MAU PUNYA SKILL DATA SCIENCE YANG AMAYZING?
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K  | Pakai Kode: AMAYZING
BURUAN SERBU!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 1 Jam 26 Menit 57 Detik 

Ingin Menjadi Data Scientist? Intip 4 Skill Wajib yang Dimiliki Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 19-Agustus-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d12de3f86330eb6cd31dabf84a89db73_x_Thumbnail800.jpg

Setiap tahunnya, data akan terus bertambah dan berkembang sehingga menjadi sebuah tantangan dalam mengelola data tersebut dengan jumlah yang sangat besar. Adapun beberapa posisi bagi yang terbuka dan dibutuhkan untuk mengelola data-data tersebut. Data Scientist menjadi profesi yang banyak peminatnya dan juga posisi yang dibutuhkan bagi perusahaan atau industri lainnya. Peminat untuk menduduki sebagai Data Scientist pun sudah mulai mempelajari ilmu Data Science baik secara otodidak maupun mengikuti kursus online atau offline. 

Namun, tanpa dipungkiri untuk menjadi seorang Data Scientist bukanlah hal yang mudah dan memiliki perjalanan yang cukup panjang. Kualifikasi untuk menjadi seorang Data Scientist terbilang cukup tinggi, karena tidak hanya technical skill saja namun ada juga soft skill yang perlu dikuasai. Tapi jangan khawatir, pada artikel DQLab kali ini akan menjelaskan skill apa saja yang harus kamu miliki sebelum merajut karir sebagai Data Scientist. Yuk, langsung saja simak pembahasannya berikut ini!


1. Ilmu Matematika Dasar & Statistik

Pentingnya kedua ilmu tersebut untuk kamu agar menjadi seorang Data Scientist handal. Sebagian besar model Machine Learning dibuat dengan beberapa kumpulan data yang memiliki prediktor atau yang dapat memprediksi. Oleh karena itu, pentingnya kamu untuk "akrab" dengan kalkulus multivariabel, linear algebra, teknik optimization. Sama halnya dengan ilmu statistik, merupakan kumpulan data yang bisa memberikan gambaran terkait suatu keadaan atau masalah tertentu yang biasanya disajikan dalam bentuk grafik agar mudah dipahami. Tanpa disadari, ketika kamu sudah mempelajari kedua ilmu tersebut kamu sudah menerapkan ilmu-ilmu Data Science misal seperti mengumpulkan data, eksplorasi data yang dimiliki.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist

2. Bahasa Pemrograman

Skill lainnya adalah memiliki dan mengetahui bahasa pemrograman, diantara beberapa bahasa pemrograman Python dan R yang paling populer dan dianggap teratas untuk ilmu data di kalangan Data Scientist. Jika kamu bingung untuk memutuskannya, disarankan bagi pemula untuk memulai dan fokus pada satu bahasa saja. Kamu bisa memulai dari Python atau R terlebih dahulu, karena keduanya sudah secara luas diadopsi oleh industri dan pada program pelatihan akademik. Penggunaan bahasa pemrograman bagi Data Scientist untuk membantu mereka dalam menganalisis data sehingga memberikan informasi yang kemudian dapat dimanfaatkan sebagai pengambilan keputusan serta evaluasi kinerja pada bisnis mereka.


3. Visualisasi Data

Tentunya tidak hanya menganalisa dan memahami informasi dari data yang didapatkan, seorang Data Scientist perlu menyajikan data-data tersebut berupa gambar atau grafik agar mudah untuk dipahami bagi pengambil keputusan. Visualisasi data sendiri menjadi salah satu skill wajib dan terpenting bagi Data Scientist karena dapat membantu dalam memberikan laporan terkait insight menarik yang didapatkannya. Adapun beberapa tools yang digunakan oleh Data Scientist, diantaranya Tableau, Power BI, Shiny, D3js.


4. Komunikasi yang Kuat

Dari beberapa poin diatas merupakan salah satu hard skill yang wajib dimiliki, namun adapun soft skill yang harus kamu miliki juga yaitu komunikasi. Meskipun terlihat sepele, dengan memiliki keterampilan komunikasi yang baik dan kuat akan mempermudah mengambil kesimpulan yang tepat. Tidak semua orang awam memahami ilmu-ilmu Data Science, dengan demikian seorang Data Scientist membantu mengkomunikasikan dan menyampaikan data-data yang telah ditemukannya. Tiap data yang telah diolah dan dianalisis akan sangat berarti bagi pengambil keputusan atau stakeholders untuk decision making dan evaluasi.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Yuk, Mulai Bangun Karir Menjadi Data Scientist bersama DQLab!

Ingin memulai menjadi Data Scientist? DQLab solusinya! Pembelajaran ilmu Data Science sendiri sangatlah fleksibel dan terbuka untuk siapa saja, baik untuk IT maupun NON IT sekalipun. Bersama DQLab, selain kamu menguasai ilmu Data Science kamu juga bisa membangun proyek dan portofolio datamu untuk berkarir menjadi Data Scientist juga lho! Jangan lewatkan kesempatan mengakses gratis module "Introduction to Data Science", simak cara mengaksesnya dibawah ini:

  • Buatlah akun gratis dengan cara Signup di DQLab.id/signup

  • Akses module "Introduction to Data Science"

  • Selesaikan modulenya, dan jangan lupa untuk dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab!

  • Subscribe DQLab.id untuk bisa akses semua Module Premium

  • Selamat mencoba, sahabat!



Penulis: Agnes Nurlisa

Editor: Annissa Widya



Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!