Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, dan Excel GRATIS
 SIGN UP  

Ingin Menjadi Data Analyst? Simak Caranya Jitunya Yuk

Belajar Data Science di Rumah 14-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d0768f8e31390240ad6196b4ae4beedc_x_Thumbnail800.jpg

Seiring dengan berkembangnya teknologi, tren yang beredar dalam masyarakat pun terus berganti sehingga banyak orang mulai mempelajari big data dan menjadi salah satu profesi yang tersedia dalam industri tersebut. Profesi yang tersedia sangat banyak, namun yang menjadi incaran khalayak ada tiga profesi, yaitu Data Analyst, Data Scientist, dan Data Engineer. 


Ketiga profesi ini menempati tempat teratas dalam pencarian lowongan kerja dalam sebuah survei. Selain itu juga, banyak perusahaan besar hingga startup juga mencari tenaga kerja dalam bidang data. Namun, menjadi salah satu dari ketiga profesi tersebut tidaklah mudah, kalian perlu mengetahui beberapa tips agar semakin siap untuk mulai belajar data. Yuk, simak cara-caranya!


1. Memiliki Hard Skill yang Memadai

Apabila kalian ingin bekerja di industri data, tentunya kalian memerlukan hal-hal yang berbau teknis atau bisa juga disebut dengan hard skill. Kemampuan ini diperlukan dikarenakan seorang Data Analyst akan terus berkaitan dengan teknologi yang membantu pekerjaan sehari-harinya. Hard skill yang dibutuhkan meliputi pemahaman dalam konsep statistik, bahasa pemrograman (R, Python, SQL, dan lainnya), serta mampu memvisualisasikan data.


Hard skill lainnya yang tidak kalah penting untuk pemula data ketahui adalah penggunaan machine learning. Hard skill satu ini berguna untuk penerapan konsep pengembangan software yang Data Analyst gunakan dalam proses pencarian data atau data mining. Seorang Data Analyst sangat diperlukan dalam hal pencarian data dan pembersihan data sebelum data tersebut dieksperimenkan oleh Data Scientist.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. Soft Skill Sebagai Nilai Tambah

Selain hard skill yang memadai, seorang Data Analyst juga memerlukan soft skill untuk menunjang performa kerja di lingkungan sekitarnya. Soft skill yang diperlukan meliputi kemampuan berkomunikasi yang baik dengan tim atau divisi lainnya, keterampilan dalam menganalisis suatu masalah, dan dapat menilai suatu bisnis.


Soft skill tersebut dapat membantu pekerjaan Data Analyst menjadi lebih mudah dalam memecahkan masalah dan hal lainnya yang berkaitan. Profesi data ini perlu bisa menyajikan informasi berupa data menjadi visual yang dapat dimengerti oleh semua orang atau para pemangku kepentingan. 


3. Kompetensi yang Diperlukan Calon Data Analyst

Terlepas dari soft skill dan hard skill calon Data Analyst, kalian juga memerlukan pengetahuan seputar profesi tersebut. Jika kalian sudah pasti akan mendalami bidang data, maka kalian harus terus menerus mengembangkan segala skill yang dimiliki. Selain itu juga kalian dapat mempelajari keahlian lainnya yang mendukung profesi kalian, contohnya adalah Data Analyst dapat mengikuti sejumlah kursus seperti matematika, metode riset, dan sebagainya untuk mendukung pekerjaannya. 


Kemudian, mengekspansi pengalaman kalian lewat magang atau pendidikan formal lanjutan juga bisa kalian lakukan jika kalian ingin menjadi ahli di bidang data. Tidak lupa juga sebagai Data Analyst memerlukan kemampuan tambahan di berbagai bidang, seperti politik, kesehatan, dan lainnya. Kemampuan akan bahasa asing juga akan sangat membantu kinerja seorang Data Analyst, lho!


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Platform Belajar yang Sesuai Kebutuhan

Menjadi Data Analyst tidak serumit yang teman-teman kira, namun sangat diperlukan platform belajar yang sesuai. Apabila kalian ingin belajar secara otodidak bisa dilakukan lewat Youtube dan website-website untuk melihat materi. Sedangkan apabila kalian ingin belajar lebih tuntas dan mendapatkan banyak manfaat, kalian bisa belajar dengan kursus data secara online.


Di Indonesia sendiri sudah banyak terdapat kursus online, salah satunya adalah DQLab.id. DQLab didirikan di bawah naungan Universitas Multimedia Nusantara dengan Xeratic. DQLab sendiri merupakan platform belajar data secara online atau elearning yang dapat digunakan oleh siapapun dari jenjang pendidikan apapun.


5. Ayo, Mulai Karirmu Data Analyst Bersama DQLab!

Salah satu tempat kursus yang sudah terpercaya dan memiliki praktisi-praktisi yang tidak kalah berpengalaman sangat kalian butuhkan untuk menjadi tempat berkembang kalian. Oleh karena itu, DQLab hadir untuk menjadi sarana belajar kalian. Disini kalian dapat mengembangkan skill serta menciptakan portofolio menarik sebagai persiapan kalian memasuki industri data. Untuk menjadi bagian dari DQLab caranya sangat mudah, kalian cukup sign up di DQLab.id, lalu kalian bisa langsung menikmati module gratis ‘Introduction Data Science with Python and R’ untuk kalian kerjakan! Yuk, daftarkan diri kalian!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!