FLASH PROMO!! AKSES PAKET DATA SCIENCE 6 BULAN 180K!
Diskon Spesial 90% + 50% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 5 Jam 21 Menit 43 Detik 

Ingin Jadi Data Scientist? Ini 4 Deretan Skill Wajib untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 25-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/e39d1006d25fca89242c9a7f9458c310_x_Thumbnail800.jpg

Halo teman-teman, apakah kalian saat ini sering mendengar istilah data scientist? Ya, data scientist adalah salah satu profesi yang bertanggung jawab dalam bidang data khususnya menganalisis data menggunakan dasar-dasar data scientist. Untuk menggeluti profesi ini tentunya kita perlu mengetahui skill data scientist untuk memudahkan proses pengerjaan. Setelah mengetahui skill data scientist ini tentunya akan menentukan langkah apa saja yang perlu kita ambil sebagai pemula agar dapat menggeluti profesi data scientist ini.


Data scientist saat ini sudah banyak dikenal dan diminati oleh banyak orang. Bahkan pada musim pandemi ini, tidak sedikit orang yang beralih profesi menjadi data scientist. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan profesi ini masih sangat banyak dibutuhkan namun sumber daya manusianya masih terbilang sedikit. Selain itu data scientist pun disebut sebagai profesi terseksi di abad ini. So, apakah kalian berminat bergabung menjadi data scientist? Untuk itu, yuk sama-sama kita cek skill apa saja yang perlu dimiliki data scientist!


1. Algoritma Machine Learning

Pada era digita ini, beberapa dari kita mungkin telah mengenal istilah machine learning yang merupakan salah satu cabang dari artificial intelligence (kecerdasan buatan). Machine learning adalah mesin pembelajar yang digunakan untuk mengekstrak model yang bertujuan untuk membuat keputusan atau menentukan prediksi. Machine learning memiliki beberapa algoritma yang dapat digunakan baik itu algoritma supervised learning maupun algoritma unsupervised learning. 

data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Kemampuan Programming

Bahasa pemrograman menjadi satu hal yang tidak dapat terlepas dari data scientist. Bahkan, kemampuan menguasai bahasa pemrograman ini menjadi suatu keharusan. Hal ini dikarenakan data scientist tidak mungkin menganalisis data dengan cara manual, akan tetapi memerlukan tools serta algoritma yang diproses di perangkat menggunakan bahasa pemrograman sehingga proses analisis data pun menjadi lebih mudah, lebih cepat, lebih efisien, serta dapat terus dievaluasi.

data scientist


3. Matematika dan Statistika

Matematika dan statistika merupakan ilmu dasar yang harus dipahami oleh data scientist. Hal ini dikarenakan matematik dan statistika merupakan bagian dari data science selain pengetahuan terkait sistem informasi, manajemen bisnis, dan lain-lain. Dengan memahami matematika dan statistika tentunya akan memudahkan dalam proses analisis data terutama pada data kuantitatif serta secara tidak langsung akan membentuk pola pikir yang lebih logis dan sistematis.

data scientist


4. Komunikasi dan Visualisasi Data

Ketika sudah melakukan proses analisis data, tentunya hasil analisis tersebut akan disampaikan kepada pihak terkait. Hasil analisis data itu harus dikemas semenarik mungkin, inilah yang disebut dengan visualisasi data. Visualisasi data dapat ditampilkan menggunakan grafik maupun tabel. Visualisasi data ini perlu disampaikan menggunakan skill komunikasi yang baik agar orang yang awam terhadap data dapat mengerti dengan apa yang disampaikan. 

data scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Yuk, Gabung Menjadi Data Scientist dengan Belajar di DQLab!

Data scientist saat  ini menjadi salah satu profesi yang paling banyak diminati oleh para milenial. Kesempatan menjadi data scientist tidak hanya untuk kamu yang latar belakang pendidikan IT loh, tapi data scientist terbuka bagi semua jurusan dengan syarat kam menguasai materinya. Materi dasar data scientist dapat kamu pelajari di DQLab. DQLab menyediakan materi berupa modul dan bisa langsung dipelajari secara live code, mulai dari belajar dasar-dasarnya sampai dengan mengerjakan mini project. Cara bergabungnya cukup mudah loh, yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :