GIMANA MEMULAI KARIER JADI DATA ANALYST?
Simak caranya di webinar GRATIS dan raih DOORPRIZE menarik!
DAFTAR SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 17 Jam 34 Menit 5 Detik 

Ingin Jadi Data Scientist, Tapi Bingung Caranya? Ini Dia 4 Cara Mudahnya

Belajar Data Science di Rumah 26-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/cfac5178612b5efdc10ad3ee2bd6e7f3_x_Thumbnail800.png

Memiliki keinginan untuk menjadi atau menggeluti suatu hal merupakan hal yang mudah diimpikan, namun menjalaninya merupakan hal yang cukup sulit dilakukan. Saat ini banyak masyarakat yang berkeinginan untuk menjadi Data Scientist. Apa itu Data Scientist? Data Scientist merupakan profesi yang memegang kendali di balik pengolahan data.


Profesi tersebut berperan penting untuk mencapai tujuan perusahaan. Meskipun minat akan profesi tersebut sangat banyak, namun hanya segelintir orang yang berhasil menjadi profesi tersebut dan masuk ke dalam industri data. Oleh karena itu, DQLab akan memberikan kalian tips dan trik dalam menjadi Data Scientist. Yuk, jangan sampai ketinggalan!


1. Kembangkan Skill Dasar

Semua profesi tentunya membutuhkan skill atau kemampuan dasar yang dapat membantu dalam pekerjaannya sehari-hari, sama halnya dengan Data Scientist. Profesi tersebut memiliki beberapa skill yang perlu dimiliki dan dikembangkan, skill-skillnya adalah ilmu statistika, bahasa pemrograman, manajemen database, visualisasi data, machine learning, dan lainnya.


Beberapa skill tersebut perlu kalian pelajari dan kembangkan apabila kalian ingin menjadi Data Scientist. Dengan memiliki skill-skill tersebut dapat dipastikan pekerjaan kalian akan semakin lebih mudah dan efisien ketika dikerjakan. Selain itu, mengembangkan skill-skill tersebut dapat kalian lakukan dengan mengambil kursus atau sesi belajar di tempat kursus khusus untuk Data Science.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Perbarui CV

Hal kedua yang perlu kalian lakukan dalam proses untuk menjadi Data Scientist adalah perbarui curriculum vitae atau CV kalian. CV berlaku sebagai kartu perkenalan kalian kepada tim rekrutmen. Dalam CV, kalian dapat mengisi pengalaman atau proyek yang pernah kalian ikuti atau kerjakan di bidang Data Science. 


Dengan terus menerus memperbarui CV, tentunya tim rekrutmen dapat melihat dengan baik mengenai skill atau kemampuan, pengalaman, dan lainnya yang menjadi bahan pertimbangan perusahaan dalam merekrut kalian. Tidak lupa juga untuk selalu mencantumkan sertifikat kelas Data Science yang pernah kalian ikuti, ya!


3. Ciptakan Portofolio yang Menarik

Bagi profesi data, khususnya Data Scientist, salah satu pelengkap CV kalian adalah portofolio, lho! Karena dalam CV hanya mendeskripsikan diri dan karya kalian secara singkat, maka dari itu dibutuhkanlah portofolio untuk menjelaskan dengan rinci mengenai hasil kerja atau pengalaman kalian.


Apabila kalian belum berpengalaman sama sekali, kalian dapat mulai membuat atau mengikuti suatu proyek data yang dapat kalian tambahkan nantinya di portofolio kalian. Dengan beberapa pengalaman, kalian berkemungkinan untuk menarik minat tim rekrutmen untuk merekrut kalian masuk ke dalam perusahaan mereka.


4. Perluas Jaringan Networking

Ketika kalian sudah memutuskan untuk memasuki dunia kerja, kalian butuh memperluas jaringan kalian. Jaringan yang dimaksud adalah lingkungan kalian, seperti lingkungan teman, kolega, dan sebagainya. Hal tersebut sangat penting untuk karir kalian yang baru atau sudah dimulai.


Dengan memperluas networking, kalian bisa mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru dari sekeliling kalian mengenai profesi yang kalian geluti. Selain itu juga, nama kalian dapat lebih dikenal. Tentunya dengan nama kalian dikenal, hal tersebut akan menguntungkan kalian, dari segi pekerjaan. Memperluas networking tidak hanya lewat seminar atau workshop, tetapi kalian juga bisa menggunakan media sosial profesional, seperti Linkedin untuk mencapai tujuan tersebut.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Pelajari Keempat Cara Jadi Data Scientist di DQLab

Mungkin ketika kalian membaca seluruh artikel ini kalian merasa bingung bagaimana caranya untuk melakukan keempat langkah tersebut. Tenang saja, DQLab sebagai tempat kursus data dapat membantu kalian dalam mewujudkan keempat langkah tersebut. Selain kalian mendapatkan materi belajar mengenai Data Science, kalian juga bisa sekaligus mendapatkan pengalaman dengan praktisi data berpengalaman yang mengajar di DQLab, lho! 


Yuk, tunggu apalagi? Kalian bisa sign up di DQLab.id, kemudian kalian dapat langsung mengerjakan module ‘Introduction Data Science with Python and R’ secara gratis! Ayo, wujudkan profesi idaman kalian bersama DQLab.id!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!