sedang mereka kerjakan adalah sesuatu yang akan memajukan karier mereka dan meningkatkan keterpaparan mereka terhadap tim lintas fungsi di seluruh perusahaan.


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


4. Interpersonal Skill

Interpersonal skill merupakan kemampuan untuk berkomunikasi, berinteraksi, membangun dan menjaga hubungan dengan orang lain dalam berbagai keadaan dan situasi. Dalam dunia kerja, keterampilan interpersonal membuat kamu dapat bekerjasama dengan orang lain baik rekan kerja, klien, atau atasan. Kemampuan interpersonal sangat bermanfaat bagi seorang data Engineer. 


Data Engineer


Sebab, data engineer pastinya akan berkolaborasi dengan team data lainnya yaitu Data Analyst, Data Scientist, Head of Data, Data Analytics Manager, dan lain-lain.


5. Critical Thinking

Skill yang tidak kalah pentingnya yaitu critical thinking. Critical thinking bermanfaat untuk memudahkan dirimu dalam menilai kemampuan saat menganalisis isu atau permasalahan. Dalam prosesnya, kamu akan menemukan berbagai informasi yang belum pernah kamu temukan sebelumnya. Dengan demikian, kamu akan menambah pemahaman dan menantang diri untuk bisa menyelesaikannya. 


Data Engineer


Ketika berdiskusi untuk memecahkan sebuah jalan keluar, terkadang seseorang bisa saja terpancing emosinya karena egonya yang tinggi. Jika hal itu terjadi, sebenarnya ini adalah sifat buruk yang dapat menghambat karirmu di dunia kerja karena dapat mengganggu proses komunikasi.


Critical thinking bisa mengasah bagaimana cara komunikasi dan cara kamu menyampaikan ide secara terstruktur dan informatif. Misalnya dalam menyampaikan presentasi saat meeting di kantor atau pada saat berbicara dengan orang lain


6. Attention-to-Detail

Attention-to-details merupakan soft-skill yang juga perlu diasah ketika kamu ingin berkarir menjadi seorang data analyst. Sebab, tidak sedikit lowongan kerja yang berhubungan dengan analisis dan matematis selalu mensyaratkan kemampuan yang satu ini. Kalau lihat lowongan yang ada kualifikasi seperti ini auto minder sendiri guys hihihi. 


Data Engineer


Attention to details adalah kemampuan seseorang untuk mengalokasikan sumber daya kognitif dengan tujuan agar tugas-tugas yang dikerjakan oleh data analyst teliti dan akurat. Keterampilan attention-to-details memungkinkan seorang data analyst meningkatkan kualitas, produktivitas, efisiensi dan kinerjanya. Tidak heran apabila perusahaan mencari kandidat yang sesuai dengan kualifikasi. 


Melakukan analisis data tentunya bukan hal yang mudah. Dibutuhkan ketekunan dan ketelitian dalam melakukan setiap tahapannya. Agar skill analisis data kamu semakin terasah, tidak salah lagi jika kamu bisa upgrade skillmu bersama DQLab! Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. 


Dapatkan keuntungan-keuntungan yang didapatkan salah satunya tidak perlu install software tambahan. Karena kalian belajar secara langsung terhubung dengan live code editor dari device yang kalian gunakan. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry. So, tunggu apalagi, buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login