GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 5 Menit 8 Detik 

Ini Dia Jenjang Karir Data Scientist, Profesi yang Dicari Semua Perusahaan

Belajar Data Science di Rumah 03-September-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ce6a666ccd0b415265ad41b3ceba8508_x_Thumbnail800.jpg

Dalam beberapa tahun terakhir teknologi semakin berkembang yang membuat Data Scientist menjadi salah satu posisi paling penting dan paling dibutuhkan dalam sebuah perusahaan. Ini dikarenakan Data Scientist dibutuhkan untuk mengeksplorasi data dari sebuah masalah untuk merubah masalah tersebut menjadi sebuah keuntungan dengan adanya solusi yang efektif. Lewat data juga perusahaan dapat melihat kebiasaan pelanggan, kepuasan pelanggan, dan lainnya. Dengan begitu perusahaan dapat merancang produk yang memang sesuai dengan keinginan masyarakat.


Pada artikel DQLab kali ini, kita akan mengulas profesi Data Scientist yang di gadang-gadang sebagai profesi yang sedang "naik daun" pada masa depan. Agar tidak penasaran lagi, simak selengkapnya postingan ini dan pastikan kalian baca artikelnya sampai selesai ya!


1. Jenjang Karir yang Panjang

Di setiap pekerjaaan, terutama orang yang baru masuk ke dalam dunia kerja seringkali kebingungan dalam menentukan jenjang karir mereka. Akibatnya, sering kali ditemukan orang yang berubah haluan dari bekerja sebagai A menjadi D karna terdapat tahap yang kurang diminati. Tentunya ini akan merugikan kedua belah pihak, perusahaan kehilangan aset penting, karyawan kehilangan tenaga.


Untuk jenjang karir Data Scientist setiap perusahaan mempunyai jenjang karir tersendiri, namun kurang lebih akan sama. Berikut gambaran jenjang karir Data Scientist :

  •  Data Scientist

  • Senior Data Scientist

  • (A) Data Scientist Lead /  (B) Principal Data Scientist

  • (A) Senior Data Science Lead / (B) Senior Principal Data Scientist

  • Assistant VP of Data Science

  • VP of Data Science


Karir Data Scientist dibagi dua major dipertengahan karir, yang dimana (A) lebih ke manajerial dan (B)  lebih kepada teknikal. Namun saat kamu mencapai level AVP Kamu tetap harus menguasai manajerial. 


Sebenarnya apa sih itu manajerial dan teknikal?  Kemampuan manajerial adalah keterampilan untuk mengatur, mengkoordinasikan dan mengarahkan para bawahan ke arah pencapaian tujuan yang telah ditentukan organisasi. Sedangkan kemampuan teknikal adalah kemampuan terhadap suatu spesifikasi dari sebuah pekerjaan dimana terdiri atas pengetahuan yang dibutuhkan untuk menjalankan sebuah pekerjaan dalam bidang tertentu.


Baca Juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Ikut Ambil Andil dalam Menemukan Inovasi 

Seorang Data Scientist sangatlah lekat dengan namanya inovasi. Banyak teknologi-teknologi yang ada berkat adanya Data Science. Di zaman seperti ini Data telah menjadi aset kekayaan baru yang berharga bagi perusahaan ataupun organisasi. Dengan memanfaatkan data yang akurat perusahaan dapat melakukan menghemat anggaran dan mengambil keputusan yang sesuai dengan target pasar perusahaan


Dengan adanya data yang akurat Data Scientist juga dapat menyiapkan inovasi yang dibutuhkan masyarakat. Contohnya saja Chat Bot, Chat bot merupakan hasil penggabungan dari Ai dengan juga machine learning sehingga dapat merespon sesuai dengan apa yang ditanyakan konsumen dengan begitu pertanyaan yang umum dapat dijawab dengan cepat tanpa harus membuat konsumen menunggu lama.


Semakin banyaknya Data Scientist otomatis makin banyak persaingan. Persaingan sangatlah penting bagi suatu industri, persaingan yang sehat akan memberikan dampak positif kepada masyarakat karna akan semakin banyak ide-ide yang fresh dan juga meningkatkan teknologi yang ada.


3. Lapangan Pekerjaan yang Meningkat Setiap Tahunnya

Kebutuhan akan profesi data scientist selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Survei IBM mencatat setidaknya ada kenaikan kebutuhan sebanyak 364.000 data scientist menjadi 2.720.000 di seluruh dunia di pembukaan tahun 2020. Ini berbanding terbalik dengan jumlah pengiat data di Indonesia.


Banyak alasan kenapa di Indonesia masih sedikit yang mendalami data, namun disaat-saat seperti ini lahan merupakan kesempatan emas untuk meniti karir sebagai Data Scientist, dimana kamu dapat magang atau bekerja di perusahaan kecil/ atau besar untuk menambah pengalaman. Perusahaan akan sulit untuk tidak menerima Kamu sebagai Data Scientist karna profesi ini merupakan profesi yang banyak dicari oleh perusahaan namun SDMnya masih sangat terbatas.


Bahkan karna langkanya pengiat profesi ini, perusahaan rela untuk meningkatkan gaji yang cukup signifikan sebagai iming-iming bagai calon-calon Data Scientist agar bersedia gabung ke dalam perusahaan mereka. Walaupun banyak dicari oleh perusahaan, perusahaan juga melakukan seleksi yang cukup ketat untuk proses recruitment, jadi Kamu tetap harus mengasah skill-skill yang membedakan Kamu dengan Data Scientist lainya.


4. Kembangkan Skill dan Pengetahuan Seputar Data Science Bersama DQLab

Walaupun pandemi dan tidak bisa kemana-mana namun kamu dapat mengembangkan skill mu dan bangun karir kamu sekarang bersama dengan DQLab platform belajar online! Banyak fasilitas yang diberikan oleh DQLab untuk kamu loh.

  • Kuis

    DQLab sendiri menyediakan quiz-quiz yang dapat diakses untuk mengetes seberapa kamu paham dengan materi yang disampaikan. Dengan Kuis ini kamu juga dapat melihat seberapa baik kamu dalam melakukan analisis data.

  • Sign Up dan dapat Module Gratis

    Sign up untuk mendapatkan module GRATIS œIntroduction to Data Science Module ini tersedia dalam bentuk bahasa R dan juga Python. Kedua bahasa pemrograman tersebut adalah bahasa yang paling banyak digunakan.

  • Live Code Editor

    Dengan adanya LIve code editor untuk Kamu bisa belajar dan langsung menerapkanya pada dalam praktek secara real time. Terdapat timer yang dapat membuat kalian tidak idle selama 30 menit sejak sesi dimulai. Fitur ini digunakan sebagai mekanisme perlindungan sistem pada sesi belajar di DQLab dan memastikan keamanan data pengguna 

  • Sertifikat. 

    Dengan mengambil sertifikat membuat Kamu semakin mahir dalam bidang yang Kamu ambil. Setelah kamu berhasil menyelesaikan modul-modul yang ada di DQLab  Kamu akan mendapat œCertificate of Completion. Dengan ini kamu selangkah lebih maju menjadi seorang praktisi data.






Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :