IT'S PAYDAY! Yuk Mulai Belajar Data Bersama DQLab dengan Paket Premium Selama 6 Bulan hanya Rp 139,000.  DAFTAR

Pakai Kode: DQPAYNOV. Berakhir 2 Days 14 Jam : 5 Menit : 55 Detik

Ini Alasan MySQL Menjadi Manajemen Database Populer

Belajar Data Science di Rumah 24-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/7a66c4ff8f3cb846da2bb4d571909ce1_x_Thumbnail800.png

Jumlah volume data yang terus meningkat, praktisi data sangat membutuhkan manajemen data yang baik dan terjaga dengan baik. Baik dalam mencatat manajemen data pada hubungan yang dimiliki dengan pelanggan atau jenis data apapun kemudian data tersebut perlu disimpan kedalam suatu database. Sehingga, kamu membutuhkan sistem yang bisa menambahkan, mengakses, mengedit, dan memproses data dan salah satu sistem yang bisa digunakan dan menawarkan ‘paket lengkap’ tersebut adalah MySQL.


MySQL atau my sequel merupakan salah satu software manajemen database yang populer digunakan oleh kalangan praktisi data seperti Data Scientist atau Data Engineer, karena penggunaannya sangat membantu dalam manajemen basis data relasional yang berarti data dapat berkomunikasi satu sama lain dalam satu ‘ruang penyimpanan’ data yang besar sehingga memungkinkan supporting pengembangan aplikasi dengan baik. Tentunya, masih banyak kelebihan dari fungsi MySQL yang akan dibahas pada artikel DQLab kali ini! Yuk, langsung saja simak artikel berikut ini sampai habis.


1. Memudahkan Manajemen

MySQL menawarkan kemampuan yang cepat dan luar biasa dengan waktu rata-rata dalam pengunduhannya kurang dari lima belas menit. Hal ini tidak ada pengecualian pada platform yang sahabat data DQLab miliki yaitu Microsoft Windows, Macintosh, Linux, dan lainnya. MySQL menyediakan serangkaian alat manajemen yang lengkap, memecahkan masalah, hingga dapat mengontrol banyaknya server MySQL yang beroperasi dalam satu workstation. Dengan kemudahan ini, dapat memudahkan kamu untuk menggunakan berbagai jenis tipe pada MySQL seperto text, timestamp, integer, float, dan lainnya. Dengan demikian, manajemen database yang mudah, juga akan membantu pengembangan perangkat lunak dengan baik seperti menangani tugas administrasi database yang lengkap hingga pemantauan kinerja.


Baca juga : Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. Open-source dan Fleksibel

Banyaknya perusahaan yang ragu menggunakan open-source karena mereka yakin bahwa mereka tidak akan memperoleh jenis dukungan atau layanan profesional dan tidak menjamin kesuksesan secara keseluruhan. Hal ini, menjadi sebuah pertimbangan bagi perusahaan terkait kerugian yang dapat terjadi. MySQL menjadi manajemen database yang sifatnya gratis namun bukan berarti memiliki kinerja yang buruk. Dengan sifatnya yang open-source sangat membantu dan mudah untuk dipakai karena MYSQL bekerja secara 24 jam. MySQL sendiri didukung oleh Oracle, sehingga tersedianya dukungan unik yang menyediakan kombinasi antara kebebasan pada penggunaan sumber (open-source) yang dapat digunakan oleh multi user dengan perangkat lunak yang terpercaya untuk mendukung pengembangan.


3. Memiliki Performa Tinggi

Dikarenakan volume data setiap harinya meningkat, maka perlunya peningkatan untuk mengatasi beban kerja tanpa penurunan pada kinerjanya. MySQL dapat mendukung dan memproses database yang besar karena utilitas beban berkecepatan tinggi, memiliki cache memori khusus dan juga mekanisme peningkatan kerja lainnya MySQL menawarkan semua amunisi yang sangat tepat dan menjadi sistem yang sangat penting bagi organisasi atau pebisnis sekalipun. Dengan memiliki kinerja yang tinggi dan penggunaannya dapat digunakan oleh banyak pengguna sekaligus menjadikan MySQL sebagai open-source yang populer dan memberikan dukungan secara komprehensif pada kebutuhan pengembangan aplikasi.


4. Perlindungan Data yang Kuat

Menjaga data menjadi salah satu pekerjaan yang sangat penting dan krusial bagi organisasi dan pebisnis, MySQL dalam penggunaannya memberikan fitur keamanan yang dapat memastikan perlindungan pada data yang mutlak. Karena pada mekanisme, MySQL akan memastikan pengguna yang berwenang saja yang dapat masuk ke dalam server basis data dan dapat memungkinkan dapat memblokir pengguna. Dengan demikian, dapat dipastikan koneksi yang aman dan terjamin pada server menggunakan hak akses yaitu enkripsi password, menyembunyikan data, dan bentuk keamanan lainnya yang melindungi integritas data. 


Baca juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


5. Tingkatkan Skill Coding Hingga Advanced bersama DQLab!

Latar belakang pendidikan bukan menjadi suatu hambatan buat kamu yang ingin berkembang dan meningkatkan skill coding atau ilmu Data Science lainnya. Jika kamu sedang mencari tempat belajar yang seru dan aplikatif dalam industri kerja nyata, DQLab Solusinya! Sudah tersedianya module yang sesuai dengan kebutuhan serta mudah untuk dipahami. 


Pembelajaran di DQLab sangat fleksibel, kamu bisa mencoba secara GRATIS dengan cara signup di DQLab.id dan bisa menikmati pembelajaran module “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with Python”. Tunggu apalagi, terus melangkah dan pantang menyerah dalam tingkatkan skill codingmu!

Postingan Terkait

Mulai Bangun Karirmu Bersama DQLab!