DQLab Super Giveaway! Belajar Data Science 6 Bulan hanya Rp.99.000! DAFTAR

Pakai Kode: KUPON99K. Berakhir 2 Days 16 Jam : 35 Menit : 49 Detik

Ingin Menjadi Data Scientist? Ini 4 Cara yang Bisa Kamu Lakukan!

Belajar Data Science di Rumah 09-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b5afed6b7cb75c26935e8a5739b93a57_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist menjadi pekerjaan yang diimpikan oleh banyak orang saat ini. Selain gaji yang ditawarkan terbilang fantastis, jenjang karir sebagai Data Scientist juga terlihat cukup menjanjikan. Data Scientist tidak hanya diminati oleh fresh graduate yang berasal dari background pendidikan STEM, bahkan orang yang saat ini sudah bekerja pun mulai mencari cara untuk mengganti pekerjaan nya menjadi Data Scientist. Sebenarnya ini bukanlah hal yang mustahil, mengingat Data Scientist sebenarnya bisa dipelajari oleh siapa saja, asalkan orang tersebut memiliki kemauan yang tinggi.

Tingginya peminat posisi Data Scientist ini juga sejalan dengan jumlah kebutuhan akan Data Scientist ini. Sayangnya tidak semua orang yang memiliki minat akan posisi ini dapat menjadi Data Scientist. Ada beberapa kualifikasi minimal yang harus dipenuhi sebelum menjadi Data Scientist. Untuk menyiasati hal tersebut, ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan. Dalam artikel ini akan dibahas apa saja caranya. Penasaran kan? Yuk, simak artikelnya!

1. Tingkatkan Skill

Hal yang pertama tentu saja dengan meningkatkan skill yang kamu miliki. Lalu skill apa saja sih yang harus ditingkatkan? Tentu saja pertanyaan ini akan terjawab ketika kamu mencari tahu skill apa saja yang harus dikuasai oleh Data Scientist. Biasanya skill yang paling minimal yang harus dikuasai adalah sebagai berikut,

  • Statistika, Probability, dan Matematika 

  • Bahasa Pemrograman seperti R, Python, SQL, dan lain lain tergantung bahasa pemrograman yang digunakan oleh perusahaan

  • Visualisasi data, baik dengan yang menggunakan coding seperti deng R ataupun Python, maupun dengan tools yang less coding seperti Tableau, Power BI, dll.

  • Machine Learning dan semua algoritma yang ada termasuk harus update dengan algoritma terbaru

  • Database Management

  • Ketajaman Bisnis

Selain hal diatas sebenarnya masih ada lagi skill yang dapat kamu kuasai, namun biasanya beberapa perusahaan hanya meminta hal-hal di atas pada kualifikasi pekerjaan Data Scientist.

Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

2. Bangun Portofolio

Setelah menguasai skill-skill di atas, jangan lupa setiap mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan Data Science, pastikan kamu juga telah memasukkan hal tersebut ke dalam portofolio mu. Portofolio akan menjadi penyelamatmu karena dapat menunjukkan semahir apa kamu di bidang ini. Portofolio ini bisa dibuat di beberapa tempat, misalnya medium, website pribadi, github, dan lain lain. Semakin banyak kasus yang kamu selesaikan, maka akan semakin kamu akan semakin menarik di mata recruiter.

 3. Perbarui CV mu

Hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan memperbarui CV mu. First impression dari recruiter ke kamu bisa sangat bergantung dari CV yang kamu tulis. Sehingga tidak ada salahnya jika kamu terus meng-update CV untuk menjadi versi terbaik. Lalu bagaimana jika belum ada pengalaman akan Data Scientist? Tenang, kamu bisa mengikuti berbagai project di DQLab yang dapat kamu cantumkan di CV dan portofolio mu. Selain itu, kamu juga bisa mencari dataset sendiri lalu mengolahnya dengan cara yang kamu inginkan. Tentu saja isi CV tidak hanya hal tersebut. Jika kamu pernah bekerja atau mungkin bagi fresh graduate pernah magang, maka tidak ada salahnya mencantumkan hal tersebut di CV mu loh.

4. Tingkatkan Network

Cara selanjutnya adalah dengan memperluas networking. Kamu bisa mendapatkan banyak informasi dan kesempatan baru mengenai Data Scientist dari orang-orang tersebut. Gimana caranya ya untuk meningkatkan networking? Kamu bisa mulai membuat akun Linkedin dan membuat akun mu menjadi menarik. Kamu bisa mengisi dengan kegiatan yang sedang kamu lakukan, ataupun mengarahkan ke link portofolio mu. Jangan lupa konek ke orang-orang yang memiliki posisi penting di perusahaan, misalnya recruiter, juga ke orang-orang yang ahli di bidang yang ingin kamu kuasai.

Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar

5. Ingin Menjadi Data Scientist? Yuk, Bangun Portofolio mu dengan DQLab!

DQLab termasuk lembaga kursus yang memiliki banyak project. Hal ini sangat menarik karena kamu bisa memanfaatkannya untuk membangun portofolio mu. Selain project, kamu juga bisa loh menikmati modul gratis Introduction to Data Science with R dan Introduction to Data science using Python. Wah, lumayan banget kan. Yuk, daftar di DQLab dan nikmati modul-modul yang dapat membuatmu semakin mahir di bidang Data Science!

Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Share

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!