DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 32 Menit 40 Detik 

Ingin Menjadi Data Scientist? Intip Kiat Mewujudkan Prospek Karir Cemerlang 2021

Belajar Data Science di Rumah 12-Oktober-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3f6a9bee456cce383c91fa5895b0ee5e_x_Thumbnail800.png

Data Scientist menjadi perbincangan yang hangat di kalangan data enthusiast. Data Scientist bertanggung jawab mengekstrak dan menafsirkan data serta memperkuat atau menyelaraskan tujuan atas dasar permasalahan yang dihadapi perusahaan atau instansi. Data Scientist sangat berdekatan dengan Big Data, Artificial Intelligence, Machine Learning dan lainnya sehingga untuk menjadi Data Scientist yang handal dibutuhkan pengalaman yang sangat kuat dan menjadi salah satu syarat wajib jika kamu ingin memiliki karir sebagai Data Scientist. Menjadi Data Scientist tidaklah mudah dan membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk menggapainya, banyak di antara Data Scientist yang senior masih haus akan pembelajaran Data Science karena mengingat setiap hari semakin meningkat jumlah data yang harus diolah. 


Namun, jika kamu bertekad dan memiliki passion dalam bidang Data Science jangan khawatir. Pada artikel DQLab kali ini akan membantu kamu kiat apa saja yang perlu dimiliki untuk bisa menjadi Data Scientist yang hebat. Penasaran? Yuk langsung saja sahabat data DQLab simak artikel berikut ini!


1. Mempelajari Ilmu Pengetahuan sebagai Fundamental

Langkah pertama jika kamu ingin memulai karir menjadi Data Scientist kamu harus mempelajari ilmu dasar Data Science, seperti ilmu matematika, statistik, komputer sains dan memilih pemrograman akan lebih baik untuk kamu untuk belajar. Bahasa pemrograman yang sering digunakan dan populer di kalangan praktisi data adalah R atau Python namun sebagian besar menggunakan Python karena pembelajarannya mudah untuk dipahami, serbaguna dan juga mudah untuk digunakan bagi pemula sekalipun. Statistik menjadi pengetahuan yang penting dan wajib untuk dimiliki karena akan membantu dalam menginterpretasikan kumpulan data besar untuk diolah menjadi sebuah data yang berwawasan dan penggunaan statistik pada data akan mempermudah dalam menganalisis data lebih baik.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Melakukan Eksplorasi Analisis Data

Dengan memiliki fundamental yang kuat, sahabat data DQLab akan melakukan eksplorasi yang lebih mendalam menggunakan tools yang sudah dikuasai tersebut. Analisis pada data explorasi merupakan bagian terpenting karena Data Scientist akan menemukan pola data, menganalisis data, menemukan tren yang sesuai dengan data hingga memperoleh data yang berwawasan. Jika kamu memiliki passion atau gemar dengan melakukan analisis pada data maka pada proses ini akan sangat mempermudah kamu untuk melakukan analisis. Mengingat jumlah data semakin bertambah, maka Data Scientist juga akan melakukan Data Wrangling dimana proses ini terjadi transformasi merubah data yang tidak terstruktur menjadi lebih terstruktur formatnya. Sehingga, jika data digunakan dalam format yang terstruktur maka pekerjaannya akan lebih mudah.


3. Terampil Menggunakan Machine Learning

Pada Machine Learning sendiri akan menciptakan model atau suatu program yang berguna dengan menguji banyak solusi terhadap data yang tersedia dan akan mencocokan antara masalah dan cara untuk memecahkan permasalahannya tersebut. Data Scientist di beberapa perusahaan sudah menjadi bagian tim penting, karena dengan keterampilannya menggunakan Machine Learning akan sangat membantu kegiatan bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Data Scientist akan bisa membangun sebuah prediksi menggunakan algoritma Machine Learning sehingga bisa membantu mencari sebuah solusi yang strategis.


4. Aplikasikan Ilmunya dengan Membangun Project

Jika kamu sudah mengikuti dari poin satu hingga ketiga, maka last but not least sahabat data DQLab aplikasikan ilmu-ilmunya dan memperlihatkan skill Data Science yang kamu miliki dengan membangun sebuah project. Tidak hanya membantu memahami dan mengasah skill Data Science mu secara nyata tetapi juga membantu dalam membangun portofolio untuk ditunjukkan kepada calon recruiter sebagai bukti yang bisa dilampirkan pada resume. Project yang dikerjakan tidak harus project yang besar, kamu bisa memulainya dari hal yang lebih kecil sambil menemukan satu minat yang lebih dalam untuk mengasah skill Data Science kamu.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


5. Memulai Belajar Data Science di DQLab, Kamu Bisa Menjadi Data Scientist!

Untuk memulai dan melakukan project dengan real case industry, kamu bisa mengikuti kursus online di DQLab lho. Di DQLab pembelajarannya sangat fleksibel dan juga aplikatif untuk dikerjakan terutama module dan project sudah berdasarkan dan sesuai dengan kebutuhan industri kerja nyata! Tunggu apalagi? Yuk nikmati pembelajar gratis dengan signup di DQLab.id dan jangan sia-siakan kesempatan belajar dengan memilih module “Introduction to Data Science with R” atau “Introduction to Data Science with Python”.


Selangkah lebih maju untuk mewujudkan karirmu menjadi Data Scientist, selamat mencoba Sahabat Data DQLab!



Penulis: Agnes Nurlisa


Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!