DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 9 Jam 59 Menit 50 Detik 

Ingin Mulai Belajar Excel? Yuk Kenali Sejarah, Fitur dan Rumusnya

Belajar Data Science di Rumah 03-Desember-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/f79d22058ffb748f7eaa278363ad3405_x_Thumbnail800.png

Hai teman-teman, sebagian besar dari kalian bahkan hampir semua tentu mengenal Excel bukan? Ya, Excel merupakan salah satu aplikasi pengolah spreadsheet yang sangat bermanfaat dalam memudahkan pekerjaan kita. Excel merupakan bagian dari Microsoft yang biasanya digunakan untuk operasi perhitungan, merapikan data, analisis data, dan masih banyak fungsi Microsoft Excel lainnya. Microsoft Excel pun memiliki beberapa tools, fitur dan rumus yang bisa digunakan sebagai pendukung pekerjaan. 


Microsoft Excel kini telah dibuka secara multiplatform, artinya tidak hanya untuk PC, namun bisa digunakan pula untuk Mobile. Excel sering digunakan karena memiliki banyak fitur lengkap dan mudah digunakan. Saat ini Excel telah digunakan baik di kalangan pelajar, mahasiswa, akademis maupun pekerja kantoran atau pebisnis. Excel bisa digunakan untuk mengedit dan mengolah data, visualisasi data, masalah aritmatika dan logika, dll. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa hal mengenai Microsoft Excel yaitu sejarah, fungsi, fitur serta rumusnya.


1. Sejarah Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan bagian dari sistem operasi Windows. Sebelum hadirnya Excel, terdapat aplikasi pengolah data yaitu Lotus 1-2-3 yang dikembangkan oleh lotus software yang memiliki beberapa fitur kalkulasi. Namun dikarenakan kebutuhan tipe data yang semakin meningkat sehingga Lotus 1-2-3 dinilai masih terdapat banyak sehingga pada tahun 1982 Microsoft membuat aplikasi program spreadsheet sebagai penyempurna aplikasi Lotus 1-2-3. Pada tahun 1985 versi pertama Excel untuk Macintosh dirintis dengan versi 2.0 dan versi Windows pada November 1987.  Akhirnya pada tahun 1988 secara resmi Excel menggeser posisi Lotus 1-2-3. Lalu pada tahun 1990 Microsoft memunculkan Excel versi 3.0 dan versi 4.0 dirilis pada tahun 1992. Pada tahun 1993 Microsoft menambahkan fitur macro dan visual basic for application pada Excel versi 5.0 . Excel pun terus berkembang sampai sekarang dengan versi 2016 yang semakin memberikan fitur tambahan dan otomatisasi bagi penggunanya.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fungsi Microsoft Excel

Microsoft Excel memiliki beberapa fungsi dan kegunaan diantaranya:

  1. Mengoperasikan data baik dalam bentuk tabel, grafik dan statistika terutama ketika perlu menginputkan data yang banyak. Selain itu Excel juga dapat difungsikan untuk mengolah data statistik.

  2. Menyusun laporan keuangan yang dengan menggunakan fungsi aritmatika yang tersedia dalam Excel. Excel dapat digunakan sebagai alternatif software manajemen keuangan yang baik dan cermat.

  3. Membuat dan mengelola administrasi secara mudah mulai dari perencanaan, pengorganisasian dan penyusunan yang tertata secara baik dan rapi.

  4. Sebagai software akuntansi yang dapat digunakan untuk menghitung untung dan rugi dalam penjualan, gaji karyawan serta dalam urusan piutang perusahaan.


3. Fitur dalam Excel

Sama seperti aplikasi bawaan Microsoft lainnya, Excel pun memiliki berbagai fitur dan menu yang digunakan untuk mengoperasikan Excel tersebut, yaitu:

  1. Office Button, berfungsi untuk mengakses fungsi umum dalam mengolah dokumen  yang memiliki beberapa menu seperti New, Open, Convert, Save, Save As, Print, Publish, Close, recent, Word Option, dan Exit.

  2. Quick Access, yang terdiri dari kumpulan command button yang seringkali digunakan.

  3. Title Bar, menampilkan judul file yang sedang dibuka

  4. Menu Bar, mencakup menu-menu dan beragam jenis tool

  5. Toolbar Menu, kumpulan icon yang berada dibawah menu bar saat mengaksesnya

  6. Formula Bar, untuk menampilkan dan mengisi jenis rumus Excel

Selain beberapa fitur yang disebutkan di atas masih terdapat beberapa menu lainnya seperti Name Box. Formula Bar, Active Cell, Column, Row, Tab Worksheet, Scroll Bar, Quick Menu Zoom dan Layout, Akun, dll.


4. Rumus Excel

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Excel memiliki berbagai macam rumus yang digunakan untuk perhitungan maupun pengolahan data, yang terbagi menjadi beberapa bagian seperti rumus excel aritmatika, rumus excel statistika, rumus excel pencarian/lookup, rumus excel logika, rumus excel tanggal dan waktu, rumus excel teks, array formula, dan berbagai macam rumus excel lainnya. Jika disebutkan lebih detail, rumus-rumus seperti SUM, IF, AVERAGE, MIN, MAX, COUNT, VLOOKUP, HLOOKUP, ROUND, UPPER, LOWER, TRIM, AND, OR, NOT, LEN, AREAS, FLOOR, CEILING, COUNTIF, SUMIF. MATCH, CHOOSE, dll merupakan beberapa rumus dasar dalam excel.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


5. Yuk, Perdalam Belajar Excel di DQLab

Keterampilan menggunakan microsoft excel saat ini sudah sangat diperlukan dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja. Jika dirinci lebih dalam, excel memiliki segudang manfaat melalui fungsi dan toolsnya yang bermacam-macam. Apakah kalian tahu bahwa kita bisa belajar Excel di DQLab ? Caranya cukup mudah loh,  yaitu langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati modul gratis excel DQLab. Selain itu kita juga dapat belajar bahasa pemrograman lainnya seperti Python, R, dan SQL.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!